7 Tips Bisnis Online Makanan

0
40

Salah satu produk yang seringkali menjadi produk jualan adalah produk makanan. Produk ini ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai peluang usaha sampingan di sekitar rumah namun juga dapat dijadikan sebagai produk bisnis online makanan. Untuk anda yang berkeinginan untuk membuka peluang usaha berupa penjualan makanan secara online, ada beberapa tips untuk anda. Meski memang sebelumnya ada beberapa kelebihan dari peluang usaha ini.

  1. Mudah, berjualan makanan melalui online dapat terbilang mudah karena memang layaknya produk jualan lainnya, produk makanan umumnya juga membutuhkan keuletan dalam hal promosi.
  2. Cepat, yang kedua sebagai kelebihan dari bisnis online makanan adalah karena bisnis makanan ini memiliki perputaran uang yang cukup kuat.
  3. Variatif, sebagai kelebihan dari bisnis online makanan yang terakhir dan bisa anda jadikan inpirasi adalah karena makanan yang anda jual tersebut memiliki banyak variasi dan kecil kemungkinan mirip dengan produk makanan yang lainnya.

Lalu bagaimana tips bisnis online makanan tersebut? Berikut ulasannya untuk anda yang semoga dapat memberikan inspirasi untuk anda dalam membuka bisnis makanan tersebut.

1. Lihat Potensi Pasar

Salah satu tips untuk bisnis online makanan adalah dengan melihat terlebih dahulu potensi pasar yang ada. Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan sebelum anda akhirnya memutuskan untuk menjual atau berbisnis makanan yang sesuai. Hal ini penting karena anda juga harus mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya dalam bisnis anda. Mengapa demikian? Karena tentu anda menginginkan apabila bisnis anda berkembang bukan?

Ada beberapa potensi pasar masyarakat Indonesia yang masih menjadi tren utnuk bisnis makanan yakni adalah seperti makanan pedas berlevel, makanan barat atau bergaya korea dan juga makanan cepat saji. Mengapa hal ini menjadi bintang dalam pasar bisnis makanan di Indonesia? Tentunya karena selera masyarakat Indonesia. Oleh karena itulah, potensi usaha anda perlu anda cek terlebih dahulu agar nantinya usaha yang anda pilih dapat terus maju.

Baca Juga :  Bisnis Online Adalah Kesempatan Emas bagi yang Tidak Memiliki Modal

2. Pahami Makanan Anda

Selanjutnya yang juga perlu anda pertimbangkan sebagai tips adalah dengan memahami makanan anda. Salah satu kelemahan dari bisnis online makanan adalah bahwa terkadang makanan tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Oleh karena itulah anda harus benar memahami produk makanan anda, jangan sampai nantinya produk makanan tersebut diterima oleh konsumen dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Meskipun tidak tertulis dalam catatan khusus, produk makanan tertentu seperti kue buatan sendiri pula perlu diperhatikan kira-kira kapan akan memasuki makanan tesebut rusak. Dengan memahami makanan anda, anda juga berhasil memberikan yang terbaik bagi konsumen yang mempercayai untuk memesan di tempat anda.

3. Jual Lebih Dari Satu Jenis Makanan

Jika anda memang berniat untuk mengembangkan usaha bisnis makanan ini, maka anda bisa menyediakan lebih dari satu jualan. Dengan demikian konsumen bisa memilih untuk membeli lebih dari satu produk ditambah dengan satu produk dengan jenis yang lain. Alasan mengapa anda disarankan untuk menjual lebih dari satu produk adalah karena produk yang anda jual nantinya bisa membuat penasaran pembeli atau konsumen untuk membeli produk lainnya atau setidaknya membeli produk yang sama pada anda.

Jangan sia-siakan hal ini, anda juga bisa memanfaatkan promosi untuk pembelian beberapa jenis produk makanan dalam bentuk paket penjualan. Promosi tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja melainkan juga anda berorientasi bagaimana agar nama bisnis online makanan anda dapat semakin dikenali oleh konsumen atau mayarakat.

