Tak Punya Modal? Coba Bisnis Online Tanpa Modal 2019 Ini

0
61

Modal merupakan hal terpenting untuk memulai bisnis. Namun jangan disalahartikan bahwa modal ini hanya berupa materi atau uang, karena pada dasarnya, modal terdiri dari beberapa macam dan salah satunya memang uang, tetapi ada hal yang jauh lebih penting daripada modal materi, yaitu ide bisnis dan riset.

Banyak orang salah mengartikan bisnis, di mana mereka membuat bisnis berdasarkan persepsi atau pandangan mereka sendiri terhadap bisnis yang akan dia buat. Padahal konsep dari bisnis adalah menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat. Jadi bisnis harus dimulai dari mencari tahu masalah di masyarakat.

Setelah masalah diketahui, maka sebagai pebisnis, kita masuk di situ sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah. Jangan pernah memulai bisnis dengan ikut-ikutan tren, karena yang seperti ini tidak akan bertahan lama atau dapat dibilang musiman.

Boleh saja jika kamu memiliki ide bisnis sendiri, tetapi untuk mengecek apakah ide tersebut sangat layak untuk diperjuangkan, maka kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Cara termudah adalah dengan melakukan wawancara secara acak.  Memang wawancara bukan hal yang mudah, tetapi ini adalah cara termudah jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Adapun cara yang lain adalah dengan menyebar kuesioner. Kemudian melakukan survei dan beberapa hal lainnya untuk mengumpulkan data. Dengan demikian, wawancara merupakan cara mengumpulkan data yang termudah. Selain itu, dengan cara ini kamu juga lebih mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen.

Cari Keunikan Bisnismu Melalui Konsumen

Pastikan kamu melontarkan pertanyaan-pertanyaan di mana jawabannya nanti adalah solusi yang datang dari konsumen. Dengan demikian, kamu tidak perlu memikirkan kelebihan-kelebihan dari produk yang kamu jual.

Misalnya saja kamu ingin menjual jaket. Ketika kamu tanya ke calon pembelimu mungkin temanmu yang sangat gemar memakai jaket,  seperti apa yang dibutuhkan di dalam jaket itu selain kantong, maka jawaban pada umumnya mungkin ia akan menjawab bahwa jaket hanya memiliki 2 kantong sehingga kurang efektif untuk membawa beberapa barang sekaligus, mungkin bisa ditambahkan beberapa kantong yang bersifat fungsional.

Baca Juga :  Pilihan Bisnis Online Mudah dari Rumah

Misalnya saja atau kantong khusus smartphone, ada kantong khusus meletakkan powerbank, ada kantong khusus, dompet, ada kontong yang berfungsi sebagai akses cepat, semisal untuk mengambil kartu debit ataupun kartu kartu elektronik lainnya.

Dengan demikian keunikan dari produkmu tidak perlu kamu pikirkan lagi. Jadi, walaupun ide bisnis kamu itu sangat konvensional dan ketika kamu melakukan wawancara dengan pertanyaan yang dimana jawaban dari pertanyaan itu adalah solusi dari calon konsumenmu, maka kamu bisa jadikan solusi dari konsumenmu sebagai kelebihan dari produkmu. Jangan lupa dengan prinsip untuk mengatasi masalah pada konsumen sesuai dengan apa yang mereka inginkan

Modal Sangat Mudah Didapatkan

Sangat berbeda dengan zaman dulu, dimana modal usaha cukup susah didapatkan. Saat ini modal mudah sangat mudah didapatkan, karena era wirausaha atau entrepreneur saat ini benar-benar ditekankan. Bisa dibilang, gelombang bisnis di Indonesia jauh lebih lambat, karena muncul pada sekitar tahun 2000-an dan akhirnya memuncak pada era milenial saat ini.

Saat ini banyak sekali program-program dari pemerintah ataupun swasta yang memberikan dana hibah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat proposal terkait usahamu yang didalamnya berisikan latar belakang, kemudian kenapa kamu memilih usaha itu, analisis usahanya, bagaimana prospek kedepannya dan masih banyak lainnya.

Apalagi bagi para mahasiswa yang di mana banyak sekali program dari pemerintah yang benar-benar memperhatikan mahasiswa-mahasiswa yang ingin memulai wirausaha sedini. Dengan demikian, saat ini para perintis bisnis benar-benar didukung.

