7 Peluang Usaha Kuliner Unik Yang Layak Untuk Dicoba

0
152

Salah satu cara untuk menarik pelanggan dalam jual beli di era internet sekarang ini salah satunya adalah dengan menyajikan kuliner unik. Memang, kuliner unik ini pasti akan membuat calon pembeli penasaran sehingga calon pembeli tersebut pada akhirnya mencoba untuk membelinya. Apabila rasanya unik atau sesuai dengan ekspetasi dari pembeli, maka pada akhirnya konsumen akan membeli produk kuliner tersebut kembali. Berikut kita akan membahas beberapa peluang usaha kuliner unik yang layak untuk dicoba untuk ditawarkan pada konsumen baik dalam toko online maupun toko offline.

1. Makanan Asing atau Makanan Impor

Peluang usaha kuliner unik yang layak untuk dicoba adalah makanan asing atau impor. Pilihan untuk peluang usaha ini memang sedang sangat populer saat ini terutama makanan impor dari Korea yang juga menjadi populer karena budaya Korea yang digandrungi. Namun, meskipun makanan impor ini sangat digandrungi, bukan berarti anda harus pergi ke luar negeri atau bekerja sama dengan pihak luar negeri untuk mendapatkan makanan impor ini. Anda bisa membuat sendiri makanan tersebut seperti contohnya adalah Yangnyeom Tondak yang merupakan ayam goreng pedas.

Ada alasan mengapa juga anda sebaiknya meracik sendiri makanan impor yang anda jadikan sebagai peluang usaha  kuliner unik yakni adalah agar rasa yang dihasilkan pun cocok dengan lidah orang Indonesia. Tentunya jika cocok dengan lidah orang Indonesia, maka makanan tersebut akan diterima dan akan laris.

2. Makanan Tradisional Yang Jarang Ditemui

Meskipun peluang usaha kuliner unik yang sedang digandrungi adalah makanan impor namun makanan tradisional juga tidak kalah populer. Hanya saja makanan tradisional tersebut mungkin yang jarang ditemui seperti Mi Goreng Aceh, Ayam Bakar Bumbu Bali, dan beberapa lainnya. Namun, karena makanan tradisional ini setidaknya mudah ditemui maka anda juga harus membuat makanan tradisional tersebut memiliki cita rasa yang sama persis dengan aslinya karena setidaknya cocok dengan lidah orang Indonesia.

Baca Juga :  8 Peluang Usaha Sampingan di Rumah

Kelebihan berjualan makanan tradisional yang jarang ditemui atau berada di luar pulau Jawa misalnya adalah bahannya yang lebih mudah untuk diperoleh dan harga bahan bakunya yang lebih murah ketimbang makanan asing.

3. Makanan Pedas Berlevel

Makanan yang bisa menjadi peluang usaha kuliner unik dan sedang populer lainnya adalah makanan pedas berlevel. Makanan pedas berlevel ini memang sudah populer di beberapa tahun ini dan juga masih cukup digemari hingga saat ini. Namun, anda juga harus menemukan makanan apa yang cocok untuk diberi level kepedasan yang berbeda ini. Sebagai contoh makanan pedas berlevel atau dengan tingkat kepedasan tertentu adalah Mi Ayam Goreng, Ayam Geprek, dan beberapa makanan lainnya.

Jadi untuk makanan pedas ini tidak dibatasi oleh makanan tertentu saja. Anda juga bisa mengembangkannya dengan memodifikasi agar sesuai dengan ketertarikan konsumen atau memodifikasi makanan yang sudah ada dengan tingkat kepedasan yang berbeda.

4. Jajanan Mini

Salah satu peluang usaha kuliner unik yang juga meningkat semakin populer adalah jajanan mini atau jajanan dalam bentuk mini. Mengapa ukuran yang mini ini unik dan menarik bagi konsumen? Alasannya ada dua yakni dalam setiap pembelian, jumlah produk akan terlihat semakin banyak dan yang kedua adalah makanan atau jajanan tersebut bisa dimakan dalam sekali kunyah sehingga lebih efisien untuk dijadikan sebagai makanan ringan atau snack.

