6 Alasan Bisnis Pulsa Masih Menjanjikan

0
68

Smartphone atau ponsel sekarang ini memang mengandalkan internet sebagai jaringan sehari-hari. Namun apakah itu berarti anda tidak membutuhkan pulsa sama sekali? Jawabannya tidak. Ada saat-saat tertentu dimana anda tidak bisa mengandalkan internet untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Oleh karena itulah bisnis pulsa masih menjadi salah satu bisnis yang masih menjanjikan di tahun 2019 ini. Berikut beberapa alasan yang mendukung pernyataan tersebut sehingga anda bisa mempertimbangkan apakah anda dapat membuka peluang usaha ini atau mungkin bagaimana mengembangkannya agar lebih kekinian.

1. Belum Semua Orang Mengandalkan Internet

Alasan yang pertama mengapa bisnis pulsa masing sangat menjanjikan adalah karena belum semua orang mengandalkan internet sebagai sarana komunikasi mereka. Umumnya memang mereka yang menggunakan jaringan internet untuk berkomunikasi seperti telepon melalui internet atau bahkan video call hanyalah sebatas pada anak muda jaman sekarang saja.

Berbeda dengan mereka yang generasi sebelumnya, kebanyakan dari mereka masih nyaman untuk telepon dengan menggunakan jaringan telepon alias menggunakan pulsa. Alasannya mulai karena telepon dengan pulsa jaringannya lebih baik dan stabil dan selanjutnya adalah telepon dengan jaringan pulsa juga minim gangguan.

Belum lagi mereka yang masih menggunakan handphone konvensional atau hanya dapat telepon dan sms saja, atau masih menggunakan handphone kedua yang mana khusus untuk telepon saja. Jelas mereka masih membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi. Jadi bisnis pulsa ini masih memiliki pangsa pasar.

2. Pembelian Menggunakan Pulsa

Ya, tidak sedikit aplikasi atau beberapa layanan yang menggunakan potong pulsa untuk pembeliannya. Salah satunya adalah aplikasi dari Playstore. Pembelian menggunakan pulsa ini cukup populer dikalangan gamer maupun dikalangan pengguna aplikasi. Belum lagi, pembelian kuota internet tertentu juga dibeli dengan melakukan potong pulsa.

Baca Juga :  Hobi Fotografi, Ini Dia Peluang Bisnis Online Gratis Sesuai Passion Kamu

Oleh karena itulah jelas potong pulsa adalah salah satu cara yang umum digunakan yang mana dengan demikian bisnis pulsa ini masih bisa berkembang dengan berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi. Namun yang terpenting adalah bahwa apa yang ditawarkan juga bisa dikembangkan dalam bentuk lainnya yang juga tetap menarik untuk pelanggan.

3. Pembelian Lebih Fleksibel

Salah satu alasan mengapa bisnis pulsa merupakan salah satu bisnis atau peluang usaha yang bisa digeluti saat ini adalah karena bisnis ini lebih fleksibel untuk anda. Anda tidak selalu membutuhkan toko fisik dan juga perlengkapan lainnya. Anda cukup menyebarkan nomor anda dan juga identitas dari konter anda dan anda bisa menunggu kapan pembeli datang.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa menggunakan sistem bayar nanti saat bertemu. Memang bisnis pulsa ini membutuhkan banyak upaya yang tidak sedikit seperti promosi dan juga usaha eksta. Alasannya adalah karena terkadang mereka yang membeli tidak kemudian segera membayar pulsa. Hal ini buruk untuk sirkulasi modal usaha anda.

Fleksibilitas lainnya adalah anda bisa menjual pulsa anda tersebut di warung anda, atau hanya di depan rumah saja. Anda juga bisa menitipkan kartu nama anda di warung lainnya. Hal ini merupakan ide yang brilian dimana anda mungkin juga mengandalkan usaha lainnya selain dari usaha bisnis pulsa ini.

