Bisnis Kecil Kecilan Sederhana Untuk Ibu Rumah Tangga Terkini

0
725

Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah pilihan yang mulia. Dengan menjadi ibu rumah tangga, suami dan juga anak akan mendapatkan waktu lebih banyak terutama anak yang dapat tumbuh kembang bersama dengan sang ibunya. Namun di tengah ekonomi yang terkadang tidak stabil dan juga harga barang yang bisa kapan saja naik tentunya seorang ibu rumah tangga juga perlu mengatur strategi yang dapat meringankan beban suami. Salah satu strategi yang bisa dicoba adalah dengan membuka bisnis kecil-kecilan yang tidak akan mengganggu aktifitas ibu rumah tangga dalam merawat keluarga. Lalu apa sajakah rekomendasi untuk usaha kecil-kecilan tersebut? Berikut ulasannya untuk anda yang membutuhkan informasi tersebut.

1. Membuka Toko Kelontong

Bisnis kecil-kecilan sederhana untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba adalah dengan membuka toko kelontong di depan rumah. Modalnya terbilang sedang, anda hanya perlu membelanjakan modal untuk barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari saja. Sedangkan jika jumlah pelanggan anda diperkirakan meningkat, anda bisa menambahkan ke kebutuhan seperti sembako.

Usaha toko kelontong ini bisa dilakukan di rumah, dan akan sangat cocok dan strategis apabila kediaman anda berada di area perumahan dimana akses menuju ke minimarket atau warung penyedia kebutuhan sehari-hari cukup jauh. Yang kedua adalah apabila kediaman anda berada di sekitar kos-kosan baik mahasiswa maupun karyawan karena baik mahasiswa maupun karyawan merupakan pasar yang tepat bagi warung kelontong anda.

Bisnis kecil-kecilan ini juga minim kerugian karena apabila produk yang anda jual tidak laku, anda bisa menggunakannya untuk konsumsi keluarga. Dengan demikian apa yang anda bisniskan sudah terjamin takkan mengalami kerugian yang berarti.

2. Jual Pulsa Telepon, Listrik dan juga Kuota

Kebutuhan akan pulsa telepon dan kuota juga menjadi kebutuhan primer saat ini selain juga kebutuhan akan pulsa listrik. Ketiganya bisa anda jual dengan modal yang cukup terjangkau dan keuntungannya pun meskipun kecil namun dalam jangka waktu tertentu bisa memberikan hal yang positif bagi perekonomian keluarga.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Paling Cepat Untung

Anda hanya perlu mencari agen yang dapat diandalkan sebagai sumber penjualan pulsa baik internet maupun pulsa telepon. Sedangkan untuk penjualan pulsa listrik, anda bisa mengandalkan uang digital karena berbagai bonus yang menanti dari hasil penjualan pulsa listrik tersebut.

Sebagai salah satu strategi, anda bisa mengkombinasikan toko kelontong di poin pertama dengan bisnis kecil-kecilan penjualan pulsa telepon, listrik dan juga kuota. Dengan demikian toko atau warung kelontong anda semakin ramai dan semakin lengkap untuk dijadikan sebagai toko yang menjual kebutuhan sehari-hari.

3. Membuka Warung Makan Sederhana

Masih menyangkut lokasi kediaman anda yang mana mungkin berada di daerah kos-kosan baik untuk karyawan, pelajar maupun mahasiswa. Dengan membuka warung sederhana anda dapat menawarkan harga yang berbeda dengan warung yang lainnya sehingga untuk warung sederhana ini, persaingan dapat diadu.

Alasan lainnya adalah karena dengan membuka warung sederhana di kediaman anda, anda bisa menghemat untuk biaya sewa tempat. Usaha ini juga memiliki nilai resiko yang rendah. Karena sekali lagi apabila produk sudah tidak laku terjual anda sekeluarga dapat mengkonsumsinya sendiri.

Strategi lainnya yang bisa anda gunakan lainnya adalah dengan membuka layanan pesan antar untuk makan siang. Anda cukup menyediakan nomor whatsapp atau nomor telepon yang dapat dihubungi. Tentunya harga yang dijual bisa menjadi lebih mahal dan ini bisa menjadi kelebihan dari produk anda dibandingkan dengan warung lainnya.

