Rekomendasi Bisnis Online Makanan Beserta Tipsnya Agar Laris

0
950
Bisnis Online Makanan

Sajian kuliner merupakan salah satu produk yang kini mulai menjadi favorit para pebisnis online. Salah satu faktor kenapa bisnis ini menjadi favorit adalah kemudahan menjualnya. Bagaimana tidak, kesibukan yang sering kali dialami para pekerja saat ini membuat mereka tidak punya waktu untuk sekedar memasak masakan sendiri. Maka dari itu, bisnis online makanan ini sangat diminati.

Makanan Apa Yang Cocok Untuk Dijual Online?

Bagi yang ingin menggeluti bisnis ini, maka berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa direkomendasikan untuk dijual online adalah sebagai berikut:

1. Kue Khas Daerah

Saat ini kue khas daerah sedang naik daun seiring banyaknya para artis yang mulai merintis usaha kuliner yang satu ini. Melihat mulai trennya artis yang sedang menggeluti bisnis tersebut, maka tidak heran semakin banyak usaha yang serupa pula yang bermunculan dengan merepresentasikan makanan daerah masing-masing.

Jika mempunyai keahlian dalam membuat kue khas daerah masing-masing, yang tentunya dapat menggugah selera maka tidak ada salahnya untuk membuat dan memasarkannya secara online. Untuk memulai usaha ini, tentunya diperlukan keahlian memasak serta paham akan strategi pemasaran secara online.

2. Makanan Jajanan Pinggir Jalan

Siapa yang tidak suka dengan jajanan pinggir jalan? Dari berbagai kalangan baik tua maupun anak muda pasti menyukai berbagai macam jajanan pinggir jalan. Salah satunya adalah jajanan kue cubit.

Kue cubit merupakan salah satu jajanan pinggir jalan yang rasanya sangat manis. Ukurannya yang mungil dan melumer saat digigit membuat jajanan ini banyak disukai. Bahkan saking banyaknya permintaan, jajanan ini pun dimodifikasi untuk menyesuaikan lidah para konsumen dan sudah bisa dijual online.

3. Katering Untuk Keluarga, Event, Maupun Kantor

Usaha katering merupakan salah satu usaha makanan yang menjadi salah satu favorit bagi para pebisnis online. Banyak para pelaku usaha yang mulai menjajal bisnis ini karena keuntungannya yang sangat besar yakni banyaknya pesanan dalam jumlah yang sangat besar pula. Pada umumnya, mereka yang menggeluti bisnis ini menyediakan jasa katering untuk acara perusahaan maupun acara pribadi.

Baca Juga :  7 Ide Bisnis Sampingan Karyawan Yang Tidak Butuh Banyak Waktu

Bisnis ini pun akan sangat menguntungkan jika dijalankan di daerah atau perkotaan yang melihat tingkat serta kesibukan di wilayah perkotaan cukup tinggi. Maka dari itu, banyak masyarakat yang tidak sempat memasak dan akhirnya memilih membeli makanan online. Bagi yang ingin menjalankan usaha ini, maka manfaatkanlah paltform khusus untuk mempromosikan bisnis tersebut, seperti wakuliner, platform, gofood, keppo makan, dan platform khusus yang lainnya.

4. Frozen Food Atau Makanan Beku

Bisnis makanan online selanjutnya yang bisa dicoba adalah frozen food atau makanan beku. Makanan beku yang biasa dijual online antara lain sosis, bakso, siomay, tempura, dan makanan yang lainnya. produk ini menjadi pilihan banyak orang karena sajiannya yang praktis dan daya tahannya yang cukup lama.

Selain produk dari olahan daging beku, ternyata sayuran pun bisa dikemas dalam bentuk frozen food. Biasanya sayuran tersebut merupakan sayuran yang diawetkan dengan cara dibekukan agar sayuran tersebut tahan lama. Contohnya adalah kentang, wortel, kubis, dan  masih banyak lagi sayuran yang lainnya.

5. Usaha Jual Lauk Kering

Selain frozen food atau makanan beku, usaha jual lauk kering pun tidak ada salahnya untuk dicoba. Karena lauk kering pun sering jadi pilihan orang yang tidak ingin repot-repot memasak lauk untuk makan siang atau malam hari.

Bagi yang ingin memulai bisnis ini bisa juga mencoba berbagai macam makanan kering seperti tempe kering, daging sapi yang diolah menjadi rendang kering, abon, keripik serta masih banyak lagi makanan yang lainnya. Jika mempunyai keahlian memasak makanan kering bisa memulai usaha tersebut serta menjajakannya secara online.

