Tips dan Ide Peluang Usaha Kecil Rumahan

0
242

Mencari peluang usaha baik sampingan maupun rumahan tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Yang anda perlukan seringkali adalah ide yang sesuai dengan lingkungan di sekitar anda. Inilah yang akan menjadi tantangan anda agar anda dapat menemukan peluang usaha kecil rumahan yang sesuai dengan keinginan anda dan juga memiliki peluang tidak hanya saat ini namun juga kedepannya hingga dapat berkembang dan juga bertahan.

Sebelum mengetahui peluang usaha kecil rumahan yang sesuai, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yakni sebagai berikut:

1. Pasar

Pasar yang ada disini bukanlah pasar tempat berjualan, melainkan konsumen yang nantinya akan menjadi sasaran produk anda. Dengan memahami pasar, anda bisa menentukan harga yang sesuai dari produk anda sehingga terjangkau oleh konsumen anda. Sebagai contoh adalah ketika anda tinggal di sekitar kampus atau sekolahan yang banyak kos-kosan, peluang usaha yang mungkin tepat adalah dengan membuka warung makan sederhana yang mana pastinya harga yang ditawarkan tentu saja tidak terlalu tinggi.

2. Promosi

Bukan berarti peluang usaha kecil rumahan yang anda geluti tidak membutuhkan promosi layaknya usaha seperti UMKM. Usaha seperti jualan pulsa atau paket internet, laundry, dan lainnya juga membutuhkan promosi yang tepat baik secara sederhana melalui selebaran atau bahkan dibuatkan akun media sosialnya untuk memberikan informasi mengenai produk yang anda tawarkan.

Promosi untuk produk atau jasa anda tidak selalu harus membutuhkan dana atau uang. Nah, anda juga perlu menyiapkan promosi yang kreatif yang bahkan apabila memungkinkan sangat minim dana atau bahkan tidak membutuhkan dana sama sekali. Sebagai contoh potongan harga atau diskon untuk syarat tertentu.

3. Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Tidak jauh berbeda dengan perusahaan besar, peluang usaha kecil rumahan juga perlu memperhatikan hubungan baik dengan pelanggan. Bahkan dalam hal ini, mungkin anda bisa menawarkan pelayanan lebih. Seperti contoh adalah usaha laundry yang mungkin bisa menggunakan promosi antar jemput gratis untuk laundry dengan berat tertentu. Tentu saja hal ini akan membuat pelanggan anda merasa nyaman untuk terus menggunakan jasa anda.

Baca Juga :  7 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Yang Tidak Mengganggu Kuliah

Untuk mengikat hubungan baik dengan pelanggan, anda juga bisa melakukan poin nomor dua yakni promosi dengan potongan harga atau bonus lainnya. Yang terpenting, pelanggan merasa bahwa mereka diistimewakan meski hanya membeli dari usaha yang mungkin tidak terlalu besar.

4. Modal

Memang peluang usaha kecil rumahan tersebut memiliki skala kecil, namun bukan berarti semuanya tanpa modal. Ada beberapa peluang usaha yang juga membutuhkan modal. Modal usaha tersebut belum tentu berupa uang, namun juga modal anda untuk berani berpromosi secara kreatif maupun modal tempat untuk usaha baik disewa maupun membukanya di rumah anda.

5. Brand atau Merk Yang Menarik

Meskipun yang anda coba nantinya masih merupakan peluang usaha kecil rumahan, namun bukan berarti anda tidak membutuhkan brand atau merk dagang yang menarik pelanggan. Anda juga perlu optimis bahwa brand anda nantinya akan dikenal oleh banyak orang, jadi pastikan brand yang anda buat memiliki hubungan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan dan juga tentunya menarik. Jangan lupa buat motto yang menarik dan mudah diingat oleh pelanggan.

Sebagai contoh adalah peluang usaha laundry, anda bisa memilih brand atau merk Mr. Cleaner, dengan menggunakan motto seperti Bantu Anda Bersihkan Sampai Tuntas. Dengan demikian, usaha laundry anda akan terngiang dalam benak pelanggan.

