Hak Makan dan Minum Bagi Karyawan Lembur

0
172
netsolmind_pekerja lembur

Kawan-kawan yang lembur, harus meminta hak uang lembur dan beberapa tunjangan lembur. Kenapa harus meminta uang lembur dan tunjangan lembur? Ya karena itu sudah peraturan kementrian ketenagakerjaan yang tertuang dalam pasal 7 Kemenakertrans No. KEP-102/MEN/VI/2004 tahun 2004 tentang waktu kerja lembur dan upah kerja lembur.

Kadang kawan-kawan karyawan baru yang belum mengenal perusahaan secara mendalam pasti malu-malu untuk meminta haknya ketika disuruh untuk kerja lembur. Bahkan ketika malu-malu malah melakukan tindakan ngomong dibelakang (ngerasani) bersama kawan-kawan. Tidak mau terus terang dan konsultasi denga HRD.

Hayo ngerasani itu bisa menjadi penyakit loh dalam relasi kerja. Bagi kawan-kawan karyawan baru yang masih malu-malu yuk hilangkan budaya malu, berubah menjadi budaya terbuka. Jangan sampai terus diam menyimpan uneg-uneg isi hati kawan-kawan.

Di tempat kerja mana saja, sikap yang harus di kedepankan adalah rasa terbuka. Biar sama-sama enak. Apalagi bagi kawan-kawna yang lembur dan tidak diberi tunjangan lembur, maka harus terbuka menyampaikan isi hati dan pikirannya.

Oleh karena itu perusahaan yang sudah dewasa pasti langsung memberikan hak kawan-kawan karyawan yang kerja lembur.

Apa saja sih hak-hak bagi kawan-kawan karyawan yang lembur menurut undang-undang Kepmenakertrans No. Kep -102-/MEN/VI/2004 tahun 2004 soal waktu kerja lembur itu? Berikut jawabannya kawan-kawan.

Mendapatkan Upah Lembur

Kawan-kawan yang lembur wajib mendapatkan upah kerja lembur dari perusahaan.  Al-hasil kawan-kawan harus menuntut bila perusahaan tidak membayar uang lembur. Sebab uang lembur adalah hak kawan-kawan.

Mendapatkan Makanan dan Minuman

Teman-teman yang lembur akan mendapatkan hak makan dan minum. Menurut  Kep -102-/MEN/VI/2004 ayat 1 huruf C bagi  karyawan yang lembur akan menerima makanan dan minuman 1.400 kalori ketika proses kerja lembur selama tiga jam.