Bisnis Dropship, Bisnis Yang Tidak Ada Matinya

0
298
Bisnis Dropship

Seiring berkembangnya zaman, teknologi semakin meningkat. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat. Dalam memanfaatkan hal tersebut, masyarakat menjalankan bisnis online seperti bisnis dropship untuk mendapatkan keuntungan.

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena masyarakat dalam mencukupi kebutuhannya menginginkan dengan cara yang cepat dan mudah. Dengan adanya bisnis dropship, mereka dapat membeli suatu barang tanpa harus menuju ke toko langsung. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak beberapa ulasan berikut ini.

Apakah Bisnis Dropship Itu?

Dropship merupakan bisnis yang sangat mengagumkan dan mudah untuk dijalankan.Bisnis ini mengharuskan kita menemukan supplier produk atau barang.Sedangkan dropshiping adalah proses pengiriman produk atau barang kepada konsumen kita.

Dalam bisnis ini kita tidak perlu menstok produk atau barang. Tidak hanya itu kita sebagai dropshiper juga tidak perlu memikirkan pengiriman barang ke konsumen, karena supplier yang akan mengirimkan langsung kepada pelanggan kita.

Cara kerja bisnis dropship juga cukup mudah. Kita perlu menentukan produk dan supplier yang tepat. Selanjutnya kita memajang produk atau barang tersebut melalui web, marketplace ataupun sosial media. Ketika ada pesanan dari konsumen, maka kita cukup memesan kepada supplier. Dan setelah transaksi selesai, supplier yang akan mengirimkan barang ke konsumen kita.

Kelebihan Dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Dropship

Saat ini banyak sekali jenis bisnis yang dapat kita pilih. Salah satunya adalah bisnis dropship. Bisnis jenis ini tentu saja tidak sempurna, karena memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan serta kekurangan jika menjalankan bisnis jenis dropship:

Kelebihan Bisnis Dropship

Memulai bisnis dropship merupakan salah satu hal yang sangat menguntungkan.Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan dengan menjalankan bisnis ini. Berikut ini beberapa keuntungan dari bisnis dropshiper:

1. Mudah untuk Dijalankan

Sedang mencari bisnis online yang menguntungkan dan mudah? Bisnis dropship merupakan salah satu bisnis yang direkomendasikan. Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan. Kita hanya cukup mencari supplier yang tepat, memilih produk dan mempromosikannya di berbagai media sosial.

Baca Juga :  Bisnis Online Syariah Dengan Menjadi Pengajar Online

2. Pilihan Produk Sangat Bervariatif

Dalam memulai bisnis dropship kita tidak perlu pusing dalam menentukan produk yang akan dijual. Kita dapat memilih produk atau barang apapun yang diinginkan. Pada umumnya produk yang dapat dimanfaatkan untuk ditawarkan adalah fashion, kosmetik, obat herbal dan lain sebagainya.

3. Resiko Kerugian Rendah

Keuntungan selanjutnya adalah resiko kerugian yang ditawarkan oleh bisnis ini sangat rendah. Hal ini dikarenakan kita tidak perlu memiliki stok barang untuk disimpan. Dengan demikian kita tidak perlu merasa khawatir jika barang tidak laku. Tidak hanya itu kita juga tidak harus menyewa gudang untuk penyimpanan barang.

4. Modal Murah

Biaya atau modal merupakan salah satu tolok ukur dalam memulai bisnis. Dengan tidak adanya stok barang di bisnis ini, tentu saja membuat kita tidak perlu mengeluarkan modal banyak. Cukup mengeluarkan modal untuk mengakses sosial media maupun situs web dalam menjalankan promosi produk saja.

5. Waktu Fleksibel

Menjadi seorang dropshiper sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak, dalam menjalankan bisnis ini kita tidak terikat dengan bos maupun waktu. Kita dapat menjalankannya di manapun dan kapanpun.

Kekurangan Bisnis Dropship

Tidak hanya memiliki kelebihan saja, bisnis dropship juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini beberapa kekurangan dari bisnis jenis ini yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memulainya:

1. Persaingan Sangat Ketat

Salah satu kekurangan dari bisnis dropship adalah persaingannya sangat ketat. Hal ini dikarenakan bisnis tersebut sangat mudah dijalankan. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memanfaatkan bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun demikian jangan khawatir, karena kita dapat menghindarinya dengan memilih segmen yang lebih spesifik, unik dan memiliki minat tinggi.

