Peluang Usaha Tanpa Modal Ini Sangat Menjanjikan, Kamu Harus Baca Ini

0
491

Modal dalam usaha merupakan hal yang sangat penting, karena dengan hal itu usaha dapat mengawali perjalanannya. Namun, tidak sedikit orang yang menafsirkan bahwa modal dalam menjalankan usaha itu hanya berupa uang. Padahal ada juga modal lain yang tidak kalah penting dengan uang.

Memang uang atau materi sangat dibutuhkan ketika ingin memulai suatu usaha. Tetapi, pada kenyataanya, ada juga usaha yang dapat dilakukan tanpa modal berupa materi, contohnya adalah dropship.

Mengapa dropship dapat dikatakan sebagai usaha tanpa modal? Ini karena modal utama dari usaha ini adalah smartphone dan koneksi internet saja. Kita tahu, kedua benda itu merupakan kebutuhan primer dari tiap orang dan pasti dimiliki. Apalagi saat ini banyak sekali smartphone berharga murah, serta koneksi internet yang sangat mudah untuk didapatkan.

Modal lain yang tidak pernah terpikirkan

Lantas apa modal selain uang yang dimaksud? Om Bob Sadino pernah mengatakan suatu pernyataan yang amat menyenangkan. Kami sudah berhasil mengambil kesimpulan dari perkataan beliau.

Beliau pernah menjawab pertanyaan dari seorang penanya. Bagaimana cara saya mendapatkan modal?. Beliau menjawab, apakah kamu mau tanganmu saya beli 200 juta? Penanya menjawab “Tidak”, beliau melanjutkan “1 milyar?”, penanya sekali lagi menjawab tidak mau.

Kemudian beliau mengatakan, itulah jawabannya. Modal itu adalah dirimu sendiri. Seluruh anggotamu berharga mahal dan merupakan modal terbaik. Itulah modal yang dianugerahkan Tuhan kepadamu.

Jadi secara tidak langsung, sejatinya tiap orang memiliki peluang sukses dan memiliki modal yang sama, bahkan terdapat beberapa orang yang mengalami kekurangan pada anggota tubuhnya, tetapi juga berusaha sekuat tenaga dalam merintis usahanya.

Memang bukan seperti itu Om Bob Sadino melontarkan jawabannya, tetapi itu adalah ini dari jawaban beliau yang kamu utarakan kembali dengan apa yang telah kami pahami. Bisa saja kamu mendapatkan modal yang banyak, yaitu dengan menjual salah satu organ tubuhmu, ginjal misalnya. Tetapi, apakah kamu rela organmu dijual? Tentu tidak.

Baca Juga :  Tujuan dan Cara Membuat Bisnis Plan

Jadi jika kamu merasa kamu tidak dapat mewujudkan impianmu untuk memiliki usaha sendiri, karena tidak memiliki modal berupa materi, maka bukalah matamu, kamu masih memiliki anggota tubuh yang lengkap dan pemikiran yang luar biasa cerdas.

Jangan lupa, semuanya dimulai dari nol

Namun yang menjadi masalah adalah apakah kamu rela menginvestasikan semua tenaga dan waktumu dalam menjalankan usahamu nantinya? Karena kamu akan menghadapi segala macam rintangan. Itu memang fase untuk menapaki kesuksesan, semuanya penuh ujian, tetapi akan berujung pada keindahan.

Sudah banyak sekali contoh nyata dari pengusaha sukses yang mengawali karirnya dari nol, bahkan beberapa diantaranya berada dalam kondisi yang dapat dikatakan kurang berkecukupan. Dengan kerja keras, pikiran yang selalu positif dan yakin dengan apa yang menjadi tujuannya, para pengusaha sukses itu akhirnya menggapai tujuan atau cita-citanya.

Oleh karena itu, mulai saat ini jangan berpikir untuk mencari modal berupa materi, tetapi carilah modal dalam dirimu sendiri. Bahkan hanya dengan modal ide pun kamu bisa mendapatkan modal dari orang lain atau investor.

Ini bukan rahasia umum lagi, investing saat ini merupakan kegiatan yang sudah sangat umum, apalagi Pemerintah juga sering mengadakan program hibah dana untuk usaha yang memiliki masa depan yang bagus.

