Jenis Bisnis Online Via Hp Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

0
2042
Bisnis Online Via Hp

Kini teknologi hp atau smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Jika dimanfaatkan dengan benar mungkin bisa dijadikan alat untuk menghasilkan banyak keuntungan. Salah satunya untuk berbisnis online. Berikut keuntungan dan kekurangan serta jenis-jenis bisnis online via hp yang bisa diketahui:

Jenis-Jenis Bisnis Online Via Hp

Ada beberapa jenis bisnis online via hp atau smartphone yang bisa coba ditekuni. Beberapa mungkin memerlukan sejumlah modal, namun cukup memberikan kemudahan karena bisa dilakukan hanya menggunakan hp atau smartphone saja. Berikut jenis-jenis bisnis online via hp atau smartphone:

1. Trading Bitcoin

Jenis bisnis online via hp atau smartphone yang bisa coba dijalankan adalah trading bitcoin. Usaha ini memang membutuhkan lebih banyak dana sebagai modal. Selain hp atau smartphone, yang dibutuhkan untuk mencoba bisnis ini adalah akun, dan rekening bank dengan sejumlah saldo di dalamnya minimal 100 hingga 500 ribu sebagai modal awal.

Semakin besar modal yang dikeluarkan maka akan makin besar pula profit yang akan didapat. Bagi pemula memang sebaiknya menggunakan modal minimal saja untuk menghindarkan resiko kerugian yang besar. Pada intinya transaksi bitcoin ini adalah membeli dan menjual uang crypto seperti BTC, BCH dan lainnya untuk menghasilkan sejumlah profit.

2. Jual Followers

Di jaman sekarang, makin marak orang membutuhkan jumlah follower yang dijadikan untuk media promosi. Peluang bisnis ini bisa dilakukan hanya dengan menggunakan hp atau smartphone saja. Biasanya orang menawarkan followers lewat media sosial dapat dihargai dengan mahal.

Kini bahkan ada juga sebuah aplikasi yang dapat menambah jumlah followers secara otomatis. Aplikasi tersebut sudah dapat diunduh melalui smartphone saja.

3. Bisnis Barang Bekas

Memiliki begitu banyak barang bekas namun masih terlihat bagus juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Misalnya baju atau sepatu yang masih layak pakai. Menjual barang-barang bekas cukup menjadi trend saat ini.

Tidak perlu repot membuka lapak di sebuah tempat, cukup melalui hp atau smartphone barang bekas layak pakai dapat laku untuk dijual. Caranya dengan memanfaatkan media social atau e commerce untuk pemasaran. Bahkan kini bisa dicoba dengan membeli barang orang lain lalu tawarkan pada pembeli dengan harga lebih tinggi pastinya.

Baca Juga :  Langkah Memulai Bisnis Travel

4. Konsultasi Online

Salah satu jenis bisnis online via hp atau smartphone adalah mendirikan jasa konsultasi online. Manfaat konsultasi yang dilakukan secara online ini tentu akan lebih efisien dalam tenaga dan juga waktu. Konsultasi online ini bisa dilakukan melalui video call dari smartphone atau melalui media social seperti facebook.

Ada banyak jenis konsultasi yang dapat diberikan secara online. Sesuaikan dengan minat dan keahlian yang dimiliki. Misalnya ahli dalam bidang penjualan, maka bisa memberikan konsultasi untuk para pelaku usaha pemula yang ingin jualannya lebih laku.

5. Game Online

Untuk yang gemar bermain game, kini bisa juga dijadikan lahan untuk berbisnis dan mampu menghasilkan uang. Tidak semua game harus dimainkan melalui komputer. Banyak juga yang bisa dimainkan melalui hp atau smartphone. Misalnya seperti Mobile Legend, Vainglory dan lain sebagainya.

Coba untuk memilih salah satu game yang paling diminati atau paling ahli untuk dimainkan. Selalu asah kemampuan atau skill pada permainan tersebut agar mudah menang kemudian semakin mendapat lebih banyak uang. Dengan begitu, tidak hanya sekedar mendapat kesenangan bermain game saja namun bisa mendapat pundi-pundi penghasilan.

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online Via Hp

Zaman sekarang, adanya teknologi hp android yang dapat terkoneksi langsung dengan internet, membuat pengusaha lebih senang menjalankan bisnis melalui media tersebut. Namun berbisnis model begini tidak lantas hanya memberikan sejumlah kelebihan saja namun juga kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan berbisnis online via hp/smartphone:

A. Kelebihan Bisnis Online Via Hp

Sejumlah kelebihan berbisnis online via hp/smartphone memberikan manfaat lebih bagi pebisnis. Kelebihan tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebisnis untuk mulai beralih menggunakan sistem online via hp/smartphone ketimbang offline. Berikut kelebihan bisnis online via hp atau smartphone:

Baca Juga :  Beberapa Bisnis Yang Menguntungkan Serta Tips Dalam Memulai Bisnis

1. Pemasaran Lebih Meluas

Hp atau smartphone di masa kini telah terkoneksi dengan jaringan internet yang mampu terhubung ke seluruh dunia. Salah satu aspek yang penting dalam berbisnis adalah pemasaran produk dan jasa. Bisnis via hp atau smartphone bisa menjadi andalan dan daya tarik karena memiliki kelebihan dapat melakukan pemasaran produk secara cepat dan luas.