Beberapa makanan atau jajanan yang dibuat versi mininya adalah seperti pisang molen mini atau onde-onde mini. Pembuatannya juga tidak jauh berbeda, hanya saja ukuran dan bahan yang diperkecil.

5. Jajanan Jadul

Salah satu peluang usaha kuliner unik yang menarik konsumen adalah jajanan jadul. Jajanan jadul ini kebanyakan memang dijual di tempat tempat tertentu saja seperti pedagang kaki lima di depan sekolah atau di pinggir jalan. Umumnya mereka yang tertarik dengan jajanan jadul ini adalah karena ingin bernostalgia dengan masa kecilnya dulu dimana jajanan jadul ini selalu menemani di masa sekolah.

Baca Juga :  Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Beserta Strategi Pemasarannya

Memang mungkin akan sedikit sulit untuk mencoba membuatnya kembali karena mungkin beberapa jajanan tersebut tidak tercatat menunya. Namun anda juga bisa mencari beberapa menunya di internet. Beberapa jajanan jadul yang sering dijual kembali di masa sekarang sebagai salah satu nostalgia masa kecil adalah seperti gulali, telur gulung, arum manis, mi lidi, dan banyak lainnya. Dengan promosi nostalgia, dijamin produk anda akan laris manis.

6. Makanan Khusus

Yang satu ini mungkin jarang anda ketahui namun sebenarnya juga sudah banyak ditawarkan. Peluang usaha kuliner unik ini sebagai contohnya adalah makanan khusus bayi atau makanan khusus bagi mereka yang diet. Makanan ini pun umumnya juga diantarkan langsung pada pembelinya sehingga memudahkan pembeli untuk mendapatkan produknya. Namun, anda juga harus melihat peluang pasar yang ada dan juga memilih promosi yang sesuai dengan produk anda.

Promosi yang dilakukan untuk makanan khusus ini pun juga berbeda dengan promosi produk makanan biasa. Karena anda harus menjelaskan manfaat dari makanan yang anda jual termasuk bahan dasarnya.

7. Makanan Dengan Nama Unik

Tidak hanya makanan yang unik saja yang banyak digandrungi oleh banyak orang. Peluang usaha kuliner unik yang bisa menjadi pilihan untuk anda adalah makanan dengan nama yang unik dan juga dengan sedikit modifikasi dengan makanan tersebut. Sebagai contoh adalah yang sedang banyak dicari adalah bakso beranak, es krim kuburan, nasi goreng gila dan lainnya. Makanan tersebu umumnya memiliki cita rasa yang sama, hanya saja untuk bentuknya memang lebih instagrammable atau unik untuk difoto.

Selain keunikan nama, ada juga yang dipromosikan dengan cara menyingkat nama dari makanan tersebut seperti Intel atau Indomie Telur. Keunikan dari makanan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena kreatifitas penjual sehingga anda juga bisa mencoba tren baru yang mungkin akan menambah daftar kuliner unik di Indonesia.

Baca Juga :  7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Kekinian Tanpa Modal

Itulah ke tujuh peluang usaha kuliner unik yang bisa anda pilih. Ada alasan mengapa kuliner unik ini layak untuk dipilih sebagai peluang usaha anda yakni karena makanan atau kuliner unik tersebut lebih promotif ketimbang anda yang menawarkan makanan tanpa pemanis baik di sisi nama maupun dalam kuliner yang anda jual. Oleh karena itulah, ada beberapa tips yang bisa anda ikuti agar usaha kuliner anda juga cepat menjadi hits atau viral yakni:

  1. Nama yang unik dan mudah diingat
  2. Tema yang unik, seperti martabak dengan konsep metal
  3. Kemasan makanan yang menarik dan juga promotif
  4. Manfaatkan media sosial

Itulah beberapa tips yang dapat menambah promosi dari produk yang nantinya akan anda jual. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam mencari produk yang tepat untuk produk kuliner unik anda. Sukses selalu.