Tips Mengatasi Ketakutan akan Kegagalan

0
159
Netsolmind_rasatakut

Pernahkah Anda begitu takut gagal pada sesuatu sehingga Anda memutuskan untuk tidak mencobanya sama sama sekali? Atau apakah rasanya takut akan kegagalan berarti bahwa, secara tidak sadar, Anda merusak upaya sendiri untuk menghindari kemungkinan kegagalan yang lebih besar?

Banyak dari kita mungkin pernah mengalami ini pada satu waktu atau yang lain. Rasa takut gagal bisa melumpuhkan itu bisa menyebabkan kita tidak melakukan apa-apa, dan karena itu menolak bergerak maju. Tetapi ketika kita membiarkan rasa takut menghentikan kemajuan kehidupan kita, kemungkinan akan kehilangan beberapa peluang besar di sepanjang jalan.

Penyebab Ketakutan akan Kegagalan

Untuk menemukan penyebab ketakutan akan kegagalan, pertama-tama kita perlu memahami apa sebenarnya arti “kegagalan”. Kita semua memiliki definisi kegagalan yang berbeda, hanya karena kita semua memiliki tolak ukur, nilai, dan sistem kepercayaan yang berbeda. Kegagalan satu orang mungkin hanya menjadi pengalaman belajar yang hebat bagi orang lain.

Banyak dari kita kita gagal, setidaknya beberapa waktu. Tetapi ketakutan akan kegagalan adalah ketika kita membiarkan ketakutan itu menghentikan kita melakukan hal-hal yang dapat mendorong kita maju untuk mencapai tujuan.

Ketakutan akan kegagalan dapat dikaitkan dengan banyak penyebab. Misalnya, memiliki orang tua yang kritis atau tidak mendukung adalah alasan bagi sebagian orang. Karena mereka secara rutin dirusak atau dibully pada masa kanak-kanak, mereka membawa perasaan negatif itu menjadi dewasa.

Mengalami peristiwa traumatis di beberapa titik dalam hidup Anda juga bisa menjadi penyebabnya. Sebagai contoh, katakan bahwa beberapa tahun yang lalu Anda memberikan presentasi penting di depan kelompok besar, dan Anda melakukannya dengan sangat buruk, dan Anda melakukannya dengan sangat buruk. Pengalaman itu mungkin begitu mengerikan sehingga Anda menjadi takut gagal dalam hal lain. Anda membawa ketakutan itu bahkan sekarang, bertahun-tahun kemudian. Wow…

Baca Juga :  Musik Nosstress Membangun Optimisme

Bagaimana Anda Mengalami Rasa Takut?

Anda mungkin mengalami beberapa atau semua gejala ini jika Anda takut gagal :

• Keengganan untuk mencoba hal-hal baru atau terlibat dalam proyek-proyek yang menantang.

• Sabotase diri -misalnya, penundaan, kecemasan berlebihan, atau kegagalan untuk menindaklanjuti dengan tujuan.

• Harga diri rendah atau kepercayaan diri – biasanya menggunakan pernyataan negatif seperti “Saya tidak akan pernah cukup baik untuk mendapatkan promosi itu,” atau “Saya tidak cukup pintar untuk masuk tim itu.”

• Perfeksionis – Kesediaan untuk mencoba hanya hal-hal yang Anda tahu akan Anda selesaikan dengan sempurna dan berhasil.

Definisi Kegagalan

Kita dapat memilih untuk melihat kegagalan sebagai “akhir dunia,” atau sebagai bukti betapa tidak cukupnya kita. Atau, kita dapat melihat kegagalan sebagai pengalaman belajar yang luar biasa. Setiap kali kita gagal dalam sesuatu, kita dapat memilih untuk mencari pelajaran yang seharusnya kita pelajari. Pelajaran ini sangat penting mereka adalah bagaimana kita tumbuh, dan bagaimana kita menjaga agar tidak membuat kesalahan yang sama lagi. Kegagalan menghentikan kita hanya jika kita membiarkannya.

Sangat mudah untuk menemukan orang-orang sukses yang telah mengalami kegagalan. Sebagai contoh:

• Michael Jordan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain bola basket terbaik sepanjang masa. Namun, ia dikeluarkan dari tim basket sekolah menengahnya karena pelatihnya tidak berpikir ia memiliki cukup keterampilan.

• Warren Buffet, salah satu pengusaha terkaya dan paling sukses di dunia, ditolak oleh Universitas Harvard.

• Richard Branson, pemilik kerajaan Virgin adalah putus sekolah menengah.

Sebagian besar dari kita akan tersandung dan jatuh dalam hidup. Pintu akan terbanting ke wajah kita, dan kita mungkin membuat beberapa keputusan buruk. Tapi bayangkan jika Michael Jordan menyerah pada mimpinya untuk bermain bola basket ketika ia terpisah dari tim itu. Bayangkan jika Richard Branson mendengarkan orang-orang yang mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan pernah melakukan sesuatu yang berharga tanpa ijazah sekolah menengah.

Baca Juga :  Kalimat yang Membuat Langkah Sukses Terhenti

Pikirkan peluang yang akan Anda lewatkan jika Anda membiarkan kegagalan Anda menghentikan Anda. Kegagalan juga dapat mengajarkan kita hal-hal tentang diri kita yang tidak akan pernah kita pelajari sebelumnya. Misalnya, kegagalan dapat membantu Anda menemukan seberapa kuat diri Anda. Gagal dalam sesuatu dapat membantu Anda menemukan teman sejati Anda, atau membantu Anda menemukan motivasi tak terduga untuk berhasil.

Seringkali, wawasan berharga datang hanya setelah kegagalan. Menerima dan belajar dari wawasan itu adalah kunci untuk berhasil dalam kehidupan.

Bagaimana Tidak Takut akan Kegagalan

Penting untuk disadari bahwa dalam segala hal yang kita lakukan, selalu ada peluang bahwa kita akan gagal. Menghadapi kesempatan itu, dan merangkulnya, tidak hanya berani itu juga memberi kita kehidupan yang lebih penuh, lebih berharga.

Namun, berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi rasa takut gagal:

• Menganalisa semua hasil potensial – Banyak orang mengalami ketakutan akan kegagalan karena mereka takut pada yang tidak diketahui. Hilangkan ketakutan itu dengan mempertimbangkan semua hasil potensial dari keputusan Anda.

• Belajar untuk berpikir lebih positif – Berpikir positif adalah cara yang sangat kuat untuk membangun kepercayaan diri dan menetralisir sabotase diri. Artikel kami Kesadaran Pikiran, Pemikiran Rasional, dan Pemikiran Positif adalah sumber yang komprehensif untuk mempelajari cara mengubah pemikiran Anda.

• Lihatlah skenario kasus terburuk – Dalam beberapa kasus, skenario terburuk mungkin benar-benar bencana, dan mungkin sangat rasional untuk takut gagal. Dalam kasus lain, bagaimanapun, kasus terburuk ini mungkin sebenarnya tidak seburuk itu, dan mengakui hal ini dapat membantu.

• Memiliki rencana darurat – Jika Anda takut gagal pada sesuatu, memiliki “Rencana B” di tempat dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri untuk bergerak maju.