7 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Yang Tidak Mengganggu Kuliah

0
56

Kuliah memang dipilih sebagai salah satu cara untuk meraih karir dan masa depan yang cemerlang. Hanya saja terkadang karena kuliah tersebut kita harus pergi jauh dari rumah untuk mencari ilmu. Akibatnya kita pun harus mengatur biaya hidup yang sesuai dengan kemampuan perekonomian keluarga selain karena biaya kuliah yang juga mahal. Nah, tidak sedikit akhirnya mahasiswa yang memilih untuk membuka usaha. Selain bermanfaat untuk menambah uang saku, bahkan juga bisa membantu untuk membayar biaya perkuliahan. Lalu apa sajakah peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa serta tidak mengganggu kuliah? Berikut adalah ulasannya.

1. Membuka Les Privat

Peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa dan tidak akan mengganggu perkuliahan adalah dengan membuka les privat. Peluang usaha ini sangat cocok untuk kamu yang mengambil jurusan kuliah yang berhubungan dengan bahasa asing terutama bahasa Inggris, matematika, fisika, musik dan juga olahraga. Untuk bahasa Inggris, Matematika, dan Fisika memang sudah tidak perlu ditanyakan lagi alasannya karena ketiga pelajaran tersebut sering menjadi momok yang ditakuti disekolah. Orang tua pun terkadang tidak dapat membantu selain dengan memberi kesempatan untuk les.

Sedangkan musik dan juga olahraga seringkali dikaitkan dengan hobi pengembangan anak. Tidak sedikit ada yang menginginkan les bermain gitar, piano atau biola. Sedangkan olahraga juga dikaitkan dengan berenang dan juga olahraga lain seperti pelatih bola futsal, basket bahkan voli dan juga lainnya. Dalam sebulan biasanya diadakan satu atau dua kali pertemuan di setiap minggunya. Apabila satu pertemuan memiliki tarif Rp. 50.000 maka dalam satu bulan kamu bisa mendapatkan tambahan uang sebesar Rp. 200.000 hingga Rp. 400.000. Itupun baru satu orang anak dan kamu bisa melakukannya di luar jam kuliah karena anak lesmu pun pasti sedang sekolah.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Anda dengan Bisnis Online Terlaris Ini

2. Penerjemah

Kali ini dikhususkan untuk mereka yang kuliah di jurusan dan memiliki kemampuan bahasa asing baik Bahasa Inggris, Mandarin, maupun Jepang dan Jerman. Tidak sedikit orang membutuhkan bantuan untuk menerjemahkan suatu dokumen baik ke bahasa asing maupun ke bahasa Indonesia. Dengan menjadi seorang penerjemah kamu akan mendapatkan dua buah keuntungan yakni keuntungan untuk mendapatkan honor dari hasil terjemahanmu dan yang kedua tentu saja mengasah kemampuanmu dalam berbahasa asing.

Peluang usaha menjadi penerjemah ini menjadi salah satu peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa karena waktu untuk pengerjaannya dapat dilakukan tidak saat jam kuliah serta bayarannya pun cukup menjanjikan antara Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000 atau bahkan lebih tergantung dari kesulitan dan juga banyaknya dokumen yang perlu diterjemahkan.

3. Jualan Online

Bukan menjadi rahasia lagi apabila membuka jualan online seperti dropshipper atau reseller memiliki peluang untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Salah satu peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa ini memang perlu usaha yang ekstra meskipun tidak akan mengganggu perkuliahan. Pasalnya meskipun menjanjikan keuntungan yang cepat, jualan online atau membuka toko online ini memiliki banyak pesaing.

Untuk keuntungan dari jualan online ini sangat bervariasi tergantung pada barang jualan serta keuntungan yang didapat dalam setiap transaksi. Namun, mengapa peluang ini perlu dicoba adalah karena peluang usaha ini bisa menjadi peluang usaha dengan modal yang minim.

