Pilihan Tepat Peluang Bisnis Pulsa Yang Mudah Cara Menjalankannya

0
206
Bisnis Pulsa

Pulsa saat ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini membuat bisnis jualan pulsa cukup memberikan prospek besar sehingga banyak dilakoni para pengusaha. Berikut alasan memilih bisnis pulsa dan bagaimana cara menjalankannya agar sukses berkembang:

 Alasan Memilih Bisnis Pulsa

Terdapat beberapa alasan mengapa bisnis pulsa bisa dijadikan pilihan usaha masa kini. Selain menguntungkan, bisnis ini pun cukup memiliki prospek besar sehingga layak untuk dicoba. Berikut alasan mengapa bisnis berjualan pulsa bisa dijadikan pilihan para pengusaha:

1. Memiliki Pasar Yang Jelas

Dari waktu ke waktu kebutuhan akan pulsa oleh masyarakat semakin bertambah besar bahkan hampir tak terbatas. Oleh karena semua orang di masa kini sudah dipastikan memiliki handphone. Beda dengan zaman dahulu, handphone masih dianggap barang mewah yang hanya dimiliki oleh sebagian kalangan saja.

Selama masih ada pengguna hp yang aktif, modem, listrik yang menggunakan sistem pembayaran menggunakan pulsa bisnis ini tidak akan mati.

2. Membutuhkan Modal Yang Kecil

Untuk memulai bisnis berjualan pulsa tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan hanya dengan 100 ribu saja sudah bisa dipakai untuk mulai berjualan. Memang keuntungan yang diperoleh mungkin cenderung sedikit. Namun jika pengusaha tau “celah-celah” nya dan mampu memanajemen keuangan dengan baik, keuntungan ini bisa dikumpulkan menjadi tambahan modal berikutnya.

3. Praktis Dan Mudah

Jenis usaha ini sangat praktis. Artinya bisa dijalankan oleh siapa saja dan kapan saja. Banyak sekali ditemukan penjual pulsa, baik di sekitar rumah, sekolah, kampus, jalan raya bahkan seluruh tempat. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan.

Siapa pun, dimana pun dan kapan pun dapat mencoba bisnis ini karena sangat praktis. Selama bisa mengoperasikan hp dan menulis sms sudah pasti dapat menggeluti bisnis ini.

4. Cukup Menguntungkan

Masalah keuntungan tidak diragukan lagi. Hanya saja untuk jenis bisnis ini keuntungan sangat bergantung dengan cara memasarkan kepada pembeli. Sebisa mungkin bangun jaringan pertemanan seluas-luasnya agar semakin mudah memasarkan pulsa. Jenis bisnis ini besar kecilnya keuntungan bergantung pada banyaknya pelanggan dan mengandalkan jaringan pengusahanya.

Baca Juga :  Temukan Tren Bisnis Online Tanpa Modal 2019 Di Sini

5. Ramah Lingkungan

Berjualan pulsa juga memiliki kelebihan yang menjadi keunikan tersendiri. Jenis usaha ini sama sekali tidak meninggalkan sampah alias ramah lingkungan. Penjualannya otomatis dan tidak memerlukan packaging tertentu. Diketahui bahwa sisa bekas packaging dapat menjadi salah satu sumber pencemar lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik.

6. Pelanggan Telepon Seluler Terus Bertambah

Semakin lama, jumlah pengguna telepon seluler makin bertambah. Apalagi saat ini beberapa orang cenderung tidak hanya memiliki satu nomer saja. Ada banyak pertimbangan mereka memiliki lebih dari 1 nomer. Misalnya masalah sinyal jaringan, biaya komunikasi, atau lebih hemat. Hal ini tentu akan berkontribusi dalam penambahan pelanggan telepon seluler.

7. Tidak Perlu Sewa Tempat

Berjualan pulsa zaman sekarang, tidak harus memiliki counter khusus dan harus pusing memikirkan biaya sewa tempat. Diantaranya bisa dipasarkan melalui online. Misalnya memanfaatkan jaringan pertemanan dan media sosial.

Sistem ini menggunakan kepercayaan konsumen sebagai dasar berbisnis. Sebisa mungkin jaga kepercayaan pembeli sehingga mampu menjual pulsa ke lebih banyak orang lain.

8. Minim Resiko

Yang paling ditakutkan ketika memulai sebuah bisnis bagi pengusaha tentu saja resiko. Padahal resiko pasti ada di setiap bisnis walaupun memiliki tingkatan yang berbeda-beda mulai dari besar hingga kecil. Nah, jualan pulsa ini termasuk yang berpotensi minim resiko.

Produk pulsa tidak akan bisa hancur, rusak, patah dan lain sebagainya yang bisa membuat kerugian. Bahkan jika belum laku pun, pulsa bisa dipakai sendiri oleh penjual.

Cara Menjalankan Bisnis Pulsa Agar Sukses

Walaupun begitu mudah dijalankan siapapun, kapanpun dan dimanapun bukan berarti pengusaha dapat dengan asal melakukannya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara untuk menjalankan bisnis pulsa agar dapat sukses. Berikut uraian singkatnya:

Baca Juga :  Selalu Rugi Ketika Bisnis? Sudah Tahu Peluang Usaha yang Menguntungkan Ini?