4. Berjualan MPASI

Selanjutnya untuk bisnis kecil-kecilan ada dengan berjualan MPASI. Ya, makanan pengganti ASI ini mulai menjadi trend karena memasak bahan makanan sederhana, mudah dan juga harga jualnya yang lebih tinggi. Apalagi jika anda juga memberikan layanan pesan antar yang bisa anda berikan seperti warung makan sederhana di nomor 3.

Baca Juga :  8 Bisnis Menjanjikan Untuk Cewek

Mengapa berjualan MPASI ini bisa menjadi referensi untuk peluang usaha anda adalah karena tidak sedikit orang tua yang sibuk untuk pekerjaannya sehingga tidak sempat untuk membuat makanan untuk bayi mereka atau MPASI. Kunci dari bisnis ini adalah kepercayaan. Apabila anda dapat mendapatkan kepercayaan konsumen untuk pelayanan dan juga untuk produknya sendiri dimana produk anda steril, enak dan juga memiliki bahan baku bergizi.

5. Menjual Kue

Jika bisnis katering terlalu besar untuk seorang ibu rumah tangga, maka berjualan kue bisa menjadi pilihan bisnis kecil-kecilan yang tepat untuk anda. Namun bukan berarti kue yang dijual tidak dapat menyasar harga menengah keatas. Anda bisa membuka pesanan untuk pembuatan kue ulang tahun atau bahkan kue kering.

Apabila anda tidak sedang menerima pesanan, anda bisa membuat kue kering dan menitipkannya pada toko-toko tertentu. Bisnis kecil-kecilan dengan berjualan kue kering ini memiliki momen-momen dimana permintaan meningkat yakni saat hari raya. Tentunya ini dapat menjadi tambahan untuk uang hari raya bersama keluarga seperti untuk membeli baju baru.

6. Menjadi Dropshipper

Bisnis kecil-kecilan selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi untuk ibu rumah tangga adalah dengan menjadi dropshipper. Mengapa bisnis ini menjanjikan untuk seorang ibu rumah tangga? Alasan yang pertama adalah minim modal seperti hanya membutuhkan smartphone dan juga kuota saja. Alasan yang kedua adalah tentu saja anda bisa melakukan usaha kecil-kecilan ini dari rumah.

Bisnis dropshipper memang menjadi sangat menjanjikan setelah internet tumbuh semakin pesat di Indonesia. Hampir segala sesuatunya dapat dijual di internet dan yang terpenting apabila anda ingin memilih usaha dropshipper ini adalah anda harus mencari suplier yang tepat untuk menjadi pihak penjual barang anda.

Baca Juga :  Kriteria Dan Jenis Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Yang Cocok Dijalani

Pihak suplier ini semestinya mampu memberikan harga yang dekat dengan harga pabrik, memiliki banyak pilihan serta mampu mengirim produk dengan kualitas terbaik karena jual beli melalui online sangat jarang diketahui apakah ada cacat produk atau kerusakan lainnya. Jangan sampai produk yang anda jual tersebut mengecewakan pembeli atau konsumen karena dijamin konsumen anda takkan lagi kembali untuk kedua kalinya.

7. Menjadi Reseller Produk

Selain menjadi dropshipper, apabila anda memiliki banyak komunitas di kediaman anda maka bisnis yang paling tepat untuk anda lakukan adalah dengan menjadi reseller produk. Alasannya adalah dengan bisnis kecil-kecilan ini anda dapat langsung menawarkan pada konsumen secara langsung. Berbeda dengan dropshipper yang harus promosi setiap waktu.

Beberapa produk yang bisa dipilih untuk kalangan ibu rumah tangga adalah seperti:

  • Peralatan masak
  • Make up
  • Busana muslim
  • Busana anak
  • Sepatu
  • Tas
  • Aksesoris

Itulah beberapa bisnis kecil kecilan yang bisa anda jadikan referensi sebagai peluang usaha ibu rumah tangga. Tentunya harapannya adalah agar bisa mendapatkan pendapatan tambahan namun tetap dapat memberikan perhatian pada keluarga secara penuh.