7 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Yang Tidak Butuh Banyak Waktu

0
29

Menjadi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan bukanlah hambatan untuk anda membuka peluang usaha lain baik sambil bekerja maupun juga dirumah. Bisnis ini sering disebut sebagai bisnis sampingan yang mana seringkali juga dapat memberikan tambahan pemasukan yang bahkan lebih dari pekerjaan utama anda. Namun tentu saja dalam memilih bisnis sampingan karyawan, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal yang dapat menyebabkan terganggunya pekerjaan utama anda.

Hal ini perlu diperhatikan sebelum anda bisa membaca 7 rekomendasi ide bisnis sampingan karyawan yang dapat bermanfaat untuk anda nantinya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Waktu Yang Fleksibel

Dalam memilih bisnis sampingan karyawan, hal pertama yang perlu anda perhatikan pertama adalah waktu yang fleksibel. Mengapa demikian? Karena anda tidak mungkin mengerjakan dua hal sekaligus dalam waktu bersamaan. Apabila demikian, pastinya salah satu dari bisnis anda tersebut akan dikorbankan.

Apabila waktunya fleksibel, anda bisa memilih untuk melakukan mana yang menjadi prioritas utama terlebih dahulu.

2. Dapat Dibagi Waktunya

Selain waktu yang fleksibel, anda juga bisa memilih bisnis sampingan karyawan yang dapat dibagi waktunya. Seperti contoh pada pagi hingga sore hari anda bisa bekerja seperti biasa sebagai pekerjaan utama anda. Sedangkan di malam hari anda bisa melakukan bisnis sampingan anda seperti dengan berjualan, jadi driver ojek online, menyelesaikan pesanan jasa dan lainnya.

Meskipun tidak fleksibel, selama waktunya terbagi dan tidak bertabrakan anda dapat menyelesaikan keduanya meskipun memang fisik anda akan terkuras. Oleh karena itulah ada baiknya anda memilih beberapa rekomendasi bisnis sampingan karyawan berikut ini.

3. Tidak Membutuhkan Banyak Waktu

Selain poin pertama dan kedua, ada baiknya jika bisnis sampingan karyawan juga tidak membutuhkan banyak waktu. Misalnya anda hanya perlu mengecek atau mengerjakan sesuatu selama satu hingga dua jam saja. Alasannya adalah karena anda juga memerlukan waktu untuk istirahat sehingga anda tetap bisa melakukan dua pekerjaan tersebut di kemudian harinya.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Paling Cepat Untung

Apabila pekerjaan kedua anda membutuhkan lebih banyak waktu daripada pekerjaan utama anda, itu artinya itu bukanlah pekerjaan sampingan anda. Dan apabila pekerjaan itu bukanlah pekerjaan sampingan, maka sudah dipastikan anda akan sangat sibuk. Meskipun pekerjaan tersebut dilakukan untuk keluarga, namun tetap anda harus memperhatikan keluarga anda dan terlebih kesehatan anda.

Oleh karena itulah, kami berusaha memberikan 7 rekomendasi bisnis sampingan karyawan untuk anda yang semoga bisa menjadi masukan untuk anda.

Rekomendasi Bisnis Sampingan Karyawan

1. Jasa Pesanan Sarapan atau Makan Siang

Peluang usaha atau bisnis sampingan karyawan yang bisa anda pilih adalah dengan menjual atau dengan membuka jasa pesanan sarapan atau makan siang untuk kantor. Ini sangat cocok untuk anda yang memiliki istri sebagai ibu rumah tangga dan jago memasak. Anda bisa membuka pesanan hari ini dan memasaknya saat subuh untuk sarapan atau memasaknya pagi hari oleh istri anda untuk makan siang.

Kelebihan dari bisnis ini anda akan minim rugi karena hanya akan membuat makanan berdasarkan pesanan saja. Untuk sarapan, anda bisa membawanya bersama saat anda berangkat kerja sedangkan untuk makan siang, istri anda dapat mengandalkan jasa pengiriman ojek online sebelum jam makan siang.

