Mencintai Indonesia Lewat Musik

0
123

Netsolmind – Mencintai seseorang berarti memberikan perhatian penuh pada orang yang dicintai. Ikut membantu dan mendukung orang yang dicintai agar bergerak positif, memuji saat orang yang dicintai melakukan hal-hal positif dan memberikan teguran dan kritikan saat orang yang dicintai melakukan kesalahan atau bertindak yang tidak pantas serta ikut memperbaiki.

Sama seperti mencintai sebuah negara, masyarakat yang cinta negaranya akan ikut membantu jika sesama masyarakat yang membutuhkan bantuan. Ikut serta mengharumkan nama negaranya di mata negara lain dengan berbagai cara. Menegur pemerintah yang menjalankan kegiatan negara dengan tindakan yang bersebrangan dengan hukum.

Bagi para seniman musik, mencintai Indonesia bisa lewat media lirik lagu. Lewat lirik lagu mereka menegur pemerintah, melakukan kritik sosial, dan menggambarkan keindahan serta kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Bagi kita yang suka musik dan cinta tanah air, ruang kerja patut diisi dengan musik-musik berlirik cinta tanah air. Di Indonesia ada band-band yang memproduksi lagu-lagu penuh lirik cinta Indonesia yang bisa menajdi refrensi untuk didengarkan.

Berikut daftar refrensi lagu ekspresi cinta tanah air Indonesia.

Di udara, Efek Rumah Kaca

Lagu berjudul di udara karya band asal Jakarta Efek Rumah Kaca, merupakan lagu menolak dan melawan lupa terhadap kejahatan oknum terstruktur yang membunuh almarhum Munir. Lagu tersebut menceritakan tentang Munir yang selalu diancam, diteror, disingkirkan, dan akhirnya mati diracun.

Di udara adalah sebuah lagu yang mengandung pesan untuk selalu mengingat jasa Munir dan terus mengingatkan pihak yang berwajib untuk terus mengusut kejahatan oknum serta otak dibalik pembunuh pembunuh Munir yang sampai saat ini belum terungkap.

Lagu di udara seharusnya bisa menjadi lagu nasional, di bawah lagu Indonesia raya.

Baca Juga :  Terus Belajar Agar Tidak Tergilas Zaman

Menjadi Indonesia, Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca bisa dibilang menjadi band yang lirik lagunya berisi kritik sosial yang membangun. Satu lagi, lagu yang mengambarkan kondisi Indonesia serta mendorong seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membenahi masalah-masaah yang ada di tanah air. Mulai dari ruang olahraga, politik, dan ekonomi.
Berikut potongan lirik lagu menjadi Indonesia, ada yang runtuh, tamah ramahmu, beda teraniaya, ada yang tumbuh, iri dengkimu, cinta pergi ke mana? Lekas bangun tidur berkepanjangan, menyatakan mimpimu, cuci muka biar terlihat segar, merapikan wajahmu, masih ada cara menjadi besar

Shankara Iksan Skuter

Iksan Skuter merupukan solois asal kota Malang. Ia memproduksi lirik-lirik lagu yang menggugah kesadaran masalah sosial dan tentunya lirik-lirik yang menggambarkan warna-warni Indonesia. Warna musiknya sangat menonjolkan petikan gitar yang ciamik.
Lagu berjudul Shankara merupakan lagu yang dirilis pada tahun 2016. Konten lirik lagu Shankara berisi tentang gambaran keindahan alam Indonesia yang tidak di miliki negara lain. Berikut potongan lirik lagunya, “ tak ada di dunia yang seperti ini, aku lahir hidup dan mati di negeri terindah di bumi, beruntunglah aku berada di sini. ”

Band-band di atas adalah band yang mencintai Indonesia Lewat Musik. Bagi kawan-kawan yang mau mendengarkan silahkan diputar.