Lagu Dangdut yang Bikin Semangat Kerja  

0
100
netsolmind_lagu dangdut

 

Lagu koplo sedang  naik tangga, lagu-lagunya menjadi primadona masyarakat. Musik dengan ciri khas  iringan Gendang Koplo yang menghentak seakan menjadi simbol untuk goyang bersama. Salah satu ciri khas yang lain adalah lirik-lirik lagunya yang bercampur dengan bahasa khas Jawa Timur. Di tambah lagi dengan istilah-istilah yang membuat pendengarnya ikut mengucapkan bersama-sama, macam  Aselole.

Kelompok dangdut asal Jawa Timur, macam OM Sera, Monata, dan Palapa serta penyanyi-penyanyi beken macam Nella Kharisma dan Via Valen menjadi pihak yang mengangkat musik koplo ke  udara dan dikonsumsi oleh masyarakat lintas generasi. Dari yang tua hingga anak-anak.

Peneliti luar negeri berdatangan ke Indonesia untuk melakukan penelitian tentang dunia dangdut, termasuk Andrew N. Weintraub. Andrew N datang ke Indonesia melakukan penelitian dan menghasilkan satu buku berjudul dangdut  stories. Buku tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerbit Kompas dengan judul, “Dangdut, musik, identitas, dan Budaya Indonesia.”

Andrew N. Weintraub memetakan pola gendang dalam musik koplo. Dalam analissinya, gendang dangdut koplo mengandung  tabuhan “dang” dua kali lebih banyak ketimbang “dut”. Ketukan gendang dalam lagu koplo ritmenya lebih cepat dibanding dangdut biasanya. Irama gendang yang cepat membangun suasana panggung dan penonton terbius untuk bergoyang bersama mengikuti irama gendang koplo.

Satu hal lagi yang menjadi ciri khas musik koplo yaitu liriknya yang tegas, dekat dengan fenomena kalangan masyarakat bawah serta  menggunakan analogi sederhana yang mengena.

Bagi teman-teman yang sedang bekerja dan membutuhkan suntikan musik koplo dengan lirik tegas dan menggambarkan masalah kalangan masyarakat bawah, berikut adalah refrensinya.

Aku Cah Kerjo

Judul yang tegas, tidak usah ndakik-ndakik tapi sudah menggambarkan relasi kaum pekerja dan kekasihnya yang harus berhubungan jarak jauh. Lagu ini cocok untuk menggambarkan isi hati teman-teman yang sedang bekerja dan jauh dari orang-orang tersayangnya.

Baca Juga :  Cara Menilai Ketrampilan dan Kompetensi Karyawan

Lirik lagunya langsung mengena, tanpa basi-basi, “aku lungo among golek rejeki, pangaapurane awakku ra tau nyanding sliramu, sabaro aku yo mung cah kerjo”

Cari Kerja

Lagu cari kerja adalah lagu dangdut legendaris yang dinyanyikan oleh Rhoma Irama dan Elvy Sukaisih. Lagu ini bercerita tentang sesorang yang berpendidikan SMA dan mencari kerja pada seorang perempuan. Namun , lowongan ya g tersedia hanya tukang lap meja.

Lagu ini bisa menjadi penyemangat bagi yang sudah bekerja, sebab di luar sana masih banyak orang yang kesulitan mencari kerja.

Stel Kendo

Stel kendo sebuah judul yang lugas. Liriknya membangun kesadaran kepada para pendengarnya untuk selalu rajin, melakukan perlawanan pada rasa malas. Dengarkan lirik pembukanya yang menendang orang-orang malas, “Pengen akeh duite, magrong-magrong omahe, pengen penak uripe, mbut gawe.”

Lagu ini sangat pas buat teman-teman yang sedang kerja sebagai penyulut semangat.  Yuk di dengar lagu-lagunya.