2. Bisnis Makanan Ringan

Bekerja memang akan lebih asyik jika sambil dilakukan sambil mengemil. Apalagi camilan tersebut merupakan camilan sehat atau camilan yang semakin memberi semangat seperti camilan pedas. Nah bisnis makanan ringan ini bisa menjadi peluang atau ide untuk bisnis sampingan karyawan yang mana keuntungannya adalah karyawan tidak perlu keluar kantor atau pabrik untuk mendapatkan camilannya.

Anda juga dapat membuka pesanan seperti pada poin pertama untuk pesanan dalam jumlah banyak atau pesanan makanan ringan khusus. Bisnis sampingan karyawan ini juga tidak akan mengganggu pekerjaan anda, itulah yang juga menjadi salah satu kelebihan mengapa bisnis ini direkomendasikan.

Baca Juga :  Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Peluang Usaha Franchise

3. Les Privat

Meskipun bekerja sebagai karyawan, peluang usaha untuk menambah pendapatan juga bisa dilakukan dengan memberi jasa les privat. Apalagi jika anda memiliki kemampuan untuk hitung-hitungan dalam pekerjaan anda atau juga kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris. Les privat ini merupakan pilihan yang tepat apalagi proses untuk kegiatannya juga takkan lama hanya selama 1 hingga 2 jam saja.

Itupun tidak setiap hari dilakukan, anda bisa memberikan les sepulang kerja dua pertemuan setiap minggunya sehingga anda juga memiliki waktu di rumah untuk keluarga dan juga untuk istirahat anda di rumah. Hasilnya? Cukup lumayan jika anda mematok satu pertemuan Rp. 80.000,- dan setidaknya terdapat delapan pertemuan setiap bulannya.

4. Jasa Penerjemah

Selain tiga poin diatas, satu rekomendasi pekerjaan yang bisa dijadikan peluang bisnis sampingan karyawan dan juga masih berhubungan dalam bidang bahasa adalah dengan membuka jasa penerjemah. Jasa penerjemah ini memang memiliki waktu dengan kerja berdasarkan deadline. Namun anda tentunya bisa mengerjakannya di rumah sebelum anda berangkat ke kantor dan juga dapat juga dikerjakan di sela-sela pekerjaan utama anda.

Tarif dari jasa penerjemah ini juga terbilang cukup lumayan meski memang anda bisa bergabung dengan agen penerjemah agar anda bsia mendapatkan jobs yang sesuai keinginan anda.

5. Menjadi Konten Writer

Peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis sampingan karyawan adalah dengan bisnis menjadi konten writer. Konten writer adalah mereka yang menulis artikel untuk diberikan pada kepada penulis. Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan karena terbilang mudah untuk dilakukan oleh anda yang gemar menulis.

Penyelesaian dari tugas bisnis sampingan karyawan ini sendiri juga terbilang fleksibel. Anda bisa melakukannya di tengah atau sela-sela pekerjaan anda apabila sedang santai. Dan dari situlah anda bisa menambahkan pendapatan anda sesuai dengan jumlah kiriman anda nantinya.

Baca Juga :  Keuntungan Dan Tips Gabung Bisnis Online Tanpa Modal

6. Jualan Pulsa dan Kuota

Selain ke lima rekomendasi ide diatas, bisnis sampingan karyawan yang bisa dipilih adalah dengan berjualan pulsa dan kuota. Bisnis ini memang bisnis yang sudah umum ada namun masih dapat dipilih karena kebutuhan akan bisnis ini masih sangat tinggi. Jadi tidak ada salahnya jika anda juga memiliki bisnis ini di tengah kantor perusahaan anda.

Apalagi jika anda menyediakan penjualan kuota, anda akan semakin dicari karena di zaman sekarang ini tidak ada yang tidak membutuhkan akses internet.

7. Minuman Jus atau Minuman Herbal

Kekurangan tenaga atau kurang bugar? Mungkin asupan buah buahan atau sayurannya kurang dan disini bisa menjadi salah satu peluang bisnis sampingan karyawan yang bisa anda lakukan. Anda bisa menggunakan sistem pemesanan seperti pada poin pertama dan membawanya saat anda berangkat kerja atau saat mendekati makan siang.

Bisnis minuman jus ini juga terbilang mudah untuk dilakukan oleh istri anda dengan menjualnya di rumah juga. Bagaimana? Tertarik?