7 Langkah Memulai Bisnis Waralaba Agar Cepat Untung

0
115

Salah satu model bisnis yang banyak dipilih saat ini adalah bisnis waralaba atau yang sering juga dikenal dengan istilah bisnis franchise. Model bisnis ini memiliki kelebihan dan juga kelemahan tersendiri, namun tentu saja bukan menjadi halangan menjamurnya bisnis ini karena semua bisnis tentunya memiliki resikonya masing-masing. Bagi anda yang berkeinginan untuk memulai model bisnis ini, berikut ada ulasan mengenai kelebihan, keuntungan serta 7 langkah dalam memulai bisnis ini agar anda cepat mendapatkan untung.

Kelebihan

1. Bisnis Sudah Mapan

Kelebihan utama dari bisnis waralaba adalah bisnis ini merupakan bisnis yang sudah mapan. Yang diartikan mapan artinya sistem dalam bisnis ini sudah tertata dengan baik sehingga apabila anda berkeinginan untuk bergabung dengan bisnis ini anda hanya perlu mengikuti sistem yang sudah ada saja.

Seperti contoh, untuk bahan baku pihak franchisee atau yang memberikan hak franchise untuk anda sudah memiliki tempat sendiri sehingga anda tidak perlu repot mencari stok bahan baku karena sudah disediakan terpusat.

2. Sudah Dikenal Masyarakat

Kelebihan kedua dari bisnis waralaba adalah bisnis ini sudah dikenal oleh masyarakat luas karena cabang-cabangnya yang mungkin sudah tersebar di berbagai penjuru wilayah. Oleh karena itulah kita tidak perlu lagi repot-repot melakukan branding ataupun promosi besar-besaran karena brand anda sudah dikenal.

Promosi dari produk franchise pun umumnya dilakukan terpusat sehingga anda tidak perlu memikirkan konten promosi karena anda hanya perlu menambahkan hal dari pihak restoran anda yang tepat.

Masih ada kelebihan kelebihan lainnya dari franchise yang bisa anda temukan seperti salah satunya bisnis ini sangat cocok untuk usahawan muda agar dapat melihat bagaimana sebuah bisnis berjalan. Dan selanjutnya ada juga dua kelemahan utama dari bisnis waralaba ini.

Baca Juga :  Bisnis Terbaru 2019 Yang Bisa Dicoba

Kekurangan

1. Mematikan Kreatifitas

Dalam bisnis waralaba, anda bergerak sebagai sebuah perusahaan besar yang terorganisir dan terpusat. Oleh karena itulah akan sulit bagi anda untuk mengembangkan usaha anda tanpa mendapatkan persetujuan dari pihak franchise. Segala bentuk pergerakan franchise anda pun akan diawasi dan juga anda tidak diperkenankan untuk merubah apapun.

Keseragaman ini sebenarnya dilakukan agar pihak franchisee dapat mempertahankan kualitas franchise yang dimiliki. Oleh karena itulah ada banyak aturan yang anda perlu untuk pelajari.

2. Bisnis Berantai

Bisnis berantai ini bukan berarti anda melakukan bisnis waralaba dengan menggunakan rantai namun sebagai istilah bahwa bisnis ini terikat satu sama lain secara tidak langsung. Bisnis berantai ini pun tidak selalu baik namun juga bisa berdampak negatif seperti salah satu contohnya adalah apabila salah satu cabang franchise dikenal buruk oleh konsumen maka hal itu juga bisa berdampak pada fransise yang anda miliki.

Namun memang bisnis waralaba ini juga memiliki keuntungan yang sebaliknya yakni apabila cabang lainnya mengalami keuntungan maka keuntungan tersebut juga bisa berimbas pada bisnis yang anda miliki.

Itulah dua kelebihan dan kekurangan utama dari bisnis waralaba, apabila anda tertarik untuk membuka bisnis tersebut, berikut kami rangkumkan langkah-langkahnya untuk anda pahami dan juga mungkin bisa anda jadikan referensi. Lalu apa sajakah langkah yang anda harus penuhi, berikut ulasannya.

