Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online Tanpa Modal Ini Harus Dipahami

0
101
Bisnis Online Tanpa Modal

Saat memulai suatu bisnis hal utama yang dipikirkan adalah modal. Terkadang modal dijadikan alasan untuk mengurungkan niat menjalankan bisnis. Namun saat ini sudah tersedia bisnis online tanpa modal yang bisa dicoba. Tetapi tentunya dalam sebuah bisnis akan ada kelebihan dan kekurangannya. Sama halnya dalam berbisnis online tanpa modal ini.

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal

Dalam berbisnis online ada cara yang harus dilakukan agar dapat dilakukan tanpa modal. Jika yang pernah membeli barang secara online pasti tidak asing dengan kata dropshipper. Bisnis online tanpa modal ini menjadi pilihan calon pebisnis. Karena tidak perlu modal untuk menyetok barang dagangan.

Dengan menjadi dropshipper dapat memperoleh penghasilan hanya dengan memasarkan suatu produk tanpa takut merugi. Karena dropshipper hanya bertugas mempromosikan barang melalui foto ataupun vidio dari supplier. Karena itu haruslah memperhatikan apakah barang yang di jual memiliki kualitas baik sehingga tidak akan mendapatkan kritik dari konsumen.

Kelebihan Bisnis Online Tanpa Modal

Sama halnya dengan bisnis pada umumnya yang memiliki kelebihan, bisnis online tanpa modal juga memiliki beberapa kelebihan. Hal ini yang membuat banyak orang ingin menjalankan bisnis online karena selain bermodal kecil atau bahkan tidak bermodal, bisnis online juga mampu meraup keuntungan. Berikut kelebihan bisnis online tanpa modal yang wajib diketahui:

1. Bisnis Online Modal Kecil Bahkan Tanpa modal

Bisnis online tanpa modal sudah terkenal, percaya atau tidak itulah faktanya karena memiliki kelebihan yang sangat menonjol. Jika harus mengeluarkan modal pun, relatif lebih kecil dibandingkan bisnis pada umumnya. Karena bisnis online tidak perlu menyewa tempat usaha, bahkan ada yang tidak perlu menyetok produk. Modal yang dibutuhkan hanyalah paket internet dan smartphone.

Namun walaupun bermodal minim, keuntungan tetaplah besar dan sekmentasi pasarnya jauh lebih luas. Karena sudah kita tahu bahwa lapisan masyarakat saat ini tidak lepas dari yang namanya smartphone dan juga dunia maya.

Baca Juga :  8 Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

2. Dapat Dikerjakan Kapan Saja Dan Dimana Saja

Keuntungan bisnis online tanpa modal berikutnya adalah dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja. Maka dari itu, bisnis online banyak dijadikan bisnis sampingan para ibu rumah tangga, pegawai kantor, mahasiswa bahkan siswa. Karena menjalankan bisnis online tidak akan mengganggu kegiatan sehari-hari, bahkan bisa dilakukan beriringan dengan pekerjaan lain.

Bisnis online tidak terbatas oleh waktu dan tempat, bahkan bisa dilakukan saat bepergian asalkan memiliki koneksi internet dan sinyal di smartphone. Mahasiswa pun tidak perlu takut kuliah terganggu, karena bisnis online bisa dilakukan sambil kuliah. Bahkan mahasiswa mala memiliki peluang konsumen lebih besar, yaitu teman kampus dan juga dosen.

3. Dapat Dijangkau Banyak Orang

Hal yang paling menonjol pada kelebihan bisnis online tanpa modal adalah dapat dijangkau banyak orang. Hal ini sangatlah membantu dalam menjalankan sebuah bisnis. Karenanya rasa ingin agar usaha diketahui banyak orang yang nantinya akan menjadi konsumen akan mudah tercapai dalam bisnis online.

Karena bisnis online berbasis internet, sehingga dalam memasarkan produknya sangat luas, yaitu kepada orang lain dimanapun berada. Tanpa batas wilayah, selama wilayah tersebut terjangkau oleh koneksi internet. Contoh mudahnya saat berbisnis di Indonesia, produk bahkan dapat dipasarkan hingga ke luar negeri.

4. Dapat Dikerjakan Siapapun

Selain dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja, kelebihan bisnis online tanpa modal berikutnya adalah dapat dikerjakan siapapun. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa pebisnis bisa dari kalangan ibu rumah tangga, pegawai kantor, mahasiswa bahkan siswa sekolah. Karena bisnis online berbeda dengan dunia kerja pada umumnya yang membutuhkan surat-surat akreditasi serta surat keterangan lainnya.

