Makanan yang Harus di Konsumsi Ketika Lembur

0
59
netsolmind_lembur

Untuk kawan-kawan yang suka kerja lembur baik terpaksa atau panggilan hati, harus tetap jaga kesehatan. Sesuai dengan peraturan pemerintah, waktu lembur menurut undang-undang ketenagakerjaan dari Kepmenakertrans no.102/MEN/VI/2004, maksimal dilakukan 3 jam per hari atau 14 jam per minggu.

Lembur memang diperbolehkan, namun dibatasi oleh aturan pemerintah. Hal itu bertujuan menjaga kesehatan masyarakat pekerja. Kenapa harus di jaga kesehatannya? Sebab kalau sakit, uang hasil kerja bisa langsung habis untuk membiayai biaya rumah sakit. Satu lagi, pemerintah memberikan aturan tersebut, supaya para pekerja tidak mendapatkan cacat gara-gara bekerja secara lembur.

Untuk menjaga kesehatan para karyawan yang suka lembur, maka cara yang bisa di tempuh adalah makan secara tepat waktu, mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta berolahraga. Jika kawan-kawan adalah orang yang suka lembur atau terpaksa lembur, berikut adalah makanan yang harus di konsumsi.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Konsumsi makanan tinggi serat dan protein adalah kunci menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tubuh harus diberi asupan buah-buahan serta sayur-sayuran hijau segar. Ada beberapa buah yang mengandung banyak serat seperti apel, pir, pisang, dan alpukat. Pilih satu dari empat buah tersebut untuk menemani proses lembur untuk menjaga kebugaran tubuh.

Usahakan hindari makanan yang mengandung micin. Kemudian hindari juga konsumsi minuman penambah energi instan yang memiliki dampak buruk jangka panjang. Lebih baik lagi, konsumsi jamu-jamu tradisional yang memiliki banyak khasiat.

Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Lembur menyebabkan tenaga yang keluar lebih besar. Supaya tenaga dalam tubuh tidak kekurangan, maka tubuh harus diisi dengan banyak tenaga.  Untuk mengisi banyak tenaga, maka harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

Makanan berkabohidrat tidak cukup nasi, tetapi juga ada beberapa makanan tambahan. Seperti, konsumsi beras merah, beras hitam, roti, serta masakan yang berasal dari kentang. Konsumsi masakan tersebut sebelum lembur dan sesudah lembur, supaya tubuh tetap bugar.

Baca Juga :  Menjaga Kesehatan Bagi yang Lembur

Makanan Tinggi Protein

Zat protein berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh, membangun, memperkuat, serta menganti jaringan tubuh yang rusak. Bagi kawan-kawan yang suka lembur, protein sangat membantu tubuh tetap bugar.

Oleh karena itu, kawan-kawan yang suka lembur harus konsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Seperti makan ikan tuna, telur, susu, serta keju sebelum dan sesudah melakukan lembur.

Yuk kawan-kawan jaga kesehatan dan penuhi gizi tubuh supaya tidak jatuh sakit. Sebab kesehatan sangat mahal, oleh karena itu makanan yang harus di konsumsi harus lezat dan bergizi.