Cara Mengatur Waktu Bagi Ibu yang Bekerja

0
69
netsolmind_mom

Perempuan kadang diperlakukan tidak adil dalam hal menanggung beban rumah tangga.  Apalagi bagi ibu-ibu yang memiliki pekerjaan di luar rumah tangga, ia pasti menanggung beban ganda. Beban pertama, pekerjaan rumah mulai dari dapur, sumur, dan kasur. Oleh karena itu mengatur waktu bagi ibu rumah tangga yang bekerja sangat penting.

Beban kedua, harus mengurusi pekerjaan di luar rumah, bagi yang kerja di kantor maka mengurus pekerjaan kantor. Bagi yang jualan di pasar, harus menanggung urusan jualan di pasar. Dari dua fenomena itu, maka perempuan bisa dikatakan menanggung dua beban.

Berbeda dengan laki-laki yang kadang hanya menanggung satu beban. Cuma kerja di kantor, di sawah, atau di pasar. Sepulang kerja, laki-laki bisa langsung duduk-duduk di depan televisi sambil menyembulkan asap rokok.

Sementara seorang ibu, sepulang kerja harus mengurus urusan rumah tangga. Mulai dari menyiapkan makanan untuk makan malam hari, belanja untuk kebutuhan sehari-hari, memandikan anak, membuat susu, menyiapkan makanan, mencuci pakaian, serta membersihkan ruangan tidur.

Bagi ibu-ibu yang mengalami beban ganda seperti kisah di atas, maka harus cerdas mengelola waktu supaya kebutuhan keluarga dan kerja bisa seimbang. Berikut adalah cara mengelola waktu supaya bisa menangani beban ganda bagi ibu-ibu dan bisa lebih dekat dengan keluarga.

Jangan Mengambil Lembur

Bagi ibu-ibu yang memiliki anak kecil di rumah, jangan mengambil lembur. Sebab bisa membuat waktu melayani anak dan suami berkurang. Kalau sudah lembur, pulang ke rumah pasti sudah capek dan waktu untuk bercengkrama bersama anak akan berkurang. Lembur juga bisa membuat Waktu untuk menyiapkan kebutuhan pagi hari akan berkurang, padahal anak di rumah membutuhkan pelukan dan layanan dari tangan seorang ibu yang lembut.

Baca Juga :  Hak Makan dan Minum Bagi Karyawan Lembur

Apalagi saat anak sakit, jangan malau-malu untuk izin pulang ke rumah kepada HRD atau atasan tempat kerja. Jangan sampai meninggalkan anak yang sedang sakit di rumah.

Membeli Bahan Masakan Ketika Pulang Kerja

Bagi ibu-ibu yang memiliki anak, selalu persiapkan menu makanan untuk besok pagi supaya waktu bangun langusng bisa masak tanpa harus keluar rumah untuk membeli bahan masakan. Dengan membeli bahan masakan saat sore ketika pulang kerja, maka ibu-ibu bisa memotong waktu untuk belanja, ditambah lagi ibu-ibu bisa menentukan menu yang pas buat anak-anaknya.

Mengajari Anak Hal-Hal Sederhana yang Bermaanfaat

Ibu-ibu harus mengajari buah hati melakukan hal-hal sederhana. Mulai dari memakai pakaian yang baik dan benar. Kemudian dibiasakan mengajari anak-anaknya untuk makan dan mandi sendiri. Dengan latihan seperti itu, anak-anak ibu bisa mandiri. Bisa mandi, makan, pakaian secara mandiri.

Ketika sudah bisa mandiri, maka ibu tidak usah repot menyuapi, memakai kan pakaian, dan memandikan. Sehingga, ada banyak waktu santai untuk ibu di rumah.