Langkah Memulai Bisnis Travel

0
135

Bisnis travel adalah salah satu jenis bisnis yang dianggap menjanjikan saat ini. Alasannya adalah karena di jaman sekarang ini tidak ada orang yang tidak bepergian baik untuk jarak dekat seperti antar kota hingga jarak jauh seperti hingga antar negara. Namun tentunya anda akan menentukan peluang bisnis tersebut dengan modal yang anda miliki.

Keuntungan dari bisnis travel ini terbilang cukup menjanjikan karena bisnis ini umumnya memiliki tarif promo yang menggoda untuk ditawarkan oleh penyedia jasa transportasi kepada konsumen. Nah, bagi anda yang ingin memulai bisnis anda di dunia travel, berikut beberapa langkah yang bisa anda ikuti.

1. Memilih Jenis Usahanya

Langkah pertama apabila anda ingin memulai bisnis travel adalah anda harus menentukan jenis usaha apa yang terkait dengan bisnis tersebut. Pilih yang kira-kira memiliki pasar yang cukup tinggi untuk bisnis travel di sekitar anda apakah itu merupakan travel agen untuk tiket pesawat terbang, bus maupun kereta api. Lalu apakah anda juga bisa memulai jasa untuk layanan pengurusan visa dan paspor, pemesanan kamar hotel hingga paket penawaran destinasi wisata dan lainnya.

Setiap jenis usaha dari bisnis travel ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Seperti misalnya penawaran tiket kendaraan untuk bis, pesawat dan juga kereta api mungkin akan banyak bersaing dengan aplikasi pemesanan tiket. Namun, penawaran tiket atau paket wisata bisa menarik meskipun hanya akan laris mungkin di musim liburan saja.

2. Petakaan Lokasi Wisata Yang Jadi Target

Langkah selanjutnya untuk membuka bisnis travel adalah dengan memetakan lokasi wisata yang akan menjadi target promosi anda. Kemudian tawarkan dalam bentuk paket perjalanan dengan berbagai paket. Selain membantu konsumen untuk memilih paket perjalanan, anda juga membangun harga yang mana lebih bersaing untuk dinikmati oleh calon konsumen.

Baca Juga :  Cara Bisnis Online Tanpa Modal Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

Umumnya untuk bisnis travel, konsumen akan membandingkan bukan hanya harga dari paket wisata saja namun juga apa yang ditawarkan dari paket tersebut. Apakah paket tersebut menawarkan jumlah kunjungan yang lebih, apakah paket tersebut memiliki waktu kunjungan yang lebih baik dan lainnya.

3. Profil Perusahaan Anda

Memulai bisnis travel itu artinya anda juga harus punya nama perusahaan serta profil perusahaan yang baik untuk bisnis anda kedepannya. Buatlah nama perusahaan yang menarik, informasi yang lengkap dan juga profil yang menarik pastinya akan membuat konsumen merasa nyaman untuk mencoba lebih dekat dengan perusahaan anda.

Profil perusahaan ini bisa menjadi ujung dari promosi anda karena nantinya juga pihak konsumen akan mengingat bisnis travel apa yang mereka gunakan. Apabila anda memberikan pengalaman yang baik, dijamin nama profil perusahaan anda akan mudah untuk disampaikan ke pihak lainnya.

4. Daftarkan Merk Bisnis Travel Perusahaan Anda

Setelah memiliki nama yang menarik, mudah diingat, memiliki berbagai produk perjalanan yang menarik, langkah selanjutnya adalah dengan mendaftarkan bisnis travel anda ke Hak Kekayaan Intelektual. Dengan demikian bisnis anda akan menjadi ciri khas tersendiri untuk anda yang mana ini juga menjadi sebuah promosi bagi perusahaan bisnis anda.

Memang terkadang bagi beberapa orang hal ini sangat berlebihan, namun apabila ini berhubungan dengan promosi dimana anda sudah memiliki konsumen setia maka jangan sampai konsumen anda memilih pihak lainnya.