Untuk membuka usaha bisnis online hal tersebut tidaklah dibutuhkan sama sekali. Bahkan orang yang tidak memiliki pengalaman kerja pun bahkan tidak bersertifikat sekalipun peluang sukses tetaplah terbuka lebar.

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Laundry Dan Rincian Modal Yang Wajib Diketahui

5. Model Bisnisnya Banyak

Bisnis online memiliki banyak sekali model usahanya. Hal ini merupakan kelebihan dari bisnis online tanpa modal yang membuat banyak orang berminat berbisnis. Karena dapat menghasilkan keuntungan hanya dengan media maya, mulai dari blog, media sosial, marketplace dan masih banyak lagi. Salah satunya yang cukup populer dijadikan media promosi dalam bisnis online adalah instagram.

6. Proses Transaksi Cepat

Faktor penting yang membuat konsumen senam dan terus berlangganan adalah transaksi yang cepat. Kelebihan bisnis online tanpa modal berikutnya adalah proses transaksi cepat. Para pengusaha telah paham mengenai kelebihan bisnis online ini, karenanya semakin banyak setiap harinya yang memilih berbisnis secara online.

Baik dalam bergabung bisnis online dan melaksanakan jual beli, tergolong prosesnya cepat. Tidak bertele-tele karena sudah tersedia banyak pilihan jasa kurir dan cara pembayaran, baik menggunakan kartu kredit dan debit ataupun melalui minimarket.

Kekurangan Bisnis Online Tanpa Modal

Sesuatu hal tentunya akan imbang jika ada kelebihan dan kekurangannya. Sama halnya dengan bisnis online tanpa modal selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan ini harus mampu ditimbang agar terminimalisir bahkan tidak berdampak buruk. Berikut kekurangan bisnis online tanpa modal yang wajib dipahami:

1. Persaingan Pasar Cukup Ketat

Karena memiliki banyak kelebihan tentunya hal tersebut berdampak kepada banyaknya calon pengusaha yang memilih menjalankan bisnis secara online. Hal inilah yang membuat kekurangan bisnis online tanpa modal menjadi semakin besar. Pesaingan pasar cukup ketat, karena internet mempertemukan banyak pesaing bisnis serupa dari belahan dunia.

2. Internet Belum Menyebar Secara Merata

Kekurangan bisnis online tanpa modal berikutnya adalah internet yang belum menyebar secara merata. Fakta bahwa masih banyak wilayah khususnya di Indonesia sendiri yang tidak terjangkau atau belum dijangkau oleh internet. Tetapi tentunya hal ini tidaklah terlalu berpengaruh jika pebisnis mampu mempromosikan dengan baik serta memfokuskan pada wilayah-wilayah yang lainnya.

Baca Juga :  Hal Mengenai Bisnis Internet Yang Wajib Diketahui Calon Pebisnis

3. Membutuhkan Pengetahuan Serta Skill

Memang bisnis online tidak memiliki batasan untuk yang mau menjalankan bisnisnya, baik mahasiswa dan lainnya. Namun semua itu haruslah tetap dilandasi akan pengetahuan dan skill. Sehingga bisnis akan berjalan lancar dalam jangka waktu yang lama. Sehingga pebisnis mampu meminimalisisir penipuan yang marah terjadi melalui dunia maya.

Pengetahuan dasar saja tidaklah cukup, walaupun sudah banyak informasi tersedia di Internet. Lakukanlah training ataupun workshop untuk belajar mengenai jenis bisnis online yang bisa dijalankan serta mengetahui pedoman berbisnis. Jangan harap jika tidak memiliki pengetahuan bisnis akan berjalan lancar.

4. Belum Ada Landasan Hukum Yang Kuat

Memang sudah tersedia undang-undang ITE yang bisa melindungi hak konsumen dan juga penjual bisnis online. Tetapi kekurangan bisnis online tanpa modal tetap sering terjadi karena maraknya penipuan serta cybercrime. Hal tersebut di Indonesia sendiri, belum ada landasan hukum yang mampu menjerat pelaku penipuan online secara tegas.

5. Penipuan Marak Terjadi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kekurangan bisnis online tanpa modal belum ada landasan hukum yang kuat, sehingga penipuan pun marak terjadi. Banyak hal yang menjebak pebisnis ataupun calon pembeli saat melakukan bisnis online. Sudah banyak kasus penipuan yang terjadi setiap tahunnya dalam bisnis online.

Itulah kelebihan dan kekurangan bisnis online tanpa modal yang harus dipahami. Dengan memahami semua ini akan mempermudah dalam menjalankan bisnis. Sehingga tentunya kerugian akan terminimalisir dan keuntungan akan terus meningkat. Tentunya jika menjalankannya dengan serius dan pantang menyerah.