7 Tips Memulai Bisnis Online Dropship

0
40

Salah satu bisnis yang banyak dipilih oleh mereka yang ingin membuka peluang usaha adalah dengan berjualan online. Salah satu jenis dari jualan online tersebut adalah dengan sistem dropship. Bagi anda yang berkeinginan untuk memulai bisnis online dropship, berikut ini ada 7 tips yang bisa anda jadikan masukan sebelum memulai bisnis anda. Namun, sebelum anda memulai membaca ke 7 tips tersebut, sebelumnya kita pahami dulu apa kekurangan dan kelebihan dari bisnis online berjenis dropship ini.

Kelebihan Bisnis Online Dropship

1. Minim Modal

Jenis bisnis ini memiliki sangat sedikit modal. yang tentunya perlu anda butuhkan tentu saja hanyalah sebatas smartphone, komputer atau laptop sebagai tambahan, rekening bank dengan layanan internet banking atau m banking untuk mempermudah transaksi dan yang terakhir tentu saja adalah kuota atau jaringan internet yang terpecaya.

2. Mudah

Kelebihan dari bisnis dropship ini adalah mudah karena anda tidak akan melakukan pengiriman barang, anda hanya perlu melakukan pemesanan sesuai yang dipesan oleh konsumer, memotong biaya untuk keuntungan anda dan beberapa lainnya.

2. Keuntungan Lebih Besar

Salah satu keuntungan dari bisnis online dropshiper adalah anda bisa mengambil margin keuntungan yang lebih besar. alasannya? Karena anda mengambil barangnya dari supplier sehingga umumnya harganya jauh lebih murah daripada harga toko.

3. Mampu Dikembangkan

Ya, salah satu keuntungan dari bisnis online dropshiper adalah anda dapat mengembangkan bisnis ini tanpa batas. Yang terpenting adalah anda tetap fokus, belajar, dan memperhatikan apa yang perlu dipahami lebih lanjut.

Kekurangan Bisnis Online Shop

1. Persaingan Ketat

Sama seperti dengan bisnis dagang lainnya yang dilakukan secara online, anda akan bersaing dengan banyak orang yang memiliki produk yang sama dan juga terkadang memiliki harga yang berbeda.

Baca Juga :  8 Bisnis Menjanjikan Untuk Cewek

2. Pendapat Konsumen Masa Depan Toko Anda

Yang satu ini bisa berbahaya apabila anda tidak memahami sistem dropship. Dalam sistem ini anda sebagai dropshipper takkan atau bahkan tidak tahu mengenai produk yang dikirimkan oleh supplier. Oleh karena itulah, masa depan toko anda bergantung akan review dari konsumen.

3. Usaha Keras Promosi

Meskipun bisnis online dropship ini murah karena memotong jalur antara ke supplier ke konsumen. Hanya saja, anda perlu mendapatkan supplier dengan harga yang terendah sehingga nantinya di pasaran anda akan dapat bersaing dengan harga yang ditawarkan oleh penjual lainnya. selain itu, usaha untuk mempromosikan usaha anda juga harus terus digalakkan agar iklan anda terbuka.

Usaha keras promosi tersebut juga dikarenakan karena konsumen tidak dapat melihat atau menyentuh produk anda. calon konsumen hanya dapat melihatnya pada gambar yang tentu saja terbatas pemahamannya. Oleh karena itulah nantinya anda akan banyak menjelaskan mengenai produk anda tersebut.

Lalu apa sajakah tips bisnis online dropshiper tersebut? Berikut ulasannya untuk anda yang semoga dapat membantu anda memberikan masukan dalam membangun usaha anda.

1. Pilih Produk Yang Tepat

Yang pertama dari tips bisnis online dropshiper adalah anda harus mencari dan juga memilih produk yang tepat untuk anda jadikan peluang usaha. Jangan sampai anda memilih produk yang jauh dari keinginan konsumen saat ini. mudahnya anda bisa melakukan survey kecil-kecilan terhadap rekan anda atau keluarga anda. dengan demikian anda bisa memilih produk yang sesuai untuk peluang usaha anda.

