7 Bisnis Online Modal Kecil Yang Bisa Dikembangkan di Desa

0
3239

Mencari bisnis melalui internet atau secara online saat ini sangat diminati. Bahkan bisnis online ini juga merambah ke daerah dan tidak hanya terbatas pada kota-kota besar saja. Apalagi tidak sedikit bisnis online yang membutuhkan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun. Tapi tanpa modal sekalipun anda tetap membutuhkan perangkat untuk online seperti smartphone dan juga jaringan internet tentunya. Nah berikut ini ada 7 bisnis online modal kecil yang bisa anda kembangkan di desa.

1. Dropshipper

Yang pertama yang bisa anda kembangkan sebagai bisnis online modal kecil di desa adalah dengan bisnis dropship. Bisnis dropship ini banyak diminati karena anda tidak membutuhkan modal banyak. Anda hanya perlu untuk mempromosilan barang dari supplier atau pemilik barang untuk dijual lalu kemudian mengirimkan pemesanan pada supplier. Pihak supplier kemudian akan mengirimkan barang kepada pemesan dan anda tidak perlu melakukan pengiriman.

Keuntungan dari sistem penjualan dropship ini diambil dari selisih antara harga jual yang anda tentukan dengan harga asli dari suplier. Anda bisa melakukan bisnis ini meskipun anda tinggal di desa. Sebagai tips untuk anda yang baru akan melakukan bisnis dropship ini adalah sebagai berikut:

  1. Carilah supplier dengan harga termurah
  2. Kembangkan bisnis anda untuk tidak hanya menjual satu barang saja
  3. Cari cara kreatif untuk mempromosikan barang anda

2. Reseller Produk

Bisnis online modal kecil kedua yang bisa anda kembangkan di desa adalah dengan menjadi reseller produk. Reseller seperti namanya berarti penjual kembali. Berbeda dengan dropshiper, anda harus membeli barang terlebih dahulu dari pihak supplier. Namun, ada keuntungan dari sistem ini dimana konsumen lebih mudah diyakinkan karena barang sudah ada dihadapan mereka dan bisnis ini sangat cocok untuk dikembangkan di desa dimana anda bisa memasarkannya kepada tetangga atau membuka toko sederhana.

Baca Juga :  Ingin Mencoba Bisnis Online Syariah? Iniloh yang Sangat Menjanjikan

Sebagai tips untuk menjadi reseller produk adalah sebagai anda pertama kali harus mencari produk yang kira kira dibutuhkan oleh masyarakat desa seperti contohnya adalah pakaian, jilbab, alat elektronik dan lainnya. Kemudian setelah anda menentukan barang jaualn anda, selanjutnya carilah supplier dengan harga termurah dan juga jarak terdekat untuk mengurangi biaya tambahan. Selain itu, karena pemasaran anda tidak menggunakan sistem online, maka penawaran yang memudahkan pembelian.

3. Jasa Pesan Barang atau Titip Barang

Yang satu ini mungkin tidak terpikirkan untuk anda namun anda bisa mencobanya. Barang yang ditawarkan secara online memang akan dikirimkan ke alamat pemesan yang mana seringkali bagi anda yang tinggal di daerah sulit untuk dijangkau. Nah, anda bisa memanfaatkan hal ini dengan menuliskan alamat pada kantor anda atau pada kenalan anda yang lokasinya lebih terjangkau. Setelah itu anda cukup mengambil barang tersebut yang kemudian anda tinggal mengantarkan barang tersebut kepada pemesan. Konsep ini mirip seperti jasa titip barang yang biasanya ada di luar negeri.

Keuntungan dari bisnis ini bisa dihitung per barang yang ditambahkan pada harga barang dan juga biaya pengirimannya. Tidak ada salahnya anda mencoba bisnis online modal kecil ini.