Lalu apa sajakah peluang usaha kecil rumahan yang bisa anda andalkan? Berikut ulasannya untuk anda:

1. Laundry

Peluang usaha kecil rumahan yang sangat cocok untuk dibuka baik di daerah perumahan, perkampungan atau bahkan dekat dengan kos-kosan adalah usaha laundry. Peluang usaha ini terus dibutuhkan terutama karena memang tidak semua memiliki banyak waktu untuk mengurusi cucian pakaian. Apalagi ketika musim hujan datang.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Paling Laris di Indonesia

Untuk membuka usaha ini, setidaknya memang anda membutuhkan modal utama yakni mesin cuci yang sebaiknya lebih dari satu. Selain itu, anda juga membutuhkan tenaga tambahan. Anda bisa mengajak tetangga atau saudara anda yang tinggal dekat dengan anda untuk membantu dengan bayaran yang sebaiknya juga anda hitung terlebih dahulu.

2. Warung Makan Sederhana

Peluang usaha kecil rumahan lainnya adalah Warung Makan Sederhana. Sama halnya dengan peluang usaha laundry, warung makan sederhana banyak dicari di daerah perumahan, industri bahkan juga kos-kosan. Peluang usaha ini juga terbilang tidak memiliki modal yang terlalu besar, anda bisa mengembangkan warung anda seiring dengan keuntungan yang didapat.

Opsi kedua dari usaha warung makan sederhana ini adalah dengan berjualan sarapan pagi di depan rumah, atau juga menyediakan pesanan makan siang yang diantar ke kantor. Tentunya ini sangat membantu, apalagi mengingat biaya pemesanan makanan melalui ojek online terkadang sangat mahal.

3. Konter dan Toko Kelontong

Yang menjadi peluang usaha kecil rumahan lainnya yang juga cocok untuk berada di daerah perumahan, perkampungan, dan juga kos-kosan adalah usaha konter dan toko kelontong kebutuhan sehari-hari. Terkadang, mengandalkan konter untuk jualan pulsa dan paket internet saja tidak cukup. Anda juga bisa menjual yang lain seperti aksesoris handphone. Namun, untuk memaksimalkan kunjungan konsumen, tidak ada salahnya juga jika anda menambahkan untuk membuka toko kelontong.

Peluang usaha ini sangat menjanjikan meskipun terdapat berbagai opsi lainnya seperti keberadaan minimarket. Namun, dari segi jarak anda dapat bersaing dengan minimarket terdekat.

4. Katering

Selanjutnya yang juga menjadi peluang usaha kecil rumahan yang dapat menguntungkan adalah dengan membuka katering. Kebutuhan akan jajanan untuk arisan, pesta, rapat dan lainnya masih sangat memiliki peluang luas. Apalagi jika anda memberikan layanan khusus seperti layanan antar jemput yang pasti akan membuat katering anda akan lebih dapat bersaing dengan katering lainnya.

Baca Juga :  Sukses Menjalankan Bisnis Makanan Sehat

Sebagai variasi, anda juga bisa mengandalkan untuk berjualan snack atau makanan ringan seperti keripik atau lainnya yang dijual secara kiloan maupun dalam bungkus dengan berat tertentu. Alasannya, apabila katering anda sedang tidak memiliki pelanggan, anda masih memiliki usaha yang bisa anda andalkan.

5. Jualan Online

Selanjutnya yang juga bisa anda andalkan sebagai peluang usaha kecil rumahan adalah dengan berjualan online baik sebagai dropshipper maupun sebagai reseller. Keduanya masih sangat diminati saat ini dan keduanya masih dapat terus berkembang hingga kedepannya. Modalnya pun beragam seperti tidak membutuhkan modal uang sama sekali seperti dropshiper hingga yang membutuhkan dana seperti reseller.

Itulah beberapa tips membuka peluang usaha kecil rumahan dan beberapa contohnya yang mana masih memiliki peluang yang sangat luas. Semoga artikel ini membantu anda untuk membuka usaha anda dan juga mempertimbangkan bagaimana usaha anda nantinya berjalan. Sukses selalu dengan usaha anda.