Wajib Baca Sebelum Mencoba Peluang Usaha Warung Kopi

0
562

Membuka kedai kopi atau warung kopi menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2019 ini. Alasannya adalah karena warung kopi menjadi tempat yang ekonomis untuk kongkow atau berkumpul bersama rekan kerja maupun kawan lama. Namun, ada beberapa hal yang wajib anda baca sebelum mencoba peluang usaha warung kopi. Hal ini wajib dibaca khususnya untuk anda yang memang masih pemula atau sebelumnya belum memiliki pengalaman. Berikut tips atau pertimbangan yang wajib anda baca.

1. Modal

Salah satu alasan mengapa peluang usaha warung kopi adalah salah satu peluang usaha menjanjikan untuk menunjang perekonomian anda kedepan adalah karena modal untuk membuka usaha ini sangat fleksibel. Modalnya terkecilnya bahkan bisa dengan modal sejumlah 1 juta rupiah saja. Karena pada dasarnya yang dibutuhkan untuk sebuah warung kopi adalah hanya kopi, air panas dan gelasnya saja. untuk tempatnya anda bisa mengandalkan kediaman rumah anda.

Namun, dengan model warung kopi seperti itu tentu saja keuntungan yang didapatkan juga tidak akan terlalu besar. Oleh karena itulah, ada beberapa hal yang bisa dikembangkan yang sebaiknya anda juga membaca poin selanjutnya.

2. Target Konsumen

Hampir sama layaknya warung kuliner, anda juga harus menentukan siapa target konsumen anda untuk peluang usaha warung kopi yang anda miliki. Apakah anda mengharapkan mereka yang merupakan pecinta dan penikmat kopi berkualitas atau hanyalah orang biasa yang tidak begitu paham tentang kopi atau mahasiswa dan mahasiswi yang mencari tempat sekadar untuk mengobrol dan juga minum kopi.

Dengan menentukan target konsumen anda, maka modal yang ada di poin pertama in adalah langkah yang juga perlu anda jalani. Hanya saja anda juga harus memahami bahwa target konsumen juga akan menentukan seberapa besar modal anda nantinya. Apakah hanya sekedar kursi biasa untuk minum kopi atau anda juga memberikan kenyamanan yang lainnya seperti musik.

Baca Juga :  Keuntungan Dan Tips Gabung Bisnis Online Tanpa Modal

3. Mencari Supplier

Langkah ketiga yang harus anda pertimbangkan sebelum membuka usaha ini yakni dengan mencari supplier yang dalam hal ini tentu saja adalah supplier. Penentuan mana yang akan menjadi supplier dari warung kopi anda juga sebaiknya ditetukan juga dalam target konsumen yang nantinya juga akan terhitung sebagai salah satu pengeluaran yang harus ditopang oleh modal.

Disinilah anda juga dituntut keseriusannya untuk mencari dan mempelajari jenis jenis biji kopi, harga serta pengolahannya yang juga harus anda pahami.

4. Konsep Bisnis

Masih berhubungan dengan nomor satu dan juga termasuk dengan modal, anda juga perlu menentukan konsep bisnis apa yang nantinya akan anda jalankan. Konsep bisnis warung kopi anda juga bermanfaat untuk memberikan promosi kepada konsmen bahwa anda memang mengseriusi peluang usaha anda. Konsep bisnis kedai kopi yang mani seperti contohnya membuat warung kopi yang siap untuk menayangkan pertandingan bola untuk klub tertentu. Dijamin tempat atau warung kopi anda akan selalu ramai.

Konsep bisnis ini sendiri memang terkadang disesuaikan dengan modal dan perlahan dilengkapi anrara fasilitas yang mungkin bisa anda cicil seiring dengan keuntungan yang nanti anda dapatkan dari warung kopi tersebut.

5. Lokasi Bisnis

Sebagai sebuah warung, baik warung makan maupun warung untuk jualan pasti memiliki tempat atau lokasi bisnis yang bisa dibilang strategis. Oleh karena itulah, lokasi bisnis dari warung kopi anda juga perlu anda perharikan. Jangan sampai kedai kopi ini tidak mendapatkan kesmpatan utnuk dikunjungi hanya karena lokasi anda.

