Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga Beserta Strategi Pemasarannya

0
921

Ibu rumah tangga yang berkewajiban untuk merawat anak dan mengurus kebutuhan keluarga seringkali juga memiliki waktu luang. Waktu luang ini terkadang bisa dimanfaatkan untuk melakukan peluang usaha yang tentu saja yang dimaksudkan untuk menambah pendapatan keluarga. Namun, ada baiknya anda mengikuti beberapa tips berikut ini sebelum memilih peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Tidak Membutuhkan Banyak Waktu

Tips pertama sebelum anda mulai mencari peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah dengan memperkirakan apakah kegiatan usaha tambahan anda tersebut merepotkan anda nantinya atau tidak. Jangan sampai setelah anda memiliki usaha, nantinya anda melupakan untuk merawat anak atau untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Pilihlah usaha yang sederhana yang tidak mengharuskan anda untuk terus bekerja. Ada banyak contoh yang nanti bisa anda andalkan sebagai salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga. Kecuali anda memang sengaja mencari peluang usaha untuk ikut membantu perekonomian keluarga. Maka poin pertama ini bisa anda hilangkan.

2. Memilih Dengan Modal Yang Anda Mampu

Memang tidak semua peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga tidak membutuhkan modal. Ada juga beberapa peluang usaha yang membutuhkan modal meski tidak begitu besar. Disini anda sebagai ibu rumah tangga yang juga umumnya mengatur keuangan keluarga ada baiknya banyak mempertimbangkan modal usaha anda nantinya. Jangan sampai modal yang dikeluarkan terlalu besar dan untuk mendapatkan modal anda kembali anda membutuhkan waktu yang lama.

Salah satu cara untuk mengatasi kebutuhan modal yang besar adalah dengan melakukan manajemen yang baik dengan keuntungan dari usaha anda. Ya, jadi anda hanya perlu membuka peluang usaha dengan dana yang terbatas dan selanjutnya saat mendapatkan keuntungan, anda bisa mengutamakan untuk melakukan pengembangan untuk usaha anda. Jangan sampai usaha tersebut malah membebani perekonomian keluarga.

Baca Juga :  Kata Siapa Usaha Perlu Modal Besar? Iniloh Ada Peluang Usaha Modal Kecil

3. Belajar Terlebih Dahulu atau Ikuti Pelatihan

Ya, tips yang satu ini juga perlu anda pertimbangkan sebelum anda langsung membuka usaha anda. Ada baiknya jika anda belajar terlebih dahulu atau bahkan mengikuti pelatihan tertentu untuk enterpreneurship juga sangat disarankan. Alasannya adalah, tanpa mengetahui konsep usaha tertentu anda akan lebih memiliki peluang lebih besar untuk gagal.

Belajar sebelum membuka peluang usaha tersebut tidak perlu terlalu berat dan formal kecuali anda memang memilih untuk mengikuti pelatihan. Misalnya adalah anda belajar tentang bagaimana mempromosikan produk atau jasa anda melalui media sosial, pamflet atau yang lainnya atau bagaimana cara memanagemen suatu usaha agar anda tidak mengalami kendala lainnya.

Itulah tiga tips yang bisa anda pertimbangkan lebih dahulu sebelum memulai peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Terkadang peluang usaha tersebut pun dicari dengan berdasarkan modal yang dimiliki. Namun ada juga memang yang mencari peluang usaha sesuai dengan ketrampilan atau keahlian yang dimiliki maupun kesempatan yang mungkin menarik untuk anda geluti.

Lalu apa sajakah peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut beberapa peluang usaha.

1. Pesanan Makanan

Peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga tentu saja salah satunya adalah berhubungan dengan masak memasak. Peluang usaha ini dapat disesuaikan dengan modal yang anda miliki sehingga anda tidak perlu bingung dengan masalah modal. Selain itu, seperti salah satu tips diatas, anda juga bisa belajar atau berlatih untuk memasak agar masakan anda semakin dapat memuaskan pelanggan.

Untuk pemasaran produk masakan anda, anda bisa memina bantuan suami untuk menawarkan sarapan atau makan siang pada rekan kerjanya di kantor. Caranya bisa melalui pemesanan yang nantinya akan diantar esok harinya. Apabila pelanggan puas dengan masakan anda, maka anda akan mendapatkan pelanggan tetap. Variasikan menunya agar pelanggan tidak bosan.

Baca Juga :  6 Alasan Bisnis Pulsa Masih Menjanjikan

Dengan melakukan strategi tersebut, anda tidak akan memiliki makanan yang terbuang sia sia karena anda memasak sesuai dengan pesanan di hari sebelumnya.

2. Membuka Toko Kelontong, Pulsa dan Beberapa Lainnya

Peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga lainnya adalah dengan membuka toko kelontong. Meskipun memang ada persaingan dengan mini market, namun peluang usaha ini bisa anda geluti apabila anda tinggal di daerah perumahan. Anda bisa mengisi toko kelontong anda dengan barang barang konsumsi setiap harinya.

Sebagai strategi tambahan, anda juga bisa menjual berbagai produk layanan lainnya seperti pulsa atau bahkan hingga pembayaran listrik. Memang modal yang dibutuhkan sedikit lebih besar, namun perputaran modal yang ada dalam peluang usaha ini juga terbilang cepat. Anda hanya perlu mempersiapkan manajemen yang baik sehingga toko anda dapat berkembang dan semakin lengkap lagi.

3. Usaha Laundry

Selanjutnya yang juga bisa menjadi peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah dengan membuka usaha laundry. Sebelumnya, memang anda membutuhkan modal mesin cuci yang sebaiknya lebih dari satu dan sudah pasti modal ini cukup besar. Oleh karena itu, anda bisa mempertimbangkan apakah peluang usaha laundry ini cocok untuk anda. Anda juga harus mengecek kemampuan daya listrik di rumah anda, dan yang lainnya adalah air di rumah anda.

Selain itu, agar anda juga tidak terlalu sibuk untuk mengurus peluang usaha anda ini, anda juga bisa mempekerjakan tenaga tambahan guna membantu anda untuk melakukan beberapa bagian dari usaha laundry seperti untuk menyetrika. Untuk strategi tambahan dari usaha laundry anda ini, anda bisa menawarkan promo antar jemput untuk berat cucian tertentu atau menawarkan promo gratis satu kali cuci setiap beberapa kali mencuci.

Baca Juga :  Contoh Dan Tips Menjalankan Bisnis Online Sampingan

Usaha laundry ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah perumahan maupun perkampungan. Alasannya adalah karena tidak sedikit orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi cucian mereka dan lebih memilih untuk mencuci di laundry. Pengembangan dari laundry anda ini bisa diarahkan ke laundry khusus seperti pencucian helm, sepatu, karpet dan lainnya. Tentu saja setelah usaha anda tersebut menjadi lebih besar.

4. Snack dan Makanan Ringan

Masih berhubungan dengan peluang usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di nomor 1, anda juga bisa membuka usaha untuk snack dan makanan ringan. Ada alasan mengapa peluang usaha ini sangat cocok untuk anda yakni anda tidak perlu memasak setiap harinya. Anda hanya perlu memenuhi pesanan yang datang. Sebagai salah satu strateginya, anda bisa menawarkan snack atau makanan ringan kepada komunitas tertentu seperti arisan, untuk rapat dan juga lainnya.

Dari sisi modal anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menyesuaikan dengan modal anda. Selain itu, anda juga mungkin perlu belajar untuk menambah variasi menu yang anda miliki.