Kumpulkan Modal Bersama Teman

Namun bagaimana jika belum bisa membuat proposal dengan baik? Jangan khawatir, karena kamu memiliki teman. Carilah teman-teman yang sepemikiran denganmu, terutama terkait visi dan misimu menjalankan bisnis tersebut.

Baca Juga :  7 Tips Bisnis Online Makanan

Dulu Jack Ma juga melakukan hal ini untuk memulai usahanya dan akhirnya mengumpulkan orang-orang yang sevisi dengannya dan akhirnya ada crowfunding atau iuran untuk mengawali usahanya.

Awali Bisnis Online Tanpa Modal Disini

Jadi memang banyak sekali cara untuk mendapatkan modal, tetapi apakah mungkin ada bisnis yang dapat dilakukan tanpa modal? Untuk era ini sangat mungkin dilakukan. Namun tidak semua bisnis. Hanya beberapa bisnis di bidang tertentu saja, terutama di bidang teknologi khususnya teknologi informasi, yaitu internet.

Kita tahu bahwa dengan keberadaan internet, semua hal menjadi sangat sempit, informasi-informasi sangat mudah didapatkan. Selain itu, saat ini juga ada peralihan cara jual beli yang di mana dulu ada percakapan, antara penjual dan pembeli secara langsung, tetapi sekarang hanya dihubungkan melalui website. Lalu apa saja bisnis tanpa modal dalam bidang ini? berikut adalah informasinya.

1. Penulisan artikel

Setiap hari jumlah website di dunia terus bertambah, dengan demikian kebutuhan konten juga terus meningkat. Tidak semua orang dapat membuat konten yang bagus. Bagi orang-orang yang sangat gemar menulis dan membaca, membuat konten untuk website bukan hal yang sulit, tetapi jika ternyata kamu tidak menyukai keduanya, maka jangan khawatir, karena semua orang bisa menulis dengan syarat mereka mau  melatihnya.

Memang dibutuhkan waktu tetapi, nikmati saja prosesnya. Kamu bisa saja langsung nekat mengambil pekerjaan dari situs freelancer ataupun melamar terlebih dahulu di salah satu penyedia jasa ini sebagai salah satu penulisnya. Setelah mendapatkan pengalaman yang cukup, maka kamu bisa membuka usaha sendiri, tentunya modal dari usaha ini adalah laptop dan koneksi internet saja.

2. Dropshipper

Usaha ini dapat dilakukan dengan tanpa modal sedikitpun, karena modal utamanyapun merupakan kebutuhan primer dan bisa dikatakan bukan suatu modal, karena setiap orang pasti memilikinya di zaman ini. Adapun modal ini, yaitu smartphone dan  koneksi internet.

Baca Juga :  Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terpercaya Dengan Ikuti Program Afiliasi

Dropshipper terbilang sangat menjanjikan, karena kita hanya bertugas untuk menjualkan barang dari seseorang dan kita akan mendapatkan komisi dari barang yang berhasil terjual. Namun bisa saja si pemilik barang memberikan kebebasan untuk kita menentukan harga jual barang sendiri, sehingga komisi yang diperoleh bisa jauh lebih besar.

3. Admin toko online

Usaha lain yang bisa kamu lakukan tanpa modal adalah dengan menjadi admin toko online. Usaha ini tentu bergerak di bidang jasa dan tugasnya adalah melakukan manajemen terhadap toko online, seperti melayani pertanyaan pembeli, mengupdate harga ataupun jumlah barang yang tersedia.

4. Admin media sosial

Media sosial memiliki kekuatan yang sangat hebat dalam mempromosikan suatu barang. Hal ini dikarenakan saat ini orang-orang tidak akan pernah bisa terlepas dari gadgetnya dan pastinya akan selalu membuka media sosial. Dengan demikian, untuk meraih perhatian para calon konsumen, maka media sosial harus dikelola dengan baik. Oleh karena itu, dibutuhkan admin media sosial.

5. Asisten virtual

Saat ini pekerjaan sebagai asisten tidak harus mendampingi bosnya tiap hari, karena sekarang ada yang namanya asisten virtual. Pekerjaan asisten virtual bisa dibilang sama, tetapi yang diurus memang seputar hal-hal virtual, seperti website dan sejenisnya.