2. Dapat Dijadikan Usaha Sampingan

Salah satu keuntungan dari bisnis online via hp adalah bisa dijadikan usaha sampingan. Tidak seperti berbisnis secara offline yang harus mengarahkan waktu dan tenaga secara optimal. Hanya melalui hp atau smartphone, bisnis sudah bisa dijalankan bahkan sambil melakukan pekerjaan lain misalnya seorang karyawan perusahaan.

Dengan begitu, selain mendapat gaji bulanan dari perusahaan, tetap juga bisa meraup keuntungan dari bisnis online via hp yang digeluti. Banyak jenis bisnis online dari hp yang dapat dijalankan oleh karyawan misalnya mendirikan kursus online, reseller dan lainnya.

3. Flexibel Dan Mudah

Bisnis online yang dijalankan lewat hp atau smartphone sangat mudah dan flexibel. Mudah dalam hal penyebaran informasi misalnya untuk pemasaran produk. Hp yang kini sudah dapat terkoneksi dengan internet mampu menyebarkan informasi produk dengan cepat dan mudah misalnya melalui social media . Biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

Bisnis via hp juga flexibel, artinya mampu dijalankan dimanapun dan kapanpun. Tidak terbatas waktu atau tempat sama sekali. Tidak seperti berbisnis offline seperti membuka toko yang terdapat jam buka tutup kios. Bisnis online via smartphone/hp tidak terikat waktu.

B. Kekurangan Bisnis Online Via Hp

Selain kelebihan pasti terdapat juga beberapa kekurangan berbisnis melalui hp atau smartphone. Beberapa mungkin menjadi penyebab orang masih memilih berbisnis offline karena kekurangan ini. Berikut apa saja kekurangan berbisnis online via smartphone/hp:

Baca Juga :  Bisnis Online Tanpa Modal Dan Terpercaya Dengan Ikuti Program Afiliasi

1. Konektivitas

Kekurangan yang pertama mungkin masalah konektivitas. Seperti yang diketahui bahwa hp android atau smartphone perlu konektivitas yang stabil untuk sinyal maupun jaringan internet. Keduanya sangat berpengaruh terhadap kinerja komunikasi antar pebisnis dengan konsumen.

Misalnya kendala sinyal ketika calon konsumen mencoba menghubungi penjual. Kemungkinan calon konsumen akan lari pada pesaing ketika mereka tidak juga mendapat respon dari penjual. Bisa juga misalnya koneksi internet yang buruk, menghalangi pesanan pelanggan via online. Hal tersebut tentu bisa berdampak buruk untuk kelangsungan bisnis yang dibuat.

2. Persaingan Cukup Ketat

Dalam dunia bisnis memang tidak bisa lepas dari persaingan. Apalagi sudah semakin banyak orang yang mulai melirik untuk mencoba bisnis ini. Jika bisnis offline atau berjualan di toko misalnya pesaing hanya bekisar seputaran area lokasi saja. Jika berbisnis via smartphone/hp hal ini sangat berbeda.

Karena smartphone telah terkoneksi internet, maka pesaing bisnis akan semakin luas juga. Tidak hanya sekitar area berjualan seperti berjualan di toko offline, namun bisa seluruh dunia.

3. Rentan Penipuan

Berbisnis online melalui hp/smartphone juga lebih sulit menemukan pelanggan karena kebanyakan konsumen takut ditipu. Apalagi berbisnis model ini, pembeli tidak bisa melihat secara langsung bentuk fisik barang yang ditawarkan. Ketakutan seperti barang yang tidak dikirim dan sebagainya kadang cukup mampu membuat konsumen takut untuk mencoba bertransaksi.

Untuk mensiasatinya, pebisnis harus pintar-pintar untuk meyakinkan calon pembeli. Seperti kepastian produk akan benar-benar dikirim, jaminan barang adalah asli dan lain sebagainya.

Itulah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan serta jenis bisnis online via hp atau smartphone. Semua model bisnis memang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal bagaimana caranya pengusaha mampu menjalankan bisnis tersebut. Namun, poin pentingnya sekarang, hp atau smartphone tidak hanya bisa digunakan komunikasi saja namun bisa untuk berbisnis juga.