Peluang usaha yang berkelanjutan

Jika kamu memang ingin mengawali usaha tanpa modal, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari peluang usaha yang sekiranya dapat bertahan hingga kapanpun atau berkelanjutan. Untuk mempermudah pencarianmu, kami berhasil mengumpulkan beberapa peluang usaha tersebut. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Usaha kreatif

Industri kreatif saat ini berkembang dengan pesat dan kemungkinan besar tidak akan pernah padam. Semua orang di dunia ini haus akan hal yang baru dan ini adalah peluang usaha yang bagus. Tetapi masalahnya adalah kita harus tahu terlebih dahulu apa yang dapat memuaskan khalayak umum.

Baca Juga :  6 Bisnis Cepat Kaya Yang Halal

Tetapi akan lebih mudah jika kamu fokus pada satu target yang spesifik, karena riset yang kamu lakukan akan menjadi lebih sempit dan tertarget dengan baik.

Kamu tidak perlu bingung dalam menentukan bisnis kreatif apa yang harus kamu lakukan. Carilah ide bisnismu dari orang-orang yang menjadi target pasarmu dan cobalah mengobrol dengan mereka. Jangan lupa, usaha dibuat untuk menyelesaikan masalah pada konsumen, bukan kamu yang mengkhayal menciptakan masalah, kemudian kamu memecahkannya sendiri.

Fase riset ini juga harus dilakukan pada peluang-peluang usaha tanpa modal yang ada di bawah ini. Dapat dibilang, fase ini memang menjadi fase yang wajib dijalani bagi setiap orang yang melakukan usaha.

2. Inovasi teknologi 4.0

Pendanaan untuk ide-ide inovatif dalam mewujudkan industri 4.0 saat ini sangat banyak. Tetapi apa yang dimaksud dengan industri 4.0? Era industri ini menitikberatkan pada teknologi, dimana semua usaha dapat dilakukan secara otomatif atau dapat dibilang technology oriented.

Peluang usaha tanpa modal yang satu ini sangat banyak, karena kamu bisa membuat suatu inovasi teknologi untuk memperbaiki teknologi yang sudah ada sebelumnya.

Contohnya saja kamu bisa membuat inovasi untuk menggoreng, jadi para penjual gorengan cukup memasukkan adonan ke wajan dan mereka bisa fokus melayani pembeli, karena tidak perlu khawatir gorengannya akan gosong, karena sudah ada yang mengurusi.

3. Furnitur

Saat ini, harga rumah dan tanah dapat dibilang cukup mahal, apalagi harga kedua hal tersebut juga terus meningkat tiap tahunnya. Oleh karena itu, saat ini rumah minimalis lebih diminati, karena semua bagian rumah ini diciptakan sesuai dengan fungsinya, jadi tidak ada namanya ruangan yang tidak terpakai.

Baca Juga :  Tips Memilih Peluang Usaha Mikro Sesuai Potensi Modal

Namun masalahnya adalah ukuran rumah minimalis yang kecil. Memang ada juga rumah minimalis yang besar, tetapi itu berharga mahal, jadi saat ini lebih banyak yang memiliki rumah minimalis kecil atau tipe 36.

Ukuran rumah yang kecil tentu membuat ruangan menjadi terbatas, sehingga penataan barang di dalam rumah harus diperhitungkan. Furnitur merupakan benda yang paling dibutuhkan dalam sebuah rumah, tetapi umumnya benda ini hanya memiliki satu fungsi, sehingga membutuhkan beberapa jenis untuk mencukupi kebutuhan.

Inilah mengapa furnitur menjadi salah satu peluang usaha tanpa modal, karena walaupun kamu tidak memiliki modal untuk membuatnya, tetapi kamu bisa menjual desain furnitur yang memiliki beberapa fungsi dan kamu bisa melakukan kerja sama dengan orang lain dengan pembagian keuntungan yang jelas.

Furnitur dengan beberapa fungsi ini misalnya saja kasur yang juga dapat berfungsi sebagai almari. Jadi ketika selesai menggunakan tempat tidur, maka tempat tidur bisa disimpan dengan cara diberdirikan, sehingga bagian bawah tempat tidur akan berada di depan. Bagian bawah tempat tidur ini dapat difungsikan sebagai almari.

Furnitur yang seperti inilah yang dapat menghemat penggunaan ruangan, karena memiliki beberapa fungsi sekaligus. Selain itu, sangat jarang sekali furnitur dengan fungsi lebih dari satu. Mungkin kamu bisa mencoba usaha ini.