5. Paket Liburan Menarik

Kelanjutan dari pemetaan lokasi wisata anda adalah dengan membuat daftar paket liburan yang menarik bagi konsumen. Tawarkan dengan berbagai promosi, kelebihan dan juga kemudahan yang bisa membuat mereka tidak bisa menolak penawaran promosi dari bisnis travel anda. Promosi ini bisa dilakukan dengan persyaratan tertentu atau jangka waktu tertentu.

Baca Juga :  Kriteria Dan Jenis Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Yang Cocok Dijalani

Beberapa promosi yang bisa ditawarkan adalah seperti promosi untuk mereka yang sedang akan menjalani momen spesial seperti bulan madu atau paket reuni bersama rekan sekolah. Jelas ini akan menjadi momen kebersamaan yang sulit untuk ditolak apalagi jika harga yang ditawarkan berbeda.

6. Peralatan Pemasaran

Setelah menyiapkan bahan yang akan menjadi promosi anda, anda juga perlu untuk menyiapkan peralatan pemasaran anda. Hal ini penting untuk bisnis travel anda karena tanpa media yang baik, maka konten yang sudah anda siapkan begitu indahnya atau sebegitu apiknya akan sia-sia. Oleh karena itulah, anda juga perlu mempelajari media pemasaran terkini yang kreatif dan juga diminati serta yang tidak kalah penting adalah yang juga memberikan dampak bagi perusahaan atau peluang bisnis anda.

Sebagai contoh, sebagai fasilitas dokumentasi dari konsumen yang menggunakan jasa dari bisnis travel anda, anda bisa meminta ijin agar dokumentasi tersebut dapat digunakan untuk media promosi baik di media sosial maupun di situs bisnis travel anda. Apabila diperbolehkan maka itu akan menjadi promsi yang menarik.

7. Peluang Kerjasama Bisnis

Tidak selamanya anda harus menjalankan bisnis anda sendiri. Ada kalanya bisnis atau terutama bisnis travel anda dapat dijalankan dengan bekerja sama dengan mitra usaha lainnya. Seperti contohnya adalah kerja sama dengan café atau restauran tertentu sebagai mitra dalam pelayanan jasa kepada konsumen.

Tentunya kerjasama ini nantinya diharapkan atau anda pastikan dapat memberikan dua keuntungan, yakni yang pertama adalah kemudahan akses untuk bisnis travel anda dan yang kedua adalah semakin memperkaya penawaran yang anda berikan kepada konsumen atau kepada calon konsumen.

8. Manfaatkan Dunia Online

Langkah terakhir untuk bisnis travel anda adalah dengan memanfaatkan kekuatan di dunia online atau dunia maya sebagai salah satu jalan untuk promosi. Alasannya tentu saja karena jangkauannya yang lebih luas, biayanya yang tergolong murah atau bahkan gratis dan juga bisa berulang ulang.

Baca Juga :  9 Tips Cara Bisnis Online Yang Jitu

Oleh karena itulah, perhatikan konten promosi anda agar apa yang anda promosikan dapat dipahami oleh konsumen anda dan juga yang tidak kalah penting adalah informasi tentang bagaimana konsumen bisa mendapatkan promosi anda tersebut. Dengan demikian, promosi anda tidak akan sia-sia.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda perhatikan sebelum anda membuka bisnis travel anda. Memang di awal peluang bisnis ini akan terasa berat karena nama perusahaan anda yang mungkin belum dikenal oleh masyarakat terutama dikenal oleh konsumen. Namun dengan promosi yang tepat dan juga promosi yang menarik dijamin perusahaan anda akan segera mendapatkan konsumen dan bahkan pelanggan.

Yang tidak kalah penting lainnya adalah anda bisa membuat bisnis travel anda berbeda dari penawaran bisnis serupa lainnya yang mana tentunya hal tersebut mempermudah konsumen atau pelanggan dalam mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Semoga apa yang anda usahakan sebagai peluang usaha anda ini berhasil dan memberikan hasil yang terbaik untuk anda.

Dan yang terpenting semoga artikel ini memberikan manfaat bagi pembaca dalam mencari sebuah referensi untuk suatu model bisnis seperti bisnis travel khususnya. Semoga sukses selalu.