Manfaat Mengambil Kerja Sampingan Bagi Mahasiswa  

0
139
netsolmind_kerja sampingan untuk mahasiswa

Kerja sampingan bagi mahasiswa merupakan cara belajar yang tidak ditemukan di kelas. Kawan-kawan mahasiswa kadang memiliki waktu lebih banyak di luar kampus. Ada yang memilih jalan untuk aktif diorganisasi mahasiswa ada juga yang santai-santai di kamar kos sambil nongkrong dan ada juga yang mengambil kerja sampingan (Part Time).

Mengambil pilihan aktif di organisasi dan bekerja sampingan adalah jalan terbaik, dengan syarat tidak menganggu jam belajar sebagai mahaasiswa. Bagi yang aktif di organisasi, kawan-kawan bisa belajar diskusi, menyampaikan pendapat, bekerja sama dan memahami karakter setiap orang yang ada di organisasi sebagai bekal untuk masuk ke kehidupan setelah lulus kuliah.

Nah, bagi kawan-kawan mahasiswa yang mengambil keputusan untuk kerja sampingan, toh manfatnya juga sangat banyak. Mulai dari menjadi mahasiswa yang mandiri, belajar mengelola waktu, menambah uang saku untuk meringankan beban orang tua, dan tentunya menjadi ruang belajar realita kerja sebenarnya.

Nah, yang masih penasaran dengan manfaat kerja sampingan bagi mahasiswa, yuk simak beberapa manfaatnya berikut:

Membantu Orang Tua

Cara efektif untuk merasakan betapa beratnya orang tua mencari uang adalah dengan jalan bekerja. Lewat kerja langusng, kawan-kawan mahasiswa bisa belajar untuk tanggung jawab atas pekerjaannya dan alokasi upah hasil kerja.

Lewat kerja sampingan, upah hasil kerja dapat dialokasikan untuk membayar biaya semester atau biaya SKS. Al-hasil dengan bekerja sampingan, kawan-kawan mahasiswa dapat meringankan beban oang tua.

Menambah Uang Saku & Tabungan

Jika jalan yang diambil kawan-kawan mahasiswa adalah kerja sampingan, otomatis akan mendapatkan upah. Upah yang didapat bisa digunakan untuk berbagai hal. Bisa untuk jajan yang hanya bisa dinikmati sebentar. Bisa juga digunakan untuk menabung, sehingga hasilnya bisa dirasakan untuk masa depan. Kawan-kawan mahasiswa bisa memilihnya.

Baca Juga :  Hobi Fotografi, Ini Dia Peluang Bisnis Online Gratis Sesuai Passion Kamu

Menambah Pengalaman kerja di Curriculum Vitae

Kawan-kawan mahasiswa setelah lulus pasti mencari pekerjaan. Nah, untuk mendaftar pekerjaan dibutuhkan CV untuk menunjukkan biodata serta pengalaman kerja. Biasanya perusahaan membutuhkan karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Bagi kawan-kawan mahasiswa yang sudah mengambil pekerjaan sampingan, bisa memasukkan pengalaman kerja sampingan tersebut di CV. Sehingga, saat HRD menerima lamaran kerja, perusahaan akan menimbang untuk menerima kawan-kawan menjadi karyawan.

Kerja sampingan bagi mahasiswa memiliki banyak manfaat untuk masa depan. Namun, jangan sampai karena kerja sampingan, waktu untuk belajar tersedot habis. Bisa-bisa malah lupa dengan kewajiban kampus, lalu drop out. Intinya tetap jagaa keseimbangan antaara kerja sampingan dan kewajiban belajar.