4. Content Writer

Selanjutnya yang juga menjadi peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa adalah dengan menjadi content writer. Content writer adalah orang yang menulis atau membuat isi dari suatu situs agar situs tersebut selalu update akan informasi terbaru. Dengan menjadi seorang content writer, kamu dapat menyalurkan bakat menulismu serta mendapatkan bayaran tanpa harus banyak keluar keringat.

Baca Juga :  Peluang Usaha Modal Kecil Yang Menjanjikan Menurut Wilayah Tempat Tinggal

Keuntungan dari peluang usaha ini adalah lowongannya yang terbilang masih sangat banyak sekali dan luas. Keuntungan kedua adalah kamu tidak membutuhkan modal apapun kecuali laptop kamu serta paket internet untuk mengirim hasil karyamu. Dan keuntungan yang terakhir adalah kamu dapat menyelesaikan tugas menulis kontenmu tersebut secara fleksibel sehingga takkan mengganggu waktu kuliahmu. Sedangkan untuk penghasilan yang bisa kamu dapatkan tentu saja bervariasi dengan kesepakatan harga yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Membuat Blog

Yang satu ini memang menjadi sebuah jalan yang terbilang cukup lama untuk digeluti agar dapat menghasilkan hasil yang memuaskan. Namun, dengan membuat blog dan jika kamu menekuninya maka kamu akan mendapatkan buah buah dollar yang tidak sedikit. Oleh karena itulah, membuat blog yang dimonetisasi dapat menjadi salah satu contoh peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa. Alasannya tentu saja karena ini takkan mengganggu kuliahmu setiap harinya.

6. Jualan Dari Hobi

Apakah kamu memiliki hobi yang dapat menjadi sumber pendapatanmu? Misalnya hobi memelihara reptil, hobi fotografi dan juga hobi lainnya seperti koleksi action figure. Hobi ini dapat menjadi peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa. Karena bisa dibilang dengan memiliki suatu hobi, maka seseorang itu setidaknya memahami seluk beluk dari hal yang menjadi hobinya.

Hob tersebut dapat memiliki nilai jual yang tinggi baik dalam penjualan jasa seperti menjadi fotografer pribadi saat wisuda atau momen tertentu hingga penjualan produk seperti hewan peliharaan, action figure dan lainnya yang mana waktunya bisa diatur agar tidak mengganggu perkuliahan.

7. Usaha Jasa Desain

Yang satu ini juga hampir sama dengan jualan dari hobi hanya saja kamu akan mendesain sesuatu dari yang menjadi pesanan seseorang. Peluang usaha yang sangat cocok untuk mahasiswa seni atau DKV ini dapat menjual karya karyanya untuk pihak yang membutuhkan seperti ingin membuat kado ulang tahun yang unik, ingin membuat MMT untuk usaha dan lainnya.

Baca Juga :  Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Yang Bisa Menambah Uang Saku Hingga Bayar Kuliah

Keuntunga dari usaha jasa desain ini sendiri terbilang cukup menjanjikan. Kamu bisa mematok harga Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000 atau lebih tergantung pada tingkat kesulitan desain yang kamu buat. Itu juga belum dengan ongkos cetaknya sehingga dalam tawar menawarpun kamu harus dapat menentukan harga yang tidak akan mengkhianati proses kerjamu.

8. Jualan Makanan dan Minuman

Yang satu ini menjadi peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa yang terakhir. Pasalnya bisa dibilang yang satu ini memiliki usaha dan juga modal yang cukup besar meskipun hasilnya nanti juga dapat memuaskan. Kamu bisa memulai menjual makanan maupun minuman ke kampus kampus dengan menggunakan sistem kantin kejujuran. Namun, apabila upaya ini tidak berhasil maka kamu bisa menitipkan jualanmu di kantin kampus atau yang lainnya.

Nah itulah ke delapan dari peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa. Memang tidak semuanya mudah untuk dilakukan, namun apabila kamu ingin menjadi mahasiswa yang mandiri dan juga selalu kreatif pada tantangan maka tidak ada salahnya untuk mencoba menjalani jalan sebagai sosok enterpreneur. Semoga sukses selalu.