Tips Bisnis Untuk Pemula di Internet

0
188
Portrait of a kid businessman on the modern background

Internet saat ini menjadi salah satu tempat dimana banyak peluang bisnis yang sangat luas. Berbagai kelebihan ditawarkan melalui bisnis tersebut di internet. Beberapa kelebihannya adalah seperti promosi yang mencakup pembaca atau calon konsumen yang lebih luas hingga modal yang sangat minim. Namun, ada juga beberapa hal yang harus anda hindari saat anda akan memulai bisnis untuk pemula di internet. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa menjadi referensi untuk bisnis anda selanjutnya.

1. Baca Baik Baik Informasi Yang Ada

Salah satu tips bisnis untuk pemula di internet adalah dengan membaca baik-baik informasi yang diberikan. Seperti ketika anda ingin menjadi seorang dropshipper dari suatu produk atau menjadi reseller suatu produk. Apa saja persyaratan yang dibutuhkan oleh sang pemilik dan pahami juga apa yang tidak boleh anda lakukan.

Dengan membaca baik informasi yang ada, anda dapat mempertimbangkan apakah suatu usaha tersebut bisa anda jadikan partner untuk kerjasama atau juga apakah dapat anda kembangkan nantinya. Disini anda juga bisa mengetahui seberapa kredibel pihak yang mungkin nantinya akan anda ajak untuk kerjasama.

2. Manfaatkan Promosi Berbayar

Tips bisnis untuk pemula di internet lainnya adalah anda bisa memaksimalkan promosi anda dengan promosi berbayar. Memang dengan internet anda akan menghemat berbagai hal mulai dari biaya cetak dan juga biaya sewa. Namun sebenarnya ada juga promosi berbayar yang bisa anda manfaatkan untuk lebih mencapai pasar.

Bukan berarti sebagai bisnis untuk pemula anda tidak membutuhkan promosi berbayar ini. Ada dua hal yang bisa anda pilih, yang pertama adalah melalui pemilik platform itu sendiri seperti Instagram melalui iklan Instagram atau dengan melalui pihak kedua yakni dengan menyewa jasa seperti selebgram untuk melakukan post promote atau jasa promosi berbayar lainnya.

Baca Juga :  Pilihan Tepat Peluang Bisnis Pulsa Yang Mudah Cara Menjalankannya

Mengapa hal ini penting? Tentu saja promosi berbayar itu penting untuk semakin memperluas cakupan daerah promosi. Seperti contohnya akun instagram dengan jumlah follower yang banyak pastinya akan lebih sering dilihat postingannya ketimbang yang dengan jumlah followernya lebih sedikit. Dari situlah mereka mendapatkan untung dan anda juga terbantu.

Sebagai tips, anda tidak perlu terlalu sering melakukan promosi berbayar atau paid promote, namun setidaknya lakukan di setiap bulan sekali.

3. Pahami Produk Anda

Hal lainnya adalah anda juga perlu memahami produk anda sebelum anda menjualnya kepada orang lain adalah anda harus memahami produk anda. Tips ini penting karena kebanyakan dari bisnis untuk pemula tidak menyadari atau tidak memiliki produk yang mereka jual sehingga dalam pemasaran atau promosinya memiliki keterbatasan.

Hal ini akan fatal akibatnya jika calon pembeli memiliki banyak pertanyaan yang sulit anda jawab. Namun jika anda memiliki produknya, apalagi anda juga memiliki pengalaman untuk menggunakan produknya maka kemungkinan besar anda juga bisa memberikan jawaban yang dibutuhkan.

Salah satu tips bisnis untuk pemula yang bisa anda lakukan untuk menghindari pertanyaan yang berulang adalah dengan membuat daftar pertanyaan yang sering ditanyakan atau setidaknya penting untuk dijelaskan.

4. Hindari Spam

Tidak semua postingan promotif harus memberikan gambaran mengenai produknya. Anda juga bisa memposting variasi lain speerti postingan meme atau motivasi. Salah satu tips bisnis untuk pemula ini bermanfaat untuk calon pembeli karena yang pastinya anda tidak akan memenuhi timeline mereka dengan spam penawaran produk anda.