4. Manfaatkan Media Sosial

Selanjutnya sebagai tips yang perlu anda coba adalah dengan menjalankan tips berupa memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media promosi bisnis online makanan anda. Generasi masa kini cenderung menghabiskan waktunya di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

Baca Juga :  Item Bisnis Dropship Paling Banyak Diminati

Upaya untuk memaksimalkan media sosial ini terbilang cukup sulit karena menambah pegawai bisa saja kini kurang maksimal dalam memanfaatkan media sosial. Maka tidak heran jika tidak sedikit yang pada akhirnya menggunakan akun media sosialnya sendiri agar postingan atau gambar yang dimanfaatkan sebagai promosi. Memang menggunakan akun media sosial pribadi akan lebih ringkas atau bahkan lebih cepat dalam promosi. Hanya saja anda juga perlu memperhatikan bahwa media sosial milikmu digunakan untuk promosi sehingga kamu juga harus lebih menjaga sikap di media sosial sebagai penjual yang menjaga profesionalismenya

5. Merk dan Logo

Mungkin tips ini dilupakan di awal namun tips ini akan mendapatkan fokus yang tidak jauh berbeda dalam kenyataannya. Alasan mengapa merk dan logo ini dianggap penting adalah karena inilah yang nantinya akan diingat oleh konsumen atau pihak yang membeli nantinya. Dengan demikian, pihak pembeli akan masuk ke dalam memasukkannya dalam daftar belanja anda nantinya.

Sebagai tips dalam menemukan merk atau logo dari bisnis online makanan anda, anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Nama penjual, semisal Bakso Pak Murti, Pisang goreng mas Afra dan lainnya
  2. Bahan produk, semisal Pisang Goreng Skripsi
  3. Sebutan Khusus yang Unik, seperti Pisang Menjulang, Pisang Nugget special combo, dll

Meskipun terdengar unik dan lucu, namun sebenarnya ada tujuan dari penamaan tersebut yakni tidak lain dan tidak bukan adalah agar konsumen atau juga pembeli dapat selalu mengingat produk anda terlebih toko anda yang menjual produk lainnya yang semoga juga dilirik oleh pengunjung.

6. Layanan Khusus

Bagi anda yang menjual produk atau memiliki bisnis online makanan basah seperti contohnya siomay, bolu atau makanan lainnya, anda juga bisa menawarkan produk makanan anda tersebut hanya untuk jarak tertentu saja dari rumah anda. Memang pasar yang anda jual tidak terlalu jauh, anda bisa mengantarkannya sendiri ataupun memanfaatkan aplikasi ojek online untuk mengantar pesanan ke pemesan.

Baca Juga :  Tips Memilih Bisnis MLM Yang Tepat Dan Cara Kerja Bisnis MLM

Karena biayanya nantinya akan lebih besar, maka tidak ada salahnya jika anda juga menawarkan promosi untuk pembelian beberapa produk sekaligus dengan potongan biaya pengiriman. Bagaimana? Apakah anda berpikir bahwa bisnis online makanan ini cukup menarik untuk dicoba? Sediakan juga paket partai besar agar anda dapat meningkatkan toko online anda yang mungkin bisa dikembangkan sebagai katering.

Itulah beberapa pembahasan mengenai bisnis online makanan yang bisa anda baca tipsnya. Memang bisnis makanan selalu dapat diandalkan namun anda juga perlu memahami resiko bahwa makanan tertentu memiliki masa kadaluarsa yang cepat. Oleh karena itulah anda perlu memahami tips yang sudah dikumpulkan di atas agar anda dapat mendapatkan manfaat dari bisnis anda tersebut.

Semoga artikel mengenai bisnis online makanan ini dapat bermanfaat untuk anda dan pengembangan bisnis atau peluang usaha anda ke depannya. Jangan pernah berhenti untuk belajar dan berusaha hingga kesuksesan bisa anda dapatkan. Semoga sukses selalu, tetap berusaha.