Duet Dahsyat Teknologi Informasi dan Bisnis Kekinian

0
836
Duet Dahsyat Teknologi Informasi dan Bisnis Kekinian

Era digital memberi kenyamanan dan kemudahan bagi semua orang, para pengusaha tanpa terkecuali. Aktifitas bisnis kini mendapat banyak fasilitas dengan semakin majunya teknologi informasi.

Orang-orang tidak perlu lagi keluar rumah atau meninggalkan pekerjaannya untuk berbelanja. Orang juga tidak perlu meninggalkan meeting untuk membeli makan siang. Semua bisa dilakukan hanya beberapa kali klik dan pesanan diantar sampai di depan pintu.

Mudah ya? Segala sesuatu diera digital ini serba nyaman, serba cepat dan mudah. Tak dapat dipungkiri teknologi informasi (IT) memiliki peran penting di setiap aspek kehidupan kita.

Teknologi informasi juga sangat penting dalam memajukan bisnis serta menjalankan aktivitas bisnis sehari-hari. Maka penting bagi Anda para pebisnis untuk juga mengupdate pengetahuan tentang teknologi informasi terkini.

Duet Dahsyat Teknologi Informasi dan Bisnis Kekinian

(Pic. from peluang usaha rakyat)

Duet dahsyat teknologi informasi dengan bisnis kekinian 

Tidak hanya perusahaan besar, teknologi informasi kini juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil bahkan bisnis rumahan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi mobile, para pebisnis dimudahkah dengan efesiensi dan efektifitas biaya pemasaran.

Pebisnis tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memasarkan produknya. Hanya dengan mengoptimalkan interent dan smartphone, siapa saja bisa berjualan dan memasarkan produk/layanannya.

Melalui E-commerse atau toko online, misalnya, pebisnis tinggal menampilkan produk-produknya di website dan website yang bekerja 24 jam sehari. Penjualan dan penawaran produk/layanan terus berjalan meski pemilik toko online sedang liburan.

Dibandingkan dengan bisnis offline, bisnis online memberi lebih banyak kemudahan bagi pelaku bisnis. Selain cepat dan mudah, pemilik toko tidak harus menjaga tokonya karena sistem website lah yang akan melakukannya.

Proses jual beli pun bisa dilakukan di website dengan sistem pembayaran yang aman sehingga membuat pelanggan merasa nyaman. Toko online atau E-commerce menjadi pilihan tepat bagi para pebisnis pemula maupun yang sudah punya nama.

Baca Juga :  Apa Saja Resolusi 2019 Anda? Ini Dia Aplikasi-aplikasi Mobile yang Membantu Anda Meraihnya!

Lalu, apa saja hasil duet dahsyat teknologi informasi dengan bisnis kekinian?

1. Komunikasi menjadi lebih mudah

Mudahnya komunikasi bagi pembeli menjadi salah satu hal yang dicari. Ketika komunikasi lancar, proses jual beli pun menjadi mudah serta pelanggan merasa nyaman dan aman.

Daripada faksimili atau telepon, email atau live chat jauh lebih murah dan cepat. E-commerce, dengan tekonologi informasi dilengkapi dengan fitur-fitur yang memang disediakan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan berinteraksi antara penjual dan pembeli.

2. Sebagai sumber informasi akurat

Dengan fasilitas internet, kita bisa memperoleh informasi dari berbagai sumber hanya dengan beberapa kali klik. Dengan menemukan banyak sumber informasi, maka Anda pun punya lebih banyak peluang mendapat ide untuk mengembangkan bisnis.

Selain bisa mendapatkan ide-ide untuk mengembangkan bisnis, Anda pun bisa mengetahu strategi bisnis para pesaing Anda dan kemudian mengambil langkah untuk selalu beberapa langkah lebih maju dari kompetitor.

3. Pengaturan data menjadi lebih  baik

Perusahaan besar maupun usaha kecil kini lebih muda menyimpan data-data klien/pelanggan atau dokumen-dokumen penting dengan aman melalui kemajuan teknologi informasi.

Kapan saja membutuhkannya, pemilik data tidak perlu repot-repot membuka-buka tumpukan kertas atau buku. Hanya dengan beberapa klik, data yang dibituhkan akan terhampar di depan mata.

Ketika suatu perusahaan, entah besar atau kecil telah mampu menyimpan data besar dengan baik, maka perusahaan tersebut bisa disebut telah memenuhi standar.

4. Aktivitas bisnis lancar 24 jam sehari

Para pebisnis sangat terbantu dengan majunya sektor teknologi informasi, karena mereka bisa melakukan aktivitas bisnis 24 sehari. Siapapun bisa berjualan tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Jelas berbeda dengan toko offline. Teknologi informasi membuat toko online tetap berjualan meski pemilik toko sedang tidur atau liburan.

Baca Juga :  UKM Go International! Google dan Facebook Mendukung Pelaku UKM dengan Pelatihan Gratis!

Para pebisnis kini mulai menyadari bahwa kegiatan bisnis mereka harus mulai mengoptimalkan kemajuan teknologi informasi agar tidak tertinggal dari para pesaing yang sudah mulai go online.