Akan lebih baik lagi apabila meme atau motivasi yang dipost pada akhirnya juga akan dipost kembali atau dikirimkan pengguna lainnya ke sosial medianya. Ini akan menjadi salah satu promosi positif untuk online store anda atau penjualan produk anda di internet. Apabila anda terus mengalami spam, maka anda bisa saja dihindari oleh pembeli.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Dan Cara Bisnis Online Yang Baik Dan Benar

5. Hargai Keputusan Pembeli

Netizen di Indonesia memang sudah dikenal memiliki sifat yang mungkin bikin sesama orang Indonesia geleng-geleng. Namun tetap, pembeli adalah raja. Jadi disini sebagai tips untuk anda yang baru atau membuka bisnis untuk pemula di intenet, anda harus ekstra sabar menghadapi mereka.

Namun, bukan berarti semua netizen jahat, hanya saja anda juga harus mempersiapkan apabila nantinya akan menghadapi pembeli atau calon pembeli dengan berbagai pertanyaan yang mungkin akan membuat geleng-geleng kepala juga.

6. Pahami Keamanan Dalam Bertransaksi

Tak hanya lima poin diatas, sebagai salah satu pemeran bisnis untuk pemula anda juga wajib untuk memahami keamanan dalam bertransaksi. Internet memang memberikan kemudahan untuk para pebisnis untuk bertransaksi namun di sisi lain, internet juga banyak menyimpan sisi gelap seperti penipuan dan lainnya.

Oleh karena itulah, poin pertama perlu anda perhatikan yakni membaca informasi yang mungkin akan bermanfaat untuk anda. Tidak hanya pembeli saja yang sering mengalami kasus penipuan, namun juga penjual yang seringkali juga mendapatkan order fiktif atau bahkan trik penipuan untuk menipu penjual.

7. Memilih Media Penjualan Terbaik

Selanjutnya untuk media promosi, ada baiknya juga sebagai pemilik bisnis untuk pemula anda memilih media penjualan terbaik. Apabila anda sulit untuk menentukan mana yang terbaik anda bisa mencari informasi tersebut dari penjual-penjual produk di internet maupun rekan anda di dunia nyata.

Manfaatkan pengetahuain tersebut untuk membangun bisnis anda sehingga anda memiliki media penjualan yang memang memiliki pangsa pasar besar, tidak memiliki resiko yang terlalu besar dan juga dapat berkembang ke depannya.

Itulah ke tujuh tips bisnis untuk pemula yang sebaiknya anda juga pahami sebelum membuka bisnis baru sebagai peluang usaha anda. Kemudian, apa saja ide bisnis untuk pemula di Internet yang bisa anda terapkan sebagai peluang usaha? Berikut ulasannya.

Baca Juga :  5 Langkah Membuka Bisnis Online Untuk Pemula

Ide Bisnis Untuk Pemula

1. Menjadi Dropshipper

Bisnis untuk pemula yang banyak diminati dan juga banyak diincar oleh calon pebisnis baik pemula maupun mereka yang sudah berpengalaman adalah dengan menjadi Dropshipper. Menjadi dropshipper memiliki beberapa kelebihan seperti modal yang minim, peluang yang masih cukup luas serta tidak banyak resiko.

2. Menjadi Reseller Produk

Selain menjadi dropshipper, bisnis untuk pemula yang juga banyak diincar adalah dengan menjadi reseller produk. Berbeda dengan dropshipper, menjadi reseller anda memang membutuhkan modal lebih. Namun, harga jual yang ditawarkan lebih fleksibel untuk anda karena barang sudah menjadi milik anda.

3. Jasa Desain dan Jasa Pembuatan Website

Bisnis untuk pemula lainnya yang juga minim modal adalah dengan membukan jasa desain atau jasa pembuatan website. Bisnis ini meskipun memiliki modal yang minim namun dianggap membutuhkan modal berupa skill yang matang. Oleh karena itulah seringkali jasa ini ditawarkan dalam suatu proyek.

Itulah beberapa contoh untuk bisnis untuk pemula di internet yang bisa anda pilih. Semoga anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan juga mungkin sesuai dengan bakat dan minat anda.