Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan

0
711

Salah satu peluang usaha yang bisa menjadi bisnis di era kekinian adalah membuka bisnis makanan ringan. Bisnis snack atau makanan ringan memiliki alasan mengapa banyak dipilih dan menjadi populer untuk dijadikan bisnis. Apalagi ditengah era online semacam ini, bisnis snack ini semakin mudah untuk dipasarkan. Nah, sebelum memulai membahas beberapa tips untuk memulai bisnis ini, anda mungkin perlu tahu apa alasan mengapa bisnis ini cukup menjanjikan. Alasannya adalah sebagai berikut:

1. Cepat Bali Modal

Alasan pertama mengapa bisnis makanan ringan ini banyak dipilih adalah karena bisnis makanan ringan ini cepat balik modal. Mengapa demikian? Karena konsumsi makanan ringan tersebut cenderung cepat seperti bisnis makanan lainnya. Oleh karena itulah bisnis ini dipilih karena bisnis ini cepat balik modal dan juga cepat untuk anda kembangkan.

2. Lebih Tahan Lama

Berbeda dengan bisnis makanan lainnya, bisnis makanan ringan memiliki kelebihan dari sisi daya tahan. Makanan ringan umumnya memiliki daya tahan lebih dari satu minggu sehingga anda juga bisa lebih fleksibel dalam penjualannya seperti dalam hal ini adalah memanfaatkan penjualan melalui internet.

Tentu saja karena penjualan melalui internet pada akhirnya menggunakan jasa pengiriman barang yang mana memakan waktu beberapa hari. Hal ini tidak bisa dilakukan pada bisnis makanan lain karena pastinya memilik daya tahan yang lebih pendek dan akan busuk di tengah pengiriman.

3. Pangsa Pasar Besar

Alasan lain mengapa peluang bisnis makanan ringan ini sangat menjanjikan adalah karena pangsa pasarnya yang besar. Mengapa pangsa pasarnya besar? Karena makanan ringan tidak dikonsumsi oleh pasar tertentu saja semisal untuk kalangan usia tertentu. Makanan ringan dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia sehingga produk ini bisa dijual dengan pangsa pasar yang besar.

Baca Juga :  Kuasai Bisnis Menguntungkan Tanpa Ribet

4. Modal Tidak Terlalu Besar

Selain tiga poin diatas, alasan mengapa peluang usaha bisnis makanan ringan ini besar adalah karena modal dari bisnis ini tidak terlalu besar mengingat harga produk makanan ringan juga tidak terlalu besar. Apalagi mengingat jika bisnis ini cepat kembali modalnya seperti pada point pertama.

5. Bisa Dijual Siapa Saja

Poin selanjutnya mengapa bisnis makanan ringan ini bisa dibilang sebagai bisnis yang cukup menjanjikan adalah karena bisnis ini bisa dijual siapa saja kepada siapa saja. Baik laki-laki maupun perempuan bisa menggeluti bisnis ini. Jadi tidak perlu khawatir bisnnis ini tidak memiliki batasan baik untuk ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa atau mahasiswi, pekerja atau karyawan, guru dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui mengapa bisnis makanan ringan ini menjanjikan untuk anda, selanjutnya adalah mencari tahu tips atau langkah-langkah untuk memulai bisnis ini. Semoga artikel ini membantu anda dalam menentukan langkah.

Tips dan Cara Mulai Bisnis Makanan Ringan

1. Memilih Makanan Ringan Yang Punya Daya Tarik

Meskipun bisa dibilang bisnis makanan ringan ini memiliki pangsa pasar yang luas dan juga memiliki peluang besar disitu, namun bukan berarti anda dapat dengan mudah menjual makanan ringan tersebut. Alasannya, terkadang pasar juga cepat bosan dengan makanan ringan tertentu. Apalagi anda harus bersaing dengan bisnis lainnya.

Oleh karena itulah bisnis makanan ringan anda wajib atau harus memiliki ciri khas yang memberikan daya tarik. Seperti contohnya makanan ringan anda dikenal lezat dan gurih untuk dinikmati. Maka anda bisa memasarkannya dengan mempromosikan rasanya. Namun yang paling mudah dan juga paling diminati oleh masyarakat Indonesia adalah makanan pedas.

