8 Peluang Usaha Sampingan di Rumah

0
650

Di jaman sekarang seringkali memiliki satu pekerjaan saja tidak cukup. Apalagi jika menjadi ibu rumah tangga yang sehari hari hanya berada di rumah. Namun, hal tersebut bukanlah menjadi batasan atau hambatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi di era sekarang ini yang segala sesuatunya terhubung melalui internet sehingga memberikan anda kesempatan untuk mencari peluang usaha sampingan di rumah dengan memanfaatkan internet sebagai media komuniksi dan juga promosi meski kecil-kecilan.

Lalu apa saja peluang usaha sampingan di rumah yang tidak membutuhkan modal yang besar dan juga tidak terlalu berat namun dapat membantu perekonomian anda atau juga memberikan masukan uang belanja tambahan untuk anda. Berikut beberapa ulasan yang mungkin akan memberikan anda inspirasi.

1. Konter pulsa dan paket internet

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika di era sekarang ini segala sesuatunya terhubung dengan internet sehingga kebutuhan akan akses informasi melalui internet dan juga pulsa internet sangat tinggi karena bisa dibilang juga saat ini hampir setiap orang memiliki gawai atau gadget. Itu artinya sebuah peluang bisnis sampingan untuk anda karena berarti mereka semua membutuhkan pulsa atau paket internet.

Jika anda berminat, mulailah dengan mendaftar menjadi downline pulsa. Kemudian, cobalah untuk ambil menawarkan paket perdana internet pada orang-orang di sekitar ana atau seperti tetangga. Jika usaha anda ini semakin baik, maka anda bisa membuka gerai anda.

2. Membuka Toko Kelontong

Jangan memandang sebelah mata untuk usaha yang satu ini meskipun sekilas begitu sederhana. Apalagi jika anda tinggal di daerah perumahan yang akses menuju ke minimarket atau lokasi belanja lainnya cukup jauh. Sebagai tips, anda bisa memberikan margin keuntungan yang kecil, namun percayalah bahwa ini adalah usaha sampingan di rumah yang tak akan sepi pembeli. Apalagi jika usaha sampingan ini dikombinasikan dengan usaha di poin pertama diatas tadi.

Baca Juga :  Peluang Usaha Minuman, Bisnis Strategis dengan Keuntungan yang Manis 

3. Membuka Warung Makan Sederhana

Yang satu ini menjadi peluang usaha sampingan di rumah bagi anda yang tinggal di daerah dekat sekolah, kampus atau kos kosan dan juga perumahan. Alasannya bagi kebanyakan orang, memasak sarapan di pagi hari adalah hal yang tidak praktis terutama untuk mereka yang tinggal di kos. Oleh karena itu, ini menjadi peluang usaha di pagi hari sebelum berangkat kerja seperti biasa.

Hanya saja memang anda harus berkorban untuk belajar memasak agar masakan anda lebih digemari calon pelanggan dan juga anda harus memahami strategi atau manajemen waktu agar anda tidak terlambat masuk ke kantor atau jam memasak anda terlalu siang. Selain itu, anda juga bisa menawarkan menu sarapan anda untuk teman teman di kantor yang belum sempat sarapan. Menarik bukan?

4. Jual Cemilan

Semua orang pasti suka cemilan tidak terbatas usia mulai dari anak-anak, remaja dan juga orang dewasa sekalipun. Apalagi jika cemilan tersebut disiapkan untuk hari raya atau musim liburan untuk dinikmati saat suasana santai bersama keluarga. Ini menjadi sebuah peluang usaha untuk anda yang memang terhubung dengan banyak orang. Ada dua pilihan untuk usahap cemilan ini yakni anda membuat cemilan tersebut sendiri seperti poin ketiga dimana anda memasak dan mengemasnya sendiri atau anda hanya perlu mencari stok cemilan dalam jumlah besar lalu membungkusnya dalam berbagai kemasan sesuai beratnya.

Modalnya memang bisa dibilang sedikit besar, namun percayalah jika peluang usaha cemilan ini sangat menguntungkan. Anda bisa menawarkan produk anda pada tetangga saat arisan, teman kantor atau pun anda jual secara online. Yang terpenting adalah apa yang anda jual memiliki keunikan dan juga kekinian sehingga membuat orang tertarik untuk mencobanya.

