9 Tips Cara Bisnis Online Yang Jitu

0
60
Man hand writing Helpful Tips on visual screen. Business,help, internet, technology concept.

Bisnis jaman sekarang mau tidak mau harus melibatkan internet. Alasannya pembeli tidak ingin repot harus ke toko dan menginginkan kemudahan dari penjual. Oleh karena itulah, anda yang menginginkan bisnis anda maju haruslah memberanikan diri untuk terjun ke dunia bisnis online. Nah berikut ini ada 5 tips cara bisnis online yang jitu yang bisa anda baca dan semoga menjadi masukan bagi anda yang ingin membuka bisnis online atau membuka versi online dari bisnis anda. Apa sajakah tipsnya? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Nama Mudah Diingat

Sama halnya dengan membuat brand atau merk suatu produk, pastikan anda juga membuat nama toko online anda yang mudah diingat. Akan lebih baik lagi jika nama tersebut juga menarik dan juga memiliki sedikit hubungan dengan produk yang anda jual. Seperti contohnya adalah SweetBaby Shop yang menjual berbagai produk peralatan bayi.

Nama ini penting karena anda juga bisa membuka toko online ini di berbagai media sosial dan juga di berbagai e commerce. Dijamin, cara bisnis online berupa nama yang mudah diingat ini akan menjadi salah satu nilai plus bagi usaha anda.

2. Foto Produk Yang Menarik

Meskipun anda hanya perlu menampilkan foto di media sosial atau e commerce, namun bukan berarti anda bisa memasang foto seadanya. Ingat, pembeli juga menilai produk anda dari fotonya. Oleh karena itu sebagai salah satu cara bisnis online yang jitu, pastikan jika produk anda telah difoto dengan jelas, lengkap berbagai arah dan jangan lupa memberikan watermark agar foto anda tersebut tidak dicuri.

Cara ini diyakini akan membuat calon pembeli melakukan pertimbangan pada produk anda. Anda juga pastinya akan melakukan hal yang sama bukan ketika akan membeli di toko online.

Baca Juga :  5 Tips Memilih Bisnis Online Terpecaya Bagi Pemula

3. Deskripsi Jelas

Selain nama toko yang mudah diingat dan foto produk yang menarik, sebagai salah satu cara bisnis online selanjutnya adalah jangan lupa memberikan deskripsi jelas mengenai produk anda termasuk dengan bagaimana pembeli dapat melakukan pemesanan. Gunakan bahasa yang singkat, jelas dan padat. Apabila mungkin atau punya ruang cukup, anda juga bisa menyertakan Q and A atau daftar pertanyaan yang sering ditanyakan seputar produk anda.

Hal ini akan membantu anda yang mana setiap pembeli pastik akan menanyakan sesuatu pada anda, Dengan deskripsi yang baik, maka pembeli dapat memahami produknya tanpa harus bertanya banyak pada anda dan waktu anda untuk menjawab pertanyaan tersebut pun juga takkan banyak membuang waktu.

4. Rekening Bank

Selain di e commerce, anda juga mungkin menjual produk anda di media sosial. Pembayaran dari pembelian produk anda tersebut akan ditransfer ke rekening anda, berbeda dengan anda yang bila menitipkan jualannya pada e commerce. Oleh karena itulah, ada baiknya jika anda menyiapkan setidaknya dua rekening dari bank yang berbeda. Hal ini dikarenakan pembeli yang memiliki bank yang berbeda sehingga anda juga harus menyiapkan kemungkinan tersebut.

Meskipun ini adalah hal yang sepele, namun hal ini akan jelas menambah tingkat kepercayaan pembeli pada layanan toko anda. pastikan juga anda memiliki dukungan untuk mobile banking atau internet banking. Fungsinya tidak lain dan tidak bukan adalah selain lebih mudah anda juga tidak akan kerepotan mencatat setiap transaksi masuk atau keluar.