Cara Membuka Usaha Bisnis Franchise

1. Memilih Merk Waralaba Terkenal

Hal pertama yang mana harus anda lakukan dalam memilih usaha waralaba adalah dengan memilih waralaba yang tepat. Waralaba yang tepat disini adalah bisa dengan waralaba yang memiliki brand atau merk sudah dikenal sehingga meminimalisir biaya untuk promosi. Jadi pastikan terlebih dahulu anda mengenal brand tersebut dan yang mungkin bisa anda cek adalah menanyakan brand tersebut ke orang terdekat anda.

Baca Juga :  Persiapan Serta Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan

2. Memilih Waralaba Sesuai Dengan Permintaan Pasar

Untuk melengkapi brand waralaba yang sudah terkenal, anda juga membutuhkan untuk memilih bisnis waralaba yang memiliki pasar atau yang lebih baik lagi adalah anda memilih waralaba yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Alasannya? Tentu saja karena pasar adalah yang akan membenci dan juga bahkan mencintai produk anda nantinya sehingga bisnis anda dapat terus berjalan.

3. Memilih Perusahaan Pewaralaba Yang Tepat

Salah satu kunci dalam bisnis adalah kepercayaan, namun di sisi ini memang sulit untuk dinilai, namun karena mengenal pengusaha pewaralaba itu sangat penting karena akibatnya nanti dapat sampai bermasalah ketika menjalankan usaha tersebut. Seperti contohnya ada masalah diantara franchise dengan pihak franchiser lainnya yang mana pihak franchise mungkin saja salah dalam penanganan.

4. Pahami Kontrak Kerjasama

Selanjutnya yang juga anda perlu perhatikan dalam menggeluti bisnis waralaba adalah dengan memahami kontrak kerjasama. Kontrak kerjasama ini penting karena bisnis anda kedepannya dilangsungkan berdasarkan kontrak kerjasama tersebut. Jangan sampai pihak anda dirugikan dari kontrak kerjasama tersebut seperti tidak diperkenankan menggunakan bahan baku lain yang dijual diluar pihak yang sudah bekerjasama.

5. Persiapkan Modal

Langkah selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah anda harus mempersiapkan modal usaha yang cukup. Alasannya adalah karena modal yang diberikan oleh pewaralaba umumnya hanya berupa simulasi atau penjelasan bagaimana usaha anda nantinya berjalan. Dalam prosesnya nanti, bisa saja modal usaha anda membengkak atau juga bisa modal lebih lama kembali dari rencana awal.

Apabila permasalahan modal kemudian menjadi masalah utama untuk bisnis waralaba anda bergerak maka anda harus mencari jalan keluar tercepatnya. Beberapa jalan keluar yang dapat dipilih seperti contoh adalah dengan sementara mengurangi beban pengeluaran baik dengan cara mengurangi jumlah karyawan atau juga biaya operasional.

Baca Juga :  Ingin Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal? Ini Yang Harus Dilakukan

6. Lokasi Yang Strategis

Selanjutnya yang juga perlu anda perhatikan dalam menjalankan bisnis waralaba anda adalah dengan mencari lokasi yang strategis untuk bisnis anda. Pastikan juga anda membuka berbagai jalur pemesanan melalui aplikasi digital sehingga pasar anda semakin terbuka lebar. Oleh karena itulah, jangan berhenti untuk belajar dalam menjalankan bisnis anda termasuk untuk bisnis model waralaba ini.

7. Manajemen Keuangan Yang Baik

Baik dalam modal bisnis waralaba maupun bisnis lainnya, tips yang perlu dilakukan adalah dengan memastikan manajemen keuangan yang baik. Bahkan anda harus bersabar apabila modal anda belum kembali demi memberikannya untuk biaya operasional dan lainnya. Dengan manajemen keuangan yang baik, bisnis anda tidak hanya akan dapat bertahan melainkan juga akan berkembang kedepannya.

Itulah beberapa ulasan mulai dari kelebihan utama dari bisnis waralaba yang diikuti dengan kelemahan dari model bisnis ini serta yang terakhir adalah tujuh tips yang perlu atau bisa anda jadikan referensi dalam membuka usaha dengan model franchise ini. Memang tidak ada yang pasti namun jika dengan usaha yang tekun dan diiringi dengan doa, dijamin usaha yang anda buka akan berhasil sesuai pada waktunya.

Semoga sukses dengan peluang usaha anda, tetap berusaha dan jangan lupa untuk terus menambah pengetahuan anda.