Baca Juga :  Bisnis Online Terbaik Yang Layak Digeluti Saat Ini

5. Dropshiper

Tidak semua usaha sampingan membutuhkan modal dalam bentuk uang saja namun juga membutuhkan mental usaha atau enterpreneurship yang penuh semangat. Salah satunya yang sejak dahulu hingga sekarang masih digemari dan masih memiliki prospek yang besar adalah bisnis online yakni dropshiper.

Dalam bisnis ini anda bahkan tak perlu memegang barang maupun menanggung biaya pengiriman. Karena semua itu akan dilakukan oleh reseller yang mana barang jualakn anda nantinya akan didrop oleh anda. Pihak reseller inilah yang akan mempromosikan dan juga menjual langsung barang kepada konsumen.

Namun, setiap bisnis atau usaha pasti ada tantangannya. Dalam bisnis ini anda sangat membutuhkan kejelian, ketekunan dan ketelitian untuk mencari partner reseller yang jujur dan berkomitmen. Tanpa hal tersebut, usaha ini tidak akan berkembang bahkan terancam gulung tikar dan rugi karena kalah bersaing dengan toko online lainnya.

6. Kerajinan Tangan dan Aksesoris Pakaian

Selanjutnya yang juga dapat menjadi salah satu peluang usaha sampinga di rumah adalah pada bidang kerajinan tangan dan juga aksesoris. Tidak perlu menjadi seorang seniman, karena anda bisa berlatih untuk membuat kerajinan tangan dan juga aksesoris pakaian di YouTube atau sumber lainnya. Selain itu, untuk membuatnya bisa anda kerjakan di waktu luang seperti di setiap akhir pekan layaknya sebagai hobi.

Namun, tentu saja hobi ini adalah hobi yang bisa menambah penghasilan anda nantinya jika benar-benar dimanfaatkan dan ditekuni dengan dengan baik. Apalagi jika anda sendiri juga memiliki ketertarikan dengan kerajinan tangan dan aksesoris pakaian tersebut.

Beberapa contoh kerajinan tangan dan aksesoris pakaian yang bisa ana coba adalah tas tote dari kain atauh tas rajutan, boneka dari kain, gelang dari tali temali, sedangkan untuk aksesorisnya adalah seperti perhiasan atau aksesoris terbuat dari manik-manik baik untuk hijab maupun bukan. Anda bisa menitipkannya di toko untuk dijual atau bahkan menjualnya di toko online.

Baca Juga :  Mau Usaha tapi Modal Sedikit? Mungkin Peluang Usaha Kecil Ini Cocok untukmu

7. Penerjemah

Peluang usaha sampingan di rumah yang satu ini sangat cocok untuk anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing seperti punya kemampuan berbahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Membuka jasa penerjemah bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang tak hanya dapat dikerjakan di rumah saja namun juga bahkan di kantor saat anda tidak memiliki banyak pekerjaan. Kelebihan lainnya dari usaha penerjemah ini adalah bisa dimulai tanpa modal.

Anda bisa menawarkan jasa penerjemah seperti untuk pembuatan Abstrak pada skripsi, thesis atau disertasi. Selain itu untuk menambah luas jejaring anda, cobalah juga untuk bergabung dengan platform penerjemah berbasis online seperti projects.co.id atau lainnya.

8. Membuka Cafe Atau Kedai Kopi Sederhana

Pekerjaan sampingan tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga saja, bagi kaum pria pun juga bisa ikut untuk mencobanya. Untuk anda yang memiliki kebiasan meminum kopi atau menyukai kopi, ide untuk membuka cafe atau kedai kopi sederhana juga bisa anda coba. Modalnya tak sulit, anda bisa belajar melalui internet dan membeli bahan serta kebutuhan alatnya melalui toko online.

Untuk lokasinya tidak perlu sampai menyewa gedung apabila anda juga bisa menyulap halaman depan rumah menjadi keda. Anda bisa memulainya dengan menambahkan tenda, meja besar untuk tempat meracik kopi, dan beberapa kursi. Lengkapi juga dengan makanan kecil, multimedia untuk event event seperti menonton bola dan juga jangan lupa promosikan di media sosial.