Namun, jika anda memang berkeinginan untuk membangun usaha dari nol, maka mungkin anda bisa tetap melakukan berbagai tips yang sudah dituliskan diatas. Anda bisa mengandalkan salah satu dari kediaman anda sebagai ruang untuk anda membuat kedai kopi yang sederhana.

Baca Juga :  Cara Membuka Dan Ide Bisnis Kecil Kecilan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

6. Promosi Bisnis

Tidak ada suatu usaha yang tidak memiliki promosi. Dalam peluang usaha warung kopi, anda juga perlu untuk melakukan promosi layaknya penawaran proposal. Namun, dengan berkembangnya teknologi sehingga muncul banyak media sosial yang ramai, maka anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengenal tata caranya dan juga yang pasti adalah cara untuk mengoperasikannya terutama untuk promosi berbayar.

Selain itu, anda juga perlu memikirkan bagaiamana anda nantinya dapat melakukan promosi secara kreatif namun dengan biaya atau modal untuk promosi yang minim atau tidak ada sama sekali. Jika anda dapat melakukannya, itu artinya anda juga akan dapat mengembangkan warung kopi anda.

7. Teman Minum Kopi

Berhubungan dengan konsep warung kopi yang akan anda nikmati selanjutnya, peluang usaha warung kopi juga dapat dilakukan bersama dengan usaha jajanan atau snack. Alasannya adalah tentu saja konsumen atau pelanggan tidak hanya datang untuk sekedar minum kopi saja. beberapa dari mereka juga mungkin perlu makan malam atau sebagainya.

Teman minum kopi ini tidak selalu wajib ada namun memang disarankan untuk selalu ada. Dan untuk menyediakan snack atau makanan ringan tersebut ada dua cara yang bisa dilakukan untuk kedai kopi atau warung kopi terlebih yakni anda bisa memasak sendiri atau membuat sncak sendiri. Sedangkan cara kedua adalah anda hanya perlu membelanjakan sejumlah uang untuk membeli snack atau makanan ringan yang diminati sebagai teman minum kopi.

8. Jenis Kopi

Meskipun ini terkadang juga masuk dalam konsep warung kopi anda nantinya, namun tidak ada salahnya jika anda juga memikirkannya di akhir di poin ke sembilan. Tips peluang usaha warung kopi ini juga terkadang ditentukan dari lengkap tidaknya koleksi atau jenis kopi yang ada dalam warung kopi anda. Jadi jangan bingung ketika orang menanyakan koleksi biji kopi anda tersebut.

Baca Juga :  Ide Bisnis Dengan Modal Kecil

Di era internet ini, anda dapat mencari supplier seperti yang sudah disampaikan tadi sebagai pengirim bahan mentah. Pastikan pihak supplier tersebut terpecaya karena usaha bisnis warung kopi anda bergantung dari situ. Selanjutnya, dimana untuk kopi yang sudah dipesan juga anda sebaiknya mensurvey mana yang paling terfavorit yang banyak dipesan oleh pelanggan warung kopi anda. untuk itulah, anda bisa membeli jenis kopi yang lebih banyak untuk yang paling banyak dipesan.

Itulah ke tujuh tips wajib baca serta dua tips tambahan lainnya sebagai bonus yang semoga dapat membantu anda dalam mempersiapkan peluang usaha warung kopi anda selanjutnya. Emang peluang usaha warung kopi ini bisa dibilang memiliki resiko yang tidak besar. Namun tetap saja, agar anda bisa mendapatkan keuntungan yang tidak hanya mengembalikan modal anda namun memberikan keuntungan, tentu saja anda harus memperhatikan langkah-langkah anda yang mungkin anda belum ketahui sebelumnya.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda dan usaha warung kopi anda dapat berkembang dan memberikan manfaat sesuai dengan yang anda inginkan. Selalu sukses dengan usaha anda!