Tips membangun masa depan bagi kita semua. Menjadi sukses dan bergerak itu tak pernah seperti membalik telapak tangan. Sebagai manusia saya atau Anda sekalian biasanya cenderung tertarik pada perasaan dan emosi. Emosi, pikiran, dan perasaan dapat menghalangi manusia saat membuat keputusan untuk masa depan. Jika Anda hendak membangun masa depan yang lebih baik, maka harus menerima masa lalu dan belajar agar masa depan lebih baik.

Masalahnya apa?

Banyak hal yang terjadi dan sulit untuk dihindari, dan itu adalah bagian hidup kita sementara hal itu tak bisa dikendalikan. Masalah terjadi ketika  membiarkan hal ini mengendalikan mereka dan ada yang membiarkan namun ada juga yang ingin mengatasi namun tak bisa.

Membiarkan emosi dan perasaan mendikte pandangan hidup Anda. Karena tindakan yang Anda pilih akan merugikan kesuksesan Anda karena beberapa alasan:

Seperti layaknya mobil, tubuh semakin lelah karena stres dan berat suatu titik nanti. Pikiran memerlukan energi dan kemauan untuk melakukan  tindakan sehari-hari yang normal, artinya kita memiliki lebih sedikit energi untuk kegiatan dan acara yang dilakukan.

Berkurangnya kemauan membuat kita lebih rentan membiarkan orang lain menentukan keputusan kita dan jalan yang kita telusuri.

Terkadang kita tak bisa beralih ke prospek baru dalam hidup dengan membawa hal lama.

Semua orang ingin tumbuh layaknya sebuah tanaman.Tapi semakin banyak emosi dan perasaan negatif dari masa lalu maka semakin memadamkan cahaya dalam diri. Ada dua kemungkinan yang terjadi:

Pertumbuhan tanaman akan terlambat dan melamban, akhirnya berhenti pada tingkat yang kurang optimal yang mengarah minus. Tanaman itu akhirnya mati meninggalkan apapun.

netsolmind_membangun masa depan
Netsolmind_membangun masa depan

Solusinya adalah….

Membangun masa depan  dengan lebih baik itu unik, membutuhkan upaya minimal setiap hari untuk agar tetap di jalan yang tepat. Yang Anda butuhkan hanyalah pikiran terbuka, buku catatan, dan pena. Dengan tiga hal itu, tak akan ada yang  menghentikan  Anda untuk memeroleh masa depan yang Anda inginkan.

Jurnal adalah kuncinya

Ketika Anda terbiasa dengan pikiran dan emosi, ambilah buku catatan Anda dan tuliskan. Tuliskan semua yang Anda  pikirkan untuk merefleksikan diri. Selanjutnya buatlah tulisan mengenai kesalahan yang pernah Anda lakukan, sesuatu yang Anda harapkan, atau cita-cita Anda. Catat informasi tambahan ini di sebelah deskripsi pikiran atau emosi.

Di halaman lain tulis dimana Anda berada dalam sebulan, enam bulan, satu tahun hingga lima tahun terakhir. Selanjutnya tuliskan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya. Dengan melihat masa depan kita, maka dapat merekayasa balik dimana kita perlu dan apa yang harus dilakukan hari ini.

Sekarang kita memiliki pikiran, emosi, dorongan seiring dengan tujuan untuk masa depan. Yang harus dilakukan adalah menggabungkannya dan menafsirkannya.

Lihatlah tujuan Anda di masa yang akan datang, bersama dengan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya dan membandingkan dengan pikiran dan emosi.

Menyatukan Semuanya

Tidak apa-apa untuk melakukan  proses ini sekali, tetapi Anda tidak akan pernah melihat perubahan, dan sebelumnya Anda  menyadarinya, jangan sampai Anda terjebak dalam masa lalu.

Untuk mengatasinya Anda perlu mengatur latihan ini. Setiap malam selama 10 hingga 15 menit, cukup duduk dan tulis semua pikiran, kekawatiran, dan  apapun yang Anda minati untuk hari tersebut. Juga perhatikan apa rencana Anda untuk masa depan. Kemudian di akhir minggu, lihatlah  apa yang telah Anda pelajari seminggu sebelumnya. Ulangi ini setiap minggu untuk melihat perubahan.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here