Keuntungan Bisnis Database Yang Wajib Anda Ketahui

0
150

Di era digital semacam ini banyak peluang bisnis yang sebelumnya tidak pernah ada namun kini mulai menjamur. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena semakin pesatnya perkembangan internet dan teknologi. Salah satu peluang usaha yang muncul di era digital sekarang ini adalah bisnis database. Bisnis ini memiliki keuntungan yang cukup signifikan di jaman sekarang dan terbilang cukup mudah dilakukan.

Sebelum membahas mengenai apa saja keuntungan dari bisnis database tersebut, mari kita kenali lebih dahulu apa itu bisnis database dan mengapa peluang bisnis yang dimiliki cukup besar di jaman sekarang ini.

Dimulai dari katanya, database yang dimaksudkan dalam bisnis ini adalah sekumpulan informasi yang lengkap dari pihak distributor yang menjual barang yang dikenal sebagai first hand atau tangan pertama dan juga produsen dari produk tersebut. Informasi yang dikumpulkan menjadi sebuah database tersebut sangat bervariatif macamnya yang mana informasi tersebut sangat berguna bagi produsen.

Beberapa informasi yang dikumpulkan tersebut sebagai contoh adalah seperti PIN BBM, nomor Whatsapp, ID Instagram atau Line, alamat website dan juga alamat lengkap dari pabrik produk tersebut. Informasi tersebut sangat berharga bagi pihak produsen karena dari informasi teresebut produsen dapat mengetahui informasi mengenai barang suatu dagangan yang memang dicari.

Fokus dari bisnis database ini sendiri adalah untuk berjualan online sehingga database tersebut takkan berguna atau tidak terlalu bermanfaat apabila hanya mengandalkan toko offline atau toko fisik. Lalu apa saja keuntungan dari bisnis database ini? berikut ulasannya.

Keuntungan Bisnis Database

1. Modal Hanya Sekali

Karena bersifat data, yang mudah untuk digandakan maka keuntungan utama dari bisnis database ini adalah hanya perlu membutuhkan satu kali modal saja. Anda hanya perlu membeli database yang anda butuhkan sekali dan menjualnya berkali-kali tanpa perlu khawatir kehabisan stok. Yang perlu anda perhatikan adalah bagaimana database tersebut merupakan data terbaru sehingga bisnis database anda tetap dapat terus berjalan.

Baca Juga :  8 Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Database yang umumnya dicari dan banyak dijual adalah database supplier karena sudah pasti mereka yang ingin berjualan ingin mendapatkan produk yang termurah untuk mengisi stok barang jualannya. Oleh karena itulah database ini dibutuhkan oleh para supplier atau pembeli first hand yang kemudian akan menjual barang atau produknya ke tangan kedua.

2. Meningkatnya Tren Penjualan Online Menjadi Sumber Database

Database yang nantinya akan dijual didapatkan dari para penjual online. Dari banyaknya penjual online itu ada yang merupakan penjual pertama atau first hand seller yang mana harganya paling terjangkau atau paling murah. Biasanya penjual pertama ini mencari dropshipper untuk menjual produk mereka. Untuk membantu dropshipper untuk mendapatkan barangnya, database ini dapat dijual agar dropshipper mendapatkan produk mereka.

Hal ini membuat database semakin berharga sehingga harga jualnya pun juga bisa meningkat. Mengingat poin pertama, bisnis database ini bisa menjadi sangat menguntungkan.

3. Banyak Media Penjualan

Salah satu keuntungan atau kelebihan dari bisnis database ini adalah bahwa bisnis ini dapat dijual melalui banyak media. Karena berupa data, anda bisa mengandalkan email yang dipromosikan melalui Facebook, Twitter, Instagram, BBM, LINE dan juga bahkan Whatsapp. Mengingat modalnya hanya membeli database satu kali saja, maka bisa dikatakan bahwa bisnis ini merupakan bisnis dengan modal yang minim.

Oleh karena itulah bisnis database ini merupakan salah satu bisnis yang sangat kekinian karena menjual informasi berharga dan itu bisa sangat menguntungkan bagi kita yang menjual.