Untuk mencoba usaha ini, maka tidak perlu takut makanan itu akan cepat basi saat pengiriman. Karena jenis makanan tersebut mempunyai daya tahan yang cukup lama. Terlebih jika penyimpanan benar dan menggunakan kemasan yang tahan lama.

Baca Juga :  Bisnis Online Gratis Lewat HP Yang Mudah Dilakukan

Tips Bisnis Online Makanan Agar Cepat Laris

Agar bisnis makanan online berjalan dengan lancar dan tentunya cepat laris, maka bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

1. Sering-Sering Ikut Promo Dalam Aplikasi Online Tempat Berjualan

Aplikasi online dari hari ke hari sudah semakin menjamur. Peminatnya pun terus meningkat dengan seiring berjalannya waktu. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk menjual makanan yang sedang dijalankan dengan cara mengikuti promosi dalam aplikasi itu sendiri. Anggap saja budget promosi tersebut sama halnya dengan menyewa tempat, justru lebih murah bukan?

2. Rutin Melakukan Endorsement Ke Selebgram Atau Influencer

Agar masyarakat percaya serta mengetahui rasa makanan yang dijual enak serta dengan berbagai macam menu yang beragam, maka cobalah cara endorsement ke para selebgram atau infulencer yang sedang hits. Pilihlah selebgram yang sesuai dengan target atau pasar dan karakter produk yang dijual. Dengan begitu maka dijamin produk pun akan laris manis.

3. Coba Ikut Acara Pop Up Bazaar

Meski berniat berjualan online tidak ada salahnya untuk mengikuti acara pop up bazaar. Tujuannya sendiri untuk memperkenalkan bisnis yang sedang dijalankan, terutama kepada orang-orang yang jarang aktif di media sosial. Selain itu jangan lupa untuk mencantumkan kontak serta akun media sosial yang sedang digunakan.

4. Bersikap Ramah Terhadap Pengantar Makanan Online

Bukan hanya ramah pada pelanggan saja, seseorang yang sedang menjalankan bisnis makanan pun harus menyambut para pengantar makanan online dengan sangat baik. Merekalah yang akan membawa makanan tersebut dengan utuh serta selamat kepada para pembeli. Jangan sampai mereka kesal, dan tidak ingin lagi untuk mengambil orderan dari tempatmu.

5. Aktif Di Sosial Media

Namanya saja jualan online, tentu tidak cukup jika hanya berdiam diri saja. Seharusnya mencari tahu tentang media sosial yang paling efektif dengan pengguna aktif media sosial. Dengan begitu, maka bisa lebih up to date mengenai kuliner apa saja yang sedang hits saat ini. selain itu cara promosi yang akan digunakan pun akan tepat.

Baca Juga :  Ini Bisnis Online Tanpa Modal Sepeserpun Yang Mudah Dijalankan

6. Media Sosial Harus Mempunyai Tema Unik Setiap Harinya

Tips bisnis online makanan agar cepat laris selanjutnya adalah media sosial yang digunakan harus mempunyai tema unik setiap harinya. Pastikan juga mengunggah produk atau hal-hal yang berhubungan dengan bisnismu di media sosial pada setiap harinya.

Misalnya jika ingin berjualan makanan sehat, maka bisa dengan berbagi tips untuk mengatur pola makan. Sehingga tema instagram pun akan nyambung. Aturlah feeds secantik mungkin agar eye catcing serta menarik calon konsumen.

7. Rutin Mengeluarkan Inovasi Baru, Baik Itu Promo Maupun Menu Baru

Dan tips bisnis online makanan agar cepat laris yang terakhir adalah rutin mengeluarkan inovasi baru, baik itu promo maupun menu baru. Misalnya dengan cara setiap pembelian hari senin gratis salad, setiap pembelian hari selasa gratis jus detox, dll. Hal tersebut bertujuan agar konsumen tidak bosan. Selain itu agar konsumen tidak bosan, berinovasilah dengan menu makanan setiap bulannya.

Itulah beberapa makanan yang direkomendasikan jika ingin memulai bisnis online makanan serta beberapa tips agar bisnis online makanan cepat laris. Dengan beberapa makanan serta tips tersebut maka akan sangat mudah untuk mengawali dan menjalankan bisnis tersebut.