Mulailah dengan satu produk dulu saat memulai bisnis anda dan apabilaanda telah mengalami kemajuan pesat dalam bisnis anda, maka anda bisa menambahkan jenis produk atau dagangan lainnya.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Paling Cepat Untung

2. Pahami Produk Tersebut

Tips bisnis online dropshiper yang ketiga adalah anda harus memahami produk yang akan anda jual. Alasannya? Karena anda akan melakukan promosi produk tersebut, calon konsumen juga tidak sedikit yang akan bertanya. Apabila pengetahuan atau pemahaman anda terhadap produk anda tersebut kurang maka konsumen bisa meragukan anda dan membatalkan niatnya untuk membeli produk anda. akan ada baiknya juga bila anda memahami baik kekurangan maupun kelebihan dari produk yang akan anda jual.

3. Cari Suplier Yang Tepat

Tips ketiga bisnis online dropshiper adalah anda harus menemukan atau mencari suplier yang tepat. yang dimaksud tepat disini adalah anda harus menemukan suplier pada tingkatan produsen atau satu tingkat diatasnya. Alasannya karena dengan mendapatkan suplier yang tepat, maka harga yang akan diberikan pada anda akan jauh dari harga pasar. Namun berbeda jika anda memilih suplier yang sudah jauh dari produsen maka harga yang akan anda dapatkan pun akan mahal dan sulit bersaing.

Setelah menemukan suplier yang tepat, pesanlah barang tersebut untuk anda. setelah sampai, diskusikan dengan rekan atau keluarga mengenai produk tersebut. Hal ini penting untuk anda memenuhi tips kedua diatas sehingga anda dapat melakukan promosi lebih baik dan juga dapat menjelaskan produk dengan lebih baik. Alasannya tentu ada pada kekurangan dari poin ketiga dimana karena konsumen terbatas dalam melihat produk yang anda jual seperti tas atau barang lainnya.

4. Pahami Harga Pasar

Meskipun anda berhasil untuk menemukan suplier yang tepat dan juga harga yang murah, anda juga sebaiknya untuk menentukan harga yang sesuai dengan kondisi tertentu. Jangan sampai anda menjual produk overpriced hanya karena mencari keuntungan yang besar tanpa mempertimbangkan alasan lain. jangan sampai selisih keuntungan yang besar sehingga dapat berakitan seperti membuat toko online. Anda juga bisa menggunakan harga pasar dan juga harga jual produk anda sebagai salah satu promosi yang menarik untuk calon konsumen.

Baca Juga :  Pengertian, Manfaat Dan Faktor Pendorong Pemasaran Global

5. Jalin Komunikasi Yang Baik dengan Supplier

Hal ini penting, pasalnya salah satu keutamaan bisnis adalah adanya komunikasi yang baik antara karyawan maupun pihak dropshiper dengan pihak suplier. Anda juga bisa membertiakan pelayanan yang baik. Bukan tidak mungkin di waktu khusus anda akan mengalami tekanan dalam pesanan yang berjumlah banyak dan suplier tidak memberikan respon terhadap perminataan anda. pastikan anda mengkomunikasikan hal tersebut karena baik dropshiper maupun pihak suplier saling bergantung satu sama lainnya.

6. Promosi Cerdas dan Cermat

Terakhir, dengan bantuan aplikasi kekinian, sudah pasti tidak asing dimana penggunaan media sosial sebagai pasar promosi. Namun juga sudah anda perlu untuk memanfaatkan situs e commerce yang terpercaya. Dan sebagai penutup, gunakan promosi yang menarik agar produk anda lebih dilirik oleh konsumen. Semisal, anda menjual dua produk dengan potongan biaya kirim atau potongan harga lainnya.

Itulah beberapa ulasan mengenai bisnis online dropshiper mulai dari apa kekurangannya, kelebihannya dan juga beberapa tips untuk anda yang memang berniat untuk membuka peluang usaha sebagai dropshipper. Apapun usaha anda, selama anda tidak melakukan hal yang dilarang, maka anda melakukan hal yang tepat. semoga anda sekalian selalu sukses.