7 Alasan Membuka Bisnis Agen Kuota

0
72

Siapa yang saat ini tidak menggunakan jaringan internet sebagai salah satu jaringan komunikasi? Ya, hampir setiap orang saat ini memiliki gadget sebagai alat komunikasi saat ini. Berbeda dengan ponsel jaman dulu yang lebih mengutamakan pulsa, saat ini smartphone lebih mengutamakan internet sebagai kebutuhan untuk saling terhubung satu sama lain, mendapatkan informasi hingga berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan. Oleh karena itulah tidak sedikit anda akan temui bisnis agen kuota.

Bisnis agen kuota ini sebenarnya juga merupakan salah satu bisnis yang terbilang menjanjikan saat ini. Selain alasan diatas, masih ada alasan mengapa bisnis ini dapat anda kembangkan dan juga terjamin keuntungannya ketimbang bisnis lainnya. Apa sajakah alasan mengapa bisnis ini direkomendasikan? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Kuota Menjadi Kebutuhan Primer Komunikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas, kuota di era sekarang ini sudah berubah menjadi kebutuhan primer untuk komunikasi. Tak hanya untuk chatting saja, kuota melalui smartphone juga diandalkan untuk melakukan berbagai hal kekinian seperti telpon via internet hingga video call.

Dengan demikian, pangsa pasar untuk bisnis agen kuota sangatlah besar. Karena seperti halnya kebutuhan primer lainnya, kuota internet juga dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian ini akan menjadi pangsa pasar yang besar untuk bisnis anda kelak.

2. Kuota Menjadi Kebutuhan Hiburan

Selain menjadi kebutuhan primer, kuota juga menjadi kebutuhan untuk hiburan, tak hanya sekedar untuk kebutuhan komunikasi saja. Seperti contoh adalah game online. Kebutuhan untuk kuota internet untuk game online ini terbilang lebih besar ketimbang kebutuhan untuk komunikasi dimana baik di sisi jumlah atau besarnya kuota hingga penggunanya yakni pengguna internet jaman sekarang.

Baca Juga :  Ingin Terjun Bisnis Makanan Ringan? Ketahui Dulu Tips Menjalankannya

Selain game, ada juga mereka yang mengandalkan kebutuhan hiburan melalui internet di YouTube atau bahkan media sosial. Kebutuhan akan kuota akan menjadi lebih besar disini karena unduhan streaming yang mana juga membutuhkan jumlah data yang tidak sedikit. Dengan demikian, sekali lagi pangsa pasar untuk bisnis agen kuota masih sangat menjanjikan untuk dua pasar yakni gamer dan juga penikmat hiburan internet.

3. Promosi

Selanjutnya mengapa bisnis agen kuota menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan adalah karena agen kuota inilah yang seringkali mendapatkan informasi mengenai suatu promosi dari operator penyedia layanan internet. Dengan demikian, pengguna smartphone atau pengguna internet jauh lebih mudah mendapatkan promo tersebut melalui pembelian offline ketimbang harus mencari promo dari aplikasi penyedia internet.

Promosi ini juga seringkali masih terbatas sehingga tentu saja anda bisa mengambil keuntungan lebih disini. Jangan khawatir, keuntungan dari promosi ini pasti akan banyak dicari oleh pasar karena operator juga pastinya melakukan promosi dalam jangka waktu tertentu dengan event-event menarik untuk dua pangsa pasar terbesar di Indonesia yakni gaming, penikmat video YouTube dan juga media sosial.

4. Masih Banyak Pengguna Pasca bayar

Alasan selanjutnya mengapa bisnis agen kuota menjadi salah satu peluang usaha yang meskipun populer namun tetap dapat memberikan peluang bagi anda adalah karena di Indoensia sendiri masih banyak ditemukan pengguna layanan telepon pasca bayar. Itu artinya penjualan pulsa, kuota regular perlu anda lakukan di awal sebelum menggunakan layanan tersebut.

