Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Minim

0
86

Membantu suami yang bekerja dengan cara membuka peluang usaha di rumah memang menjadi sebuah hal yang menarik. Apalagi jika hasilnya memang dapat membantu perekonomian keluarga secara signifikan. Bagaimana bisa demikian? Alasannya adalah karena di jaman sekarang kita sangat terbantu dengan keberadaan internet sehingga memberikan berbagai kemudahan yang tidak hanya ada pada komunikasi saja. Berikut ini ada beberapa ide bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal yang minim namun diharapkan dapat memberikan hasil tambahan untuk keluarga. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Katering Sederhana

Salah satu peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa anda pilih di rumah adalah dengan membuat katering sederharna. Mengapa katering sederhana bisa anda pilih? Alasannya karena bisnis ini tidak selalu harus dilakukan sepanjang waktu. Anda hanya perlu membuat apa yang anda butuhkan ketika ada pesanan katering yang masuk.

Pesanan katering yang bisa anda tawarkan adalah seperti snack untuk rapat, arisan, pertemuan keluarga, selamatan dan lain lain. Tidak perlu katering untuk acara besar seperti katering pernikahan dan sebagainya. Apabila anda juga punya kemampuan masak tumpeng, anda juga bisa menawarkan jasanya karena tidak sedikit orang yang membutuhkan tumpeng saat acara selamatan atau bahkan ulang tahun.

Modalnya terbilang minim dan fleksibel karena anda hanya akan memasak ketika ada pesanan saja. Selain itu, anda juga memiliki sedikit resiko yakni tidak akan mengalami kerugian karena produk yang anda jual tidak laku. Apabila anda ingin melakukan bisnis katering ini setiap hari, anda bisa menitipkan produk anda di pasar atau lokasi jualan lainnya.

2. Warung Kebutuhan Sehari-hari

Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang kedua yang bisa dilakukan adalah dengan membuka warung untuk kebutuhan sehari-hari. namun ketika anda ingin membuka bisnis ini, anda juga harus melakukan survey apakah di sekitar tempat anda sudah ada toko kelontong atau minimarket yang buka. Alasannya adalah tentu saja anda tidak ingin membuka bisnis dengan persaingan yang ketat.

Baca Juga :  Bisnis Modal Kecil Berbasis Internet

Apabila di sekitar kediaman anda tidak ditemui toko kelontong ataupun minimarket yang bisa menjadi pesaing anda, maka ide peluang bisnis yang kedua ini sangat cocok untuk segera anda buka. Tak perlu banyak modal, catat beberapa benda yang kira-kira bisa menjadi produk kebutuhan sehari-hari yang banyak dicari. Tidak perlu menyetok banyak, yang terpenting anda mendapatkan harga terbaik dari supplier anda.

3. Jualan Online

Selanjutnya takkan lengkap memang jika tidak memasukan ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini. Ya, jualan online memang menjadi idol untuk peluang bisnis saat ini. Mulai dari dengan menjadi reseller, dropshipper hingga supplier kedua bisa dilakukan dari rumah tanpa harus banyak atau sering bepergian keluar rumah.

Hal ini jelas menjadi idaman bagi ibu rumah tangga apabila bisnisnya bisa dilakukan di rumah atau setidaknya dalam komunitas kecil di sekitar kediaman. Selain itu, alasan mengapa jualan online menjadi favorit untuk bisnis untuk ibu rumah tangga adalah karena banyaknya pilihan untuk menjadi produk jualan. Umumnya yang akan menjadi produk jualan adalah yang dipahami oleh penjual itu sendiri seperti contohnya adalah pakaian, hijab, pashmina, dan lain lain.

4. Bisnis Make Up

Sebagai seorang ibu rumah tangga tentunya memiliki komunitas tersendiri di rumah seperti arisan, ibu-ibu pkk dan lainnya. Nah, ini bisa menjadi kesempatan untuk promosi produk anda yang salah satunya adalah produk make up. Tidak sedikit produk make up yang ditawarkan di internet namun memiliki keamanan penggunaan yang terjamin.

Disini hal tersebut bisa menjadi salah satu peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yakni dengan membuka bisnis make up yang mana make up tersebut sudah berijin resmi beredar. Anda juga bisa menjadi member sehingga mendapatkan kemudahan yang ditawarkan oleh brand make up tertentu.

Baca Juga :  Bisnis Menguntungkan Tanpa Modal Banyak

5. Jualan Kue Kering dan Makanan Ringan

Selanjutnya yang bisa menjadi bisnis untuk ibu rumah tangga adalah dengan berjualan kue kering dan makanan ringan. Apabila anda mengira bahwa bisnis ini hanya laris saat musim hari raya atau liburan, maka segera ubah mindset anda. anda tetap dapat memasarkan produk kue kering atau makanan ringan anda melalui internet dan mendapatkan banyak keuntungan disitu.

Alasannya adalah karena makanan ringan dan juga kue kering cenderung lebih tahan lama sehingga anda bisa membuka peluang pasar jauh dari sekitar kediaman anda yakni dengan mengandalkan jasa pengiriman barang. Hal ini membuat pesanan untuk kue kering atau makanan ringan anda tidak hanya terbatas untuk hari raya seperti Lebaran ataupun Natal saja.

6. Jualan Pulsa Internet dan Listrik

Peluang bisnis yang bisa menjadi bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal minim adalah dengan membuka konter atau tempat jualan pulsa. Namun, untuk melengkapi konter anda, akan ada baiknya jika anda juga menawarkan paket kuota internet hingga kuota listrik. Alasannya adalah karena dua produk lainnya tersebut merupakan produk yang laris untuk dijual pula.

Anda juga bisa menggabungkan bisnis jualan pulsa, internet dan juga pulsa listrik ini dengan peluang usaha lainnya di atas seperti laundry, membuka toko kelontong hingga bisnis make up anda di kalangan ibu-ibu di sekitar kediaman anda.

7. Jualan Sarapan

Pilihan untuk bisnis ibu rumah tangga selanjutnya dengan modal minim adalah dengan menjual sarapan. Jualan sarapan ini memang seringkali disepelekan karena hanya berdiam diri saja di suatu tempat. Padahal jualan sarapan ini bisa juga anda kembangkan dengan memanfaatkan jasa antar barang seperti melalui ojek online.

Baca Juga :  Tips Memilih Bisnis MLM Yang Tepat Dan Cara Kerja Bisnis MLM

Ya, anda bisa membuka pemesanan online dengan menambah pilihan untuk pemesanan secara online yang nantinya bisa anda antarkan keesokan atau dua hari setelahnya. Ini sama seperti moto bisnis bahwa terkadang anda juga harus menjemput rezeki anda ketimbang harus menunggu bisnis anda disambangi oleh konsumen yang juga belum tentu datang untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda.

Itulah ke tujuh peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan di rumah dengan modal bisnis minim yang juga fleksibel serta peluang pasar yang masih cukup besar untuk dikembangkan. Selain itu tentunya bisnis-bisnis diatas tersebut tidak akan banyak memakan waktu ibu rumah tangga sehingga tetap dapat untuk mengurus suami maupun anak-anak di rumah. Dan yang tidak kalah penting lagi adalah anda diberikan kesempatan untuk terus mengembangkan diri dengan berbagai ilmu baru yang semoga dapat bermanfaat.

Semoga artikel ini memberikan ide atau referensi mengenai rencana peluang usaha anda sebagai ibu rumah tangga kedepannya. Apabila anda memiliki ide bisnis lainnya, tidak ada salahnya untuk berbagi dengan pembaca lainnya.