Baca Juga :  7 Tips Bisnis Online Makanan

Makanan ringan pedas yang anda pilih bisa anda takar tingkat kepedasannya dengan menggunakan level seperti pada makanan atau sambal. Dijamin calon pembeli akan tertarik sebelum mencicipinya. Setelah mencicipinya, baru akan diputuskan apakah pembeli tertarik dengan produk anda dan menjadi pelangan atau malah tidak.

2. Brand Yang Menarik

Bisa dibilang bahwa brand di mata Indonesia sangatlah penting. Bukan selalu merupakan brand yang mahal, namun juga brand yang mana mudah untuk diingat dan satu lagi adalah brand yang menarik. Maka tak jarang anda akan menemukan brand brand unik seperti Bakso Beranak dan lainnya. Brand tersebut kemudian membuat orang penasaran akan isi dari bakso tersebut.

Hampir sama dengan snack namun brand untuk makanan ringan bisa berupa asal dari makanan ringan tersebut atau penjelasan dari makanan ringan tersebut. Contohnya seperti, Keripik Empek-Empek Asli Palembang, Keripik Kentan Asli Korea dan sebagainya. Brand yang menarik ini bisa menjadi titik ujung untuk promosi anda.

3. Promosi Menarik

Bisa dibilang jika promosi merupakan upaya paling baik untuk anda melakukan pemasaran. Baik dipromosikan melalui internet seperti melalui media sosial atau bahkan mempromosikannya dari mulut ke mulut. Inilah yang menyebabkan mengapa bisnis makanan ringan menarik karena cenderung lebih tahan lama dibanding dengan produk makanan lainnya. Dengan demikian promsi bisa sedikit lebih lama dan anda juga tidak perlu terburu buru dalam menjual produk anda.

Ada banyak promosi yang bisa anda lakukan di era sekarang ini bahkan dengan video sekalipun karena anda bisa mengandalkan media sosial. Berbeda dengan jaman dulu dimana televisi masih menguasai sehingga produk yang tidak masuk tv dianggap bukan produk yang berkualitas. Namun berbeda dengan era sekarang dimana internet memberi keleluasaan pada anda untuk menjual produk anda.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Bisnis Online Terpecaya Bagi Pemula

Lalu bagaimana apabila produk anda tidak berkualitas? Jika demikian, maka hasilnya bisa buruk kedepannya sehingga akan lebih baik anda juga mempertahankan kualitas dari produk anda.

4. Kemasan Menarik

Kemasan menarik juga bisa menjadi suatu bentuk yang menarik untuk promosi. Oleh karena itulah akan ada baiknya jika kemasan untuk suatu produk bisnis makanan ringan tersebut juga dijaga kualitasnya karena mencerminkan kualitas dari suatu produk. Meskipun memang ada beberapa produk yang tidak perlu mengganti desain kemasannya seperti produk yang memang unik karena sudah berumur kemasannya dan ini juga menarik.

5. Berbagai Ukuran Kemasan

Tak hanya keempat poin diatas, salah satu poin penting bagi anda yang ingin membuka peluang usaha bisnis makanan ringan, anda juga bisa mencoba untuk memberikan lebih dari satu ukuran kemasan. Alasannya adalah, terkadang ada yang ingin membeli banyak sekaligus dan juga dimana tentunya ini lebih simple ketimbang harus membawa banyak ukuran kecil sekaligus.

Bagaimana? Tidak begitu sulit bukan? Bisnis makanan ringan ini juga memiliki modal yang tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk anda yang baru memulai bisnis anda. Itulah beberapa alasan yang kuat mengapa bisnis makanan ringan ini sangat menjanjikan serta bagaimana jika anda tertarik dengan bisnis tersebut dan mencari tahu bagaimana membuat bisnis anda tersebut agar menarik dan juga banyak memiliki pelanggan sehingga anda sendiri dapat mengembangkan bisnis anda ini kedepannya.

Semoga artikel ini membantu anda dan memberikan informasi yang anda butuhkan dalam penjualan produk anda nantinya.