Berbeda dengan pengguna prabayar, anda bisa menggunakan berbagai macam layanan dan membayarnya di akhir bulan atau bahkan di awal bulan. Dengan demikian, pengguna internet jelas akan membutuhkan jasa anda untuk mendapatkan jasa internet dari operator. Layanan jasa ini tidak selalu dapat diperoleh langsung dari operator, melainkan melalui pihak ketiga terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Membuka Dan Ide Bisnis Kecil Kecilan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

5. Kebutuhan Internet Orang Indonesia Yang Tinggi

Percaya atau tidak, pengguna internet di Indonesia meskipun banyak yang bilang kecepatannya masih menjadi salah satu yang terendah, adalah pengguna internet dengan kebutuhan jumlah kuota yang besar. Rata rata di setiap bulannya untuk anak di usia muda atau sekolah bisa mencapai 5 hingga 10 giga perbulan.

Dengan demikian, sekali lagi itu adalah pangsa pasar yang bisa anda ambil dengan menawarkan kuota murah kepada mereka yang masih sekolah atau yang masih kuliah. Dijamin takkan ada yang menolak apabila anda menawarkan harga yang bersaing dan juga anda dapat menawarkan berbagai jenis kuota untuk segala operator.

6. Banyak Operator

Yang satu ini juga bisa menjadi keuntungan untuk bisnis agen kuta anda yakni karena di Indonesia banyak sekali pilihan operator dengan berbagai pilihan tarif data dan kuota. Dengan demikian, persaingan anda dengan sesama agen pun bisa dihindari. Di lain sisi pengguna internet juga mungkin akan diuntungkan karena memiliki banyak variasi yang dapat dipilih.

Jadi pastikan anda juga memiliki stok jualan untuk berbagai macam operator. Dan juga akan lebih baik lagi jika anda dapat memahami pangsa pasar untuk setiap operator sehingga anda dapat mengatur promosi yang tepat, harga yang tepat dan yang pasti bisnis anda dapat berkembang di depannya.

7. Minim Kerugian

Selanjutnya untuk alasan lainnya mengapa bisnis agen kuota ini juga menjanjikan adalah karena bisnis ini sangat minim kerugian. Berbeda dengan bisnis lainnya seperti bisnis makanan dan juga bisnis berjualan produk lainnya. Alasannya adalah karena tentu saja kuota memiliki masa kadaluarsa yang lebih panjang ketimbang makanan dan juga apabila anda tidak bisa menjualnya semua, anda bisa menggunakannya untuk konsumsi anda sendiri.

Baca Juga :  7 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Banyak Modal

Selain itu, alasan lainnya mengapa bisnis agen kuota ini minim rugi adalah anda bisa menitipkannya pada konter atau penjual pulsa lainnya sehingga anda bisa membuka peluang untuk menjual lebih banyak produk. Tentunya hal ini perlu perhitungan yang matang agar apa yang anda jual dapat dicapai oleh pelanggan.

Itulah ke tujuh alasan mengapa bisnis agen kuota bisa menjadi pilihan anda untuk bisnis anda selanjutnya. Namun, ada yang perlu anda perhatikan juga apabila anda ingin memilih usaha ini sebagai peluang bisnis anda yakni sebagai berikut:

  1. Pastikan kuota yang anda jual merupakan kuota legal yang didapat langsung dari pihak operator. Tidak sedikit yang menjual kuota dengan iming-iming harga yang lebih murah. Padahal bisa saja produk tersebut ilegal dan juga dapat hangus sehingga anda kehilangan produk anda.
  2. Pastikan harga termurah untuk suppliernya. Alasannya tentu saja agar anda bisa menjual dengan harga dengan margin yang lebih tinggi. Ini penting untuk anda perhatikan saat pertama kali membeli stok untuk barang jualan anda.
  3. Jual produk kuota berbagai operator. Ini akan membantu mempertahankan bisnis agen kuota anda.
  4. Pelajari pangsa pasar operator di lokasi penjualan anda dan jual lebih banyak agar dapat memberikan keuntungan lebih. Umumnya operator dengan tarif internet yang termurah dan juga jumlah kuota besar.