1. Memilih Distributor Berkualitas Dan Terbaik

Untuk memulai usaha bisnis pulsa, sebaiknya pilih distributor yang berkualitas prima. Distributor yang berkualitas akan mengurangi resiko seperti keterlambatan dalam pengiriman pulsa dan lain-lain. Pembeli akan cukup kecewa saat pulsa yang telah dibelinya tidak kunjung masuk. Hal ini akan mempengaruhi minat konsumen untuk membeli lagi di lain waktu.

2. Menentukan Harga Jual Yang Tepat

Persaingan bisnis sekarang ini, terutama bidang penjualan pulsa semakin ketat. Untuk itu pengusaha pulsa, harus pintar-pintar dalam menentukan harga yang tepat. Hal tersebut dikarenakan harga merupakan salah satu faktor pertimbangan konsumen memilih membeli pulsa di mana. Usahakan menetapkan harga tidak terlalu mahal untuk menarik lebih banyak pembeli.

3. Tidak Mengambil Keuntungan Yang Terlalu Besar Untuk Permulaan

Memulai berbisnis pulsa, sebaiknya tidak terlalu mengejar keuntungan besar. Meskipun setiap pengusaha selalu bertujuan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Lebih baik ambil sedikit keuntungan namun konsisten ketimbang keuntungan besar namun tidak pasti dan tersendat-sendat. Apalagi mengharap keuntungan besar dengan menaikkan harga jual yang malah akan mengurangi minat pembeli.

4. Sistem Pelayanan Extra

Bisa dicoba juga dengan memberikan pelayanan ekstra kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan bonus, diskon dengan beberapa ketentuan khusus atau kelonggaran pembayaran seperti memperbolehkan angsuran. Untuk point sistem angsuran  ini memang tidak banyak pengusaha yang melakukannya karena dianggap berisiko.

Namun jika orang yang diberi hutang telah terpercaya atau dengan diberi sedikit persyaratan, mungkin sistem angsuran dapat dipertimbangkan.

5. Menyediakan Beragam Layanan Pulsa

Usahakan menyediakan layanan pembelian pulsa dari beragam operator. Selain pulsa regular, sebaiknya siapkan juga paket internet supaya lebih lengkap. Hal ini akan memudahkan konsumen saat membeli dan lebih senang karena jenis pulsa yang disediakan beragam

Baca Juga :  7 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Yang Tidak Butuh Banyak Waktu

6. Mempertimbangkan Penjualan Online

Selain berjualan offline bisa dicoba dengan berbisnis pulsa melalui web online. Selain lebih efektif, dengan berjualan pulsa online akan memberikan manfaat seperti kemudahan dalam hal promosi.

Memasarkan melalui media sosial dikenal lebih ampuh ketimbang harus menunggu pembeli secara offline. Cantumkan nomer telepon yang bisa dihubungi pada web online yang telah dibuat.

7. Memberikan Potongan Harga Untuk Pelanggan Setia

Setelah lama memulai berbisnis pulsa, pasti mempunyai pelanggan setia. Pelanggan ini juga potensial untuk membantu hal pemasaran. Misalnya berikan mereka potongan harga dengan syarat memberikan review kemudian mempostingnya ke media sosial. Dengan begitu akan semakin banyak orang mengetahui produk pulsa yang sedang dirintis.

8. Tidak Sembarang Memberikan Hutangan Pada Pembeli

Memberikan kelonggaran pembayaran seperti sistem angsuran dan hutang memang bisa dipertimbangkan. Namun yang harus diingat adalah tidak sembarangan memberikan hutang pada pembeli.

Pengusaha pulsa harus tegas memberikan batasan siapa saja yang bisa berhutang. Selain itu berikan tenggat waktu pembayaran bisa menjadi solusi agar pembeli tidak terlambat membayar.

9. Mengelola Keuangan Dengan Baik

Sebaiknya buat juga pembukuan khusus untuk pencatatan keuntungan bisnis. Pembukuan tersebut akan dapat memberikan laporan secara jelas tentang berapa profit yang didapat. Selain itu dapat menghindarkan dari resiko tercampurnya uang pribadi dengan uang bisnis.

10. Menggunakan Lebih Dari Satu Server Pulsa

Menggunakan lebih dari satu server juga sangat disarankan. Hal ini akan berguna ketika salah satu server mengalami gangguan yang dapat menghambat pelayanan kepada pembeli. Pengusaha dapat memilih server lain agar konsumen tidak menunggu terlalu lama untuk dilayani.

Itulah uraian tentang alasan berbisnis pulsa serta bagaimana cara menjalankannya agar sukses. Memulai sebuah bisnis terbukti tidak semua membutuhkan begitu banyak dana. Misalnya bisnis menjual pulsa yang minim membutuhkan modal awal namun sudah bisa memberikan cukup keuntungan.