4. Tidak Sebatas Pulsa Telepon

Jaman sekarang pengisian pulsa dalam bisnis pulsa tidak hanya sebatas pulsa telepon saja, melainkan juga banyak pulsa lainnya. Pulsa lainnya yang ada dalam bisnis ini contohnya adalah pulsa listrik. Ini menjadi salah satu alasan mengapa anda juga bisa memilih bisnis ini karena pulsa listrik juga memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Baca Juga :  Peluang Bisnis Online Kekinian Untuk Mahasiswa

Sistemnya? Anda hanya perlu mencari pihak yang memberikan deposit yang bisa digunakan untuk pulsa telepon dan pulsa listrik. Kemudian anda bisa menjualnya secara online maupun secara offline. Apabila anda menjualnya secara offline, ada baiknya juga anda membuka toko atau kios mini yang anda bisa gunakan untuk bertemu dengan pihak konsumen.

Dari situ anda bisa mendapatkan keuntungan dari dua hal sekaligus mulai dari pulsa telepon dan juga pulsa untuk listrik.

5. Layanan Pengisian Cepat

Alasan lain mengapa bisnis pulsa ini masih memiliki pangsa pasar saat ini adalah yakni karena melalui layanan ini, anda bisa menjangkau konsumen dengan lebih cepat. Anda bisa menawarkan layanan pengisian pulsa yang dibayarkan belakangan melalui sms atau telepon. Ini memang lebih simple ketimbang konsumen harus menuju ke ATM, minimarket atau membuka layanan internet banking hanya untuk sekedar membeli pulsa.

Memang disisi lain, bisnis ini membutuhkan kepercayaan antar penjual dan juga dengan pembelinya. Apabila tidak ada kepercayaan atau mungkin penjual belum tentu mengenal pembeli maka dirasa akan berat untuk menjual pulsa dalam jumlah yang besar kepada pembeli. Oleh karena itulah anda bisa mengatasi hal ini dengan beberapa hal berikut:

  1. Membuka member dengan mengisi data diri
  2. Menjual layanan khusus ini untuk daerah yang dekat dengan kediaman anda saja
  3. Anda langsung mendatangi alamatnya setelahnya

Dengan demikian anda tidak akan rugi karena konsumen lupa atau tidak ingat untuk membayar dan anda juga dapat mengembangkannya dengan menambahkan bonus-bonus dan juga promosi lainnya.

6. Konsumen Lebih Setia

Dibandingkan dengan bisnis lainnya, konsumen dari bisnis pulsa lebih setia. Alasannya tentu saja selama pelayanan anda selalu baik, harga yang sesuai dengan pelayanan serta yang terpenting anda dapat kapan saja dimintai bantuan untuk mengisi pulsa maka konsumen akan menjadi lebih setia dengan produk jualan anda.

Baca Juga :  7 Tips Bisnis Online Makanan

Apabila ada pelanggan baru, anda bisa menawarkan promosi khusus. Yang satu ini memang sangat jarang dilakukan oleh pihak konter atau lainnya. Nah, apabila anda ingin memiliki pelanggan yang lama untuk mengisi pulsa di tempat anda, tidak ada salahnya juga memberikan penawaran promosi seperti potongan harga.

Mungkin terlihat sederhana namun ini akan membekas pada konsumen yang mana akan membuat konsumen menjadi lebih setia dengan anda terutama untuk saat-saat genting ketika konsumen kehabisan pulsa atau kuota, pasti anda yang akan dihubungi oleh pihak konsumen tersebut. Apabila itu terjadi artinya anda dipercaya oleh pihak konsumen sebagai pihak yang bisa diandalkan.

Itulah ke enam alasan dan juga sedikit alasan mengapa bisnis pulsa ini masih dapat anda pilih dan anda kembangkan terutama untuk anda yang menginginkan pekerjaan sampingan yang tidak memerlukan banyak tenaga, waktu dan juga dana. Bisnis ini memang minim kerugian yang berarti karena anda sendiri bisa menggunakan produk anda apabila tidak sedang banyak pembeli. Itu artinya, bisnis ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan dan karena tidak terbatas usia, siapa saja dapat mencoba untuk bisnis pulsa ini. Semoga ulasan mengenai peluang usaha berjualan pulsa ini dapat memberikan anda referensi untuk bisnis anda selanjutnya yang mungkin saja merupakan bisnis menjual pulsa.