5. Manfaatkan Lebih Dari Satu Media

Selanjutnya yang juga menjadi salah satu cara bisnis oline shop yang mana anda harus kuasai yakni dengan memanfaatkan lebih daru satu media e commerce. Terlihat merepotkan? Iya, namun dengan demikian sasaran atau pasar untuk produk anda nantinya akan semakin luas dan semakin banyak menjangkau calon konsumen lainnya.

Baca Juga :  Tips Bisnis Untuk Pemula di Internet

Jangan lupakan juga untuk menawarkan produk anda di media sosial seperti Instagram yang saat ini sangat digandrungi, facebook dan juga beberapa media sosial lainnya. jika anda belum terbiasa, maka anda bisa belajar secara manual atau otodidak dari sumber internet lainnya.

6. Sabar

Selanjutnya yang menjadi cara bisnis online shop adalah anda harus bersabar. Dalam berjualan anda diwajibkan untuk melayani calon pembeli anda dengan sabar. Meskipun mungkin anda akan menemukan calon pembeli yang menyebalkan dengan segala karakteristik yang unik sehingga harus membuat anda mengelus dada.

Nah, selain kesabaran dalam melayani pembeli, anda juga perlu bersabat karena meskipun ini sudah berformat digital, anda tetap membutuhkan waktu bagi pembeli untuk memilih. Oleh karena itulah, kesabaran adalah kunci untuk bisnis online shop anda.

7. Abadikan Testimoni

Ya, testimoni atau rating dari pembeli terhadap penjual adalah harta karun. Pasalnya dengan dengan testimoni dari satu pembeli saja dapat memberikan pengaruh bagi calon pembeli lainnya untuk percaya dengan produk yang anda jual. Disinilah seni atau cara bisnis online shop yang membuat toko anda nantinya akan semakin ramai dengan pembeli.

Selain itu, untuk testimoni yang kurang baik atau review negatif, ada hal yang perlu ditanggapi dan juga yang tidak perlu anda tanggapi. Hal yang perlu ditanggapi adalah apabila hal tersebut disampaikan dengan cara yang sopan dan memang ada masalah dari produk anda. namun berbeda dengan testimoni dengan bahasa yang kasar atau kurang sopan yang mungkin bisa anda ingatkan atau tidak perlu ditanggapi.

8. Kreatif dan Percaya Diri

Ya, selain tujuh poin diatas, ada cara bisnis online shop yang harus anda harus membuang ego malu anda karena ada juga kemungkinan anda harus mencari cara agar produk anda dikenal atau yang sering disebut sebagai promosi kreatif. Jadi anda tidak hanya sekedar membuka akun baru di Instagram dan posting, anda juga anda harus memperhatikan agar toko online anda tadi memiliki minat banyak orang.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Terbaik Untuk Pelajar

9. Survey Harga

Yang terakhir ini memang lebih sulit pertimbangannya karena persaingan akan sangat ketat dalam hal ini yakni dalam memasang tarif atau harga dari produk yang dijual. Pastikan produk yang anda jual memiliki harga yang memiliki persaingan baik. Jangan terlalu mahal diantara harga pasaran karena produk anda jelas takkan menarik disini. Sedangkan apabila produk anda merupakan produk dengan harga yang jauh dibawah pasaran maka produk anda bisa dianggap sebagai produk palsu atau tiruan. Oleh karena itulah penting untuk anda dalam melakukan survey harga sebelum memasang tarifnya.

Nah itulah ke sembilan cara bisnis online shop yang harus anda kuasai dan juga wajib anda kuasai. Alasannya adalah bisnis online memiliki banyak sekali dan juga sangat ketat. Oleh karna itulah, apabila online shop anda tidak menarik baik dalam segi harga, deskripsi, dan juga produknya maka dijamin produk anda dapat bersaing dengan sehat. Semoga tips ini dapat membantu anda dalam memperbaiki toko online anda.