4. Pulsa dan Kuota Internet

Selanjutnya yang menjadi bisnis online modal kecil adalah berjualan pulsa dan kuota internet. Penjualan pulsa terutama kuota internet di era sekarang ini jauh lebih meningkat karena di daerah pun kini sudah dijangkau oleh jaringan internet. Oleh karena itulah, bisnis ini meskipun sudah sangat lama masih dapat anda andalkan di daerah anda. Apalagi jika anda menawarkan paket internet atau voucher internet dengan harga yang terjangkau, dijamin bisnis anda akan ramai.

Baca Juga :  Tips Dan Trik Bisnis Trading Serta Cara Memulainya

5. Jual Barang Bekas

Selain diatas, ada juga bisnis online modal kecil seperti menjual barang bekas. Barang bekas seperti smartphone, alat elektronik hingga kendaraan bermotor sangat menguntungkan untuk anda yang tinggal di daerah. Anda bisa mencari barang bekas tersebut di e commerce atau pun toko online tertentu kemudian menjualnya di daerah anda. Barang seperi smartphone memang diminati namun mengingat harganya yang mahal memungkinkan barang secondhand atau tangan kedua juga diminati karena perbedaan antara barang baru dan bekasnya.

Yang terpenting dari bisnis ini adalah anda harus meyakinkan bahwa produk atau barang yang anda jual memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, saat anda membeli pun anda juga harus lebih teliti dengan produk yang akan anda jual yang mana juga sebisa mungkin anda mendapatkan harga yang termurah.

6. Jasa Pembayaran Online

Selanjutnya ada jasa pembayaran online yang bisa anda andalkan sebagai salah satu bisnis online modal kecil di daerah. Jasa pembayaran online ini bisa anda tawarkan seperti pembayaran rekening listrik, pembayaran tiket pesawat hingga tiket kereta api dan juga berbagai pembayaran lainnya termasuk pembayaran kredit yang mulai banyak dapat dibayarkan melalui internet.

Sebagai tips, pastikan anda juga memahami sistem pembayaran tersebut sebelum anda membuka atau menawarkan promosinya. Selaiin itu, anda juga dapat memanfaatkan pembayaran dengan uang digital yang memungkinkan anda untuk menerima bonus atau potongan yang dapat menambah keuntungan anda. Untuk margin keuntungan, anda bisa mematok sejumlah besarnya pembayaran. Karena jumlah pembayaran yang lebih besar maka lebih beresiko juga.

7. Menulis Konten Yang Menjual

Selanjutnya yang bisa anda andalkan sebagai salah satu bisnis online modal kecil di desa adalah dengan menulis konten yang menjual. Kemudahan yang diberikan dari internet adalah mempersingkat jarak sehingga anda bisa melakukan pekerjaan yang jaraknya jauh sekalipun. salah satunya adalah dengan menulis konten yang menjual seperti menulis artikel, melakukan jasa penerjemah dan desain.

Baca Juga :  7 Bisnis Online Gratis Lewat HP Tanpa Banyak Modal

Modal yang anda butuhkan hanya sebatas perangkat yang bisa anda gunakan untuk mengetik atau menulis konten tersebut seperti PC atau Laptop serta internet untuk mengirimkan hasil pekerjaan anda. Yang lainnya tentu saja adalah rekening bank untuk menerima pembayaran dari kustomer. Sedangkan untuk promosi dan juga penawaran, anda bisa mengandalkan media sosial ataupun toko online untuk penawaran jasa.

Nah itulah tujuh bisnis online modal kecil yang bisa anda kembangkan meskipun anda tinggal di desa. Yang terpenting adalah anda terus berusaha untuk menambah pengetahuan anda seputar bisnis tersebut seperti bagaimana agar dapat menemukan supplier produk termurah hingga bagaimana melakukan promosi agar produk yang anda tawarkan menarik pelanggan atau pembeli.

Semoga artikel ini dapat memberikan ide untuk anda yang ingin mengembangkan usaha anda. Jangan karena anda tinggal di desa sehingga anda merasa tidak dapat mengembangkan usaha lebih jauh karena dengan mengandalkan internet dan juga tekad untuk terus berusaha serta menambah ilmu akan membuahkan hasil yang baik untuk anda. Semoga sukses dengan bisnis anda.