Itulah tiga keuntungan dari bisnis database dan juga informasi mengenai bisnis database tersebut. Lalu apakah bisnis ini merupakan bisnis yang ilegal? Jawabannya tidak. Berikut beberapa alasan mengapa bisnis ini bukanlah merupakan bisnis yang ilegal atau menyalahi peraturan tertentu.

Baca Juga :  Yuk Simak Ide Bisnis Online Terbaru Serta Tips Memilih Bisnis Ini!

Bisnis Database Ilegal?

1. Menjual Jasa

Alasan pertama mengapa bisnis database ini bukanlah bisnis ilegal atau melanggar aturan adalah karena bisnis ini merupakan bisnis yang menjual jasa. Jadi meskipun tidak ada produk berupa fisik, namun informasi didalamnya atau database tersebut merupakan informasi berharga yang bisa diperjualbelikan.

Lalu kepada siapa jasa tersebut dibayarkan? Jasa tersebut dibayarkan tentu saja kepada pihak yang mengumpulkan informasi mengenai penjual, supplier dan informasi lainnya yang penting dibutuhkan oleh penjual lainnya. Mengumpulkan data dalam skala yang besar, nasional misalnya, tentu saja membutuhkan tenaga dan upaya.

Karena itulah, harga yang dibayarkan untuk membeli database dalam bisnis database ini mungkin terbilang murah jika dibandingkan anda yang harus mencari sendiri satu persatu dari data di internet. Bukankah demikian?

2. Membantu Pemilik Data

Database yang diperjualbelikan dalam bisnis database ini bukanlah data sensitif atau data pribadi dari seseorang. Data tersebut juga ditunjukkan oleh pemilik usaha agar calon klien dapat dengan mudah menghubungi mereka. Jadi, dengan kata lain bisnis ini juga membantu pemilik usaha atau produsen untuk mempromosikan bisnisnya ke calon klien karena kita membantu untuk menyebarkan dan juga membantu untuk menghubungkan antara pihak produsen dan juga pihak dropshipper atau pihak supplier sebelum produknya dijual kembali.

Pemilik usaha pun tidak akan merasa keberatan karena dengan cara ini kontak informasi mereka akan mencapai pihak lain sehingga semakin mempermudah mereka melakukan promosi ke pihak lain.

3. Bukan Penipuan

Lalu apakah bisnis database ini adalah bisnis penipuan? Jawabannya tentu saja tidak pasti. Pasalnya itu bergantung dengan apa yang ditawarkan dan apa yang didapatkan. Apakah yang didapatkan sesuai dengan yang ditawarkan? Jika iya maka hal tersebut bukanlah penipuan. Sejak awal dikatakan bahwa dalam bisnis ini yang dijual merupakan database atau data penjual sehingga yang akan anda dapatkan tentu hanya berupa data?

Baca Juga :  4 Pilihan Bisnis Online Shop Tanpa Modal

Lalu bagaimana jika data tersebut tidak valid? Jika data tersebut memang tidak valid maka anda bisa meminta pertanggung jawaban dari pihak penjual karena apa yang didapatkan tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Selain itu, masih ada kemungkinan bahwa data tersebut sudah tidak mutakhir atau sudah kadaluarsa. Akibatnya beragam, seperti contohnya nomor pemilik usaha berganti, alamat pabrik pindah dan alasan lainnya yang mungkin. Apabila hal tersebut terjadi pada satu atau dua data, maka hal tersebut wajar. Namun apabila data yang tidak valid menyentuh hampir lebih dari 40 atau 50% maka anda bisa mempertanyakan pada pihak penjual mengenai validitas data yang dijual.

Itulah beberapa informasi mengenai bisnis database mulai dari mengenal apa itu database, apa saja keuntungannya serta beberapa pertanyaan seputar bisnis ini yang mungkin menjadi pertanyaan bagi anda juga. Anda bisa membeli database yang ditawarkan untuk anda jual kembali atau bahkan Anda gunakan untuk bisnis anda. Kemudahan teknologi di era digital sekarang memang harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.