Baca Juga :  Temukan Tren Bisnis Online Tanpa Modal 2019 Di Sini

2. Pengelolaan Persediaan Barang tidak Mudah

Ketidaksempurnaan suatu bisnis juga terdapat pada bisnis jenis dropship ini. Dalam bisnis ini cukup sulit dalam pengelolaan persediaannya. Dikarenakan pemilihan produk yang masih membuat kita tidak mengetahui jumlah stok barang atau produk yang ada di supplier.

Hal ini mengakibatkan kita kehilangan track hingga harus memesan pada backhorder lain. Bahkan resiko yang lebih besar kita harus membatalkan pesanan dari konsumen tersebut.

3. Pengiriman Yang Kompleks

Menjalankan bisnis dropship tidak hanya berpatok pada satu supplier saja. Kita dapat menjual beberapa produk dari berbagai supplier. Hal ini akan menimbulkan masalah pada biaya pengiriman. Jika konsumen membeli produk dari beberapa supplier tentu akan mendapatkan beberapa biaya pengiriman yang berbeda.

Tentu saja Hal ini akan membuat kita untuk menurunkan margin yang lebih jauh. Tidak hanya itu, kita juga harus menurunkan biaya serta tingkat konversi milik kita sendiri.

4. Resiko Terjadi Kesalahan pada Supplier

Hal yang biasa terjadi ketika menjalankan bisnis dropship adalah resiko terjadinya kesalahan pada supplier. Tentu saja hal ini akan menyebabkan komplain pelanggan terhadap kita. Dengan begitu, kita harus dapat mempertanggungjawabkan kejadian tersebut. Oleh karena itu, kita harus dapat memilih supplier yang berkualitas dan tepat.

5. Tidak dapat Mengontrol Kualitas Produk

Rendahnya tingkat kontrol kualitas dan merk pada produk merupakan salah satu kekurangan yang paling besar pada bisnis dropship. Hal ini dapat terjadi karena supplier akan langsung mengirimkan produk langsung ke konsumen kita.

Tips Memulai Bisnis Dropship

Tingkat persaingan dalam bisnis dropship terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis ini harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ini beberapa tips dalam memulai bisnis jenis dropship:

Baca Juga :  Bisnis Online Terbaik Yang Layak Digeluti Saat Ini

1. Pemilihan Supplier Yang Tepat

Tips pertama yang harus benar-benar diperhatikan adalah pemilihan supplier. Kita harus dapat menentukan supplier mana yang telat yang dapat diajak bekerjasama dengan baik. Hal ini dikarenakan kita tidak dapat mengetahui kualitas dari barang yang akan kita jual. Dengan memilih supplier yang terpercaya tentu saja akan meminimalisir adanya komplain dari pelanggan kita.

Untuk memilih supplier yang tepat juga sangat mudah. Saat ini sudah banyak marketplace atau situs yang menawarkan bisnis ini. Pada beberapa marketplace juga sudah dilengkapi dengan rangking atau penilaian terhadap supplier tersebut. Dengan demikian akan memudahkan kita dalam memilih supplier yang tepat.

Terdapat beberapa kriteria supplier yang tepat. Antara lain supplier tersebut menawarkan harga yang murah, fast respon dan memiliki komisi yang jelas. Selain itu produk yang ditawarkan juga memiliki kualitas yang baik.

2. Penentuan Produk Yang Sesuai

Menentukan produk untuk dijual sangatlah penting. Kita harus memilih produk yang sustainable dan memiliki peluang yang tinggi. Dalam hal ini pastikan untuk memilih produk yang spesifik, jangan terlalu banyak jenis produk yang dipilih. Pastikan pula untuk memilih produk yang awet dan tidak mudah rusak sehingga dapat menghindari komplain pelanggan.

3. Survey Harga

Setelah menentukan supplier dan produk yang tepat, untuk menunjang penjualan produk kita harus melakukan survey harga. Beberapa supplier sudah menentukan harga tersendiri, oleh karena itu kita harus benar-benar menjalin kerjasama dengan baik. Kita harus mengetahui pasaran harga produk kompetitor kita.

Bisnis dropship sangat cocok dilakukan oleh siapapun. Bahkan karena kemudahan yang ditawarkan, bisnis ini juga dapat dijalankan oleh para pelajar. Dengan sistem penjualan yang tepat, bisnis ini akan memberikan hasil yang sangat luar biasa.