4 Pilihan Bisnis Online Shop Tanpa Modal

0
66
Close-up Of A Female Designer Working On Multiple Computer At Workplace

Bisnis online di zaman sekarang ini menjadi bisnis yang paling diminati oleh masyarakat. Hanya bermodalkan sebuah smartphone, jaringan internet dan juga tentunya rekening bank kita bisa membuka toko online kita sendiri. Namun tak semua bisnis online tersebut tidak membutuhkan modal alias juga membutuhkan dana awal. Nah berikut ini ada 4 pilihan peluang untuk bisnis online shop tanpa modal yang bisa anda coba.

1. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah salah satu bisnis online shop tanpa modal yang paling diminati sampai sekarang. Alasannya tentu saja karena bisnis online ini tidak membutuhkan modal kecuali perangkat yang memang dibutuhkan saat proses promosi dan juga transaksi. Selain itu pula, sistem bisnis dengan model dropship ini masih memiliki pasar yang luas terutama karena semakin berkembangnya teknologi dan semakin luasnya jaringan internet ke pelosok daerah yang juga semakin membuka pasar.

Namun, apabila anda ingin memilih bisnis online shop tanpa modal dengan sistem dropship ini, ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan yakni sebagai berikut:

1. Memilih Produk Yang Tepat

Hal pertama yang perlu anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini adalah dengan memiliih produk atau jasa yang tepat. Apa yang dimaksud dengan tepat adalah bahwa produk atau jasa yang dipilih setidaknya memang masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat atau dalam hal ini masih memiliki pasar dengan demikian masa depan bisnis anda.

Yang kedua adalah produk yang anda pilih tersebut setidaknya bukan hal yang baru untuk anda. Atau setidaknya anda sudah memiliki pengetahuan tentang produk tersebut. Alasannya adalah sistem dropship juga online shop lainnya tidak memungkinkan anda untuk menjelaskan banyak hal kepada pembeli. Terlebih apabila anda sama sekali tidak memahami produk yang anda jual tersebut sehingga akan semakin mempersulit anda nantinya.

Baca Juga :  Mengenal Bisnis Agen Kuota Yang Sangat Menguntungkan

2. Memilih Supplier Yang Tepat

Setelah memilih produk yang tepat unik anda jual dalam bisnis online shop tanpa modal anda melalui dropship, selanjutnya anda harus memilih supplier atau penyetok barang. Bagaimana kita harus memilh supplier yang tepat? Hal pertama adalah pada harga. Sebisa mungkin kita mencari produk dengan harga yang terendah namun tetap memiliki kualitas yang baik. Alasannya adalah agar apa yang kita jual nantinya memiliki daya saing yang baik di pasaran. Terutama masalah harga yang mana tentunya kita memiliki margin keuntungan yang cukup sehingga kita dapat mengembangkan usaha kita kedepannya.

3. Promosi Di Segala Lini

Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan untuk bisnis online shop tanpa modal adalah promosi. Ya, promosi adalah kunci dari setiap usaha baik offline maupun online. Hanya saja apabila anda memilih sistem dropship ini, anda harus all out dalam hal promosi. Anda bisa memanfaatkan media sosial, toko online seperti e commerce atau media lainnya. Dengan mengupayakan promosi.

2. Menjual Desain

Bisnis online shop tanpa modal yang bisa anda pilih selanjutnya adalah dengan menjual jasa menggambar atau desain. Jasa menggambar ini cukup digemari di masayrakat. Umumnya jasa desain ini dijual seperti untuk hadiah pernikahan, wisuda dan beberapa tujuan lainnya. Namun, sayangnya bisnis online shop tanpa modal ini membutuhkan keahlian khusus yakni memiliki jiwa seni.

Namun, jangan khawatir jika anda berminat untuk bisnis online shop tanpa modal ini juga bisa dilakukan tanpa anda harus memiliki jiwa seni. Anda bisa melihat tutorial di YouTube untuk desain mulai dari sketsa secara manual dengan menggunakan pensil dan pensil warna maupun dengan menggunakan desain computer. Tentunya anda yang dapat memilih mana yang cocok untuk anda.

Baca Juga :  5 Bisnis Online Tanpa Modal Namun Menjanjikan

3. Jual Barang Bekas

Yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu bisnis online shop tanpa modal yang bisa anda jadikan modal untuk usaha anda selanjutnya. Ya, barang bekas menjadi salah satu komoditas yang bisa anda andalkan sebagai pencarian modal. Anda cukup mencari barang bekas dalam kediaman anda. Nah barang barang tersebut bisa anda jual dengan harga sesuai pasar kemudian tentu saja menggunakan keuntungan dasar tersebut untuk membuka peluang usaha sambilan atau bahkan memiliki bisnis ini sebagai usaha anda yang pertama.

4. Konten Kreatif

Selanjutnya yang bisa anda jual atau bisa anda jadikan sebagai salah satu bisnis online shop tanpa modal adalah dengan menjual atau menulis sebuah konten kreatif. Apa itu konten kreatif? Sangat banyak, mulai dari desain itu sendiri, artikel yang bertujuan untuk digunakan dalam mengisi air lebih banyak dan lain sebagainya.

Hanya saja untuk bisnis online shop tanpa modal ini, anda perlu mengetahui apa yang calon konsumen atau customer butuhkan. Misalnya membutuhkan artikel untuk mengisi blog, membutuhkan desain website dan lainnya. Sedangkan untuk kliennya sendiri, anda bisa mengetik berbagai tips sesuai dengan pesanan yang diminta oleh customer.

Itulah ke 4 bisnis online shop tanpa modal yang bisa anda pilih sebagai salah satu peluang untuk membuka usaha dan juga untuk menjadi usaha sampingan untuk anda. Namun, ada juga yang perlu anda perhatikan ketika anda memilih untuk membuka bisnis online shop yang tidak menggunakan modal.

Hal hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Promosi

Baik dengan modal maupun tanpa modal, promosi adalah faktor penting suatu usaha tak terkecuali usaha online. Dengan memanfaatkan berbagai macam media seperti media social, e commerce, toko online, aplikasi chat dan lainnya anda dapat terhubung dengan konsumen atau customer meskipun berada dalam jarak yang jauh.

Baca Juga :  Pemasaran Langsung Adalah Pemasaran Yang Menguntungkan, Ini Ulasannya

2. Membangun Brand

Selain promosi, hal menunjang lainnya yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana anda membangun brand anda. Hal ini seringkali dihubungkan dengan promosi, namun hal itu tidak salah. Hanya saja keduanya memiliki ranahnya masing masing. Brand juga akan membantu promosi karena akan mempermudah customer atau konsumen untuk terhubung pada anda. Apalagi jika brand anda tersebut sudah terhubung dengan promosi melalui media social, toko online.

Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang berusaha mencari peluang untuk usaha sendiri namun terkendala dengan modal. Meskipun memang bisnis online shop tanpa modal ini tak sepenuhnya tanpa modal, karena anda juga harus memiliki perangkat komunikasi internet agar dapat online baik menggunakan smartphone maupun laptop dan juga tablet serta tidak ketinggalan juga anda membutuhkan jaringan internet agar anda dapat menjalankan usaha anda ini secara online.

Maka tidak heran jika bisnis online ini sekarang tidak hanya untuk warga kota saja melainkan juga untuk warga daerah. Apalagi ditembah persebaran perusahaan pengantar barang yang semakin tersebar sehingga membuat pengiriman barang semakin mudah. Yang untung dalam hal ini tentu saja adalah selain para pelaku usaha namun juga konsumen.