Cara Sehat Ketika Sering Kerja Shift Malam

0
86
netolmind_kerja shift

Kawan-kawan yang akrab dengan sistem kerja shift pasti sangat akrab dengan istilah “Shift Malam.” Shift yang sebenarnya ingin dijauhi kawan-kawan. Namun, karena sudah kewajiban tempat kerja akhirnya ya mau gimana lagi.

Shift malam memang sangat mengganggu waktu tidur. Beda dengan kerja normal dari pagi sampai sore, yang tidak mengganggu waktu untuk istirahat. Shift malam membuat waktu tidur malam yang seharusnya bisa maksimal dari jam Sembilan malam hingga shubuh terganggu, waktu tidur pun terpotong.

Oh ya kawan-kawan, ada loh efek negatif bagi fisik ketika sering kerja shift malam. Istilah efek negatif tersebut adalah Shift work sleep disorder. Ciri-ciri efek negatif ini adalah mengalami insomnia serta rasa mengantuk yang sangat berlebihan ketika bekerja. Munculnya efek negatif ini memicu risiko bagi keselamatan.

Mulai dari risiko mengalami kecelakaan, akibat konsentrasi berkurang, rasa ngantuk yang sangat berlebihan ketika bekerja, badan tidak segar ketika bangun tidur, tubuh tambah lemas, dan tingkat kosentrasi berkurang.

Kawan-kawan semua pasti menginginkan hidup sehat meski sedang kerja shift. Supaya kesehatan tetap terjaga, berikut beberapa perilaku posistif yang bisa dilakukan:

Konsumsi Sayur dan buah

Buah dan sayur adalah antioksidan yang sangat bagus untuk melindungi tubuh supaya terus segar. Buah dan sayuran mengandung banyak mineral, vitamin, dan serat  yang bisa menjadi sumber energi. Serat dalam tubuh juga memiliki fungsi sebagai zat untuk membersihkan saluran pencernaan.

Bagi kawan-kawan yang kerja Shift malam, usahakan konsumsi buah-buahan dan sayur-mayur yang masih segar, supaya tubuh tetap segar bugar dan kerja terus semangat.

Hindari Bermain Hp Sebelum Tidur

Layar HP membuat kawan-kawan tidak bisa tidur. Akibat efek blue light yang ada di layar. Jangan sampai waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk istirahat setelah bekerja shift malam, malah dibuat untuk main Hp.

Baca Juga :  Lagu Dewa 19 Media Menikmati Nostalgia

Ketika sudah asyik main Hp, maka lupa waktu untuk tidur. Bisa-bisa tidurnya jam 2 atau tiga pagi. Bangunnya pasti siang. Ketika bangun, tubuh pasti lemes, tidak bugar dan kerja juga pasti tidak semangat.

Praktikkan Metode Sleep Hygiene

Sleep Hygiene adalah membangun tidur yang berkualitas. Cara yang ditempuh agar tidur berkualitas adalah dengan menciptakan kamar tidur yang nyaman, kemudian rutin berolahraga serta tidak banyak makanan berlemak, gorengan, serta hidangan pedas sebelum tidur.

Pola Sleep Hygiene yang terpenting adalah tidur dan bangun pad jam yang sama secara konsisten. Misal mulai tidur jam 11 malam dan bangun jam 5 pagi, maka lakukan hal itu secara konsisten. Bila pola tidur jam 11 malam hingga 5 pagi dijalankan secara terus-menerus maka tubuh akan ikut membiasakan diri.

Ketika jam tidur sudah konsisten, maka ketika bangun badan akan lebih segar sehingga aktifitas kerja akan lancar serta hidup akan lebih bahagia.