Macam-Macam Usaha Kecil Rumahan Yang Menggiurkan Dan Keuntungan Menjalankannya

0
389
usaha kecil

Mau melakukan usaha tapi bingung? Tidak mempunyai toko/ store untuk memulai usaha? Jangan bingung, ada beberapa usaha kecil yang dapat dilakukan di dalam rumah. Rumah yang menjadi tempat tinggal juga bisa dijadikan ladang untuk membangun usaha. Dengan menggunakan rumah sebagai tempat usaha, berarti sudah meminimalisir modal awal dalam membuka usaha.

Biasanya usaha rumahan ini dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan setelah bekerja. Namun kebanyakan usaha ini digeluti oleh ibu rumah tangga yang suka berbisnis dan mau mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha rumahan mudah untuk dilakukan, tidak mempunyai tekanan serta kita bisa melakukannya dengan santai. Berikut informasi mengenai usaha kecil rumahan yang menggiurkan dan keuntungan menjalankannya.

Macam-Macam Usaha Kecil Rumahan Yang Menggiurkan

Ada beberapa usaha kecil rumahan yang dapat digeluti sebagai bisnis. Usaha-usaha rumahan tersebut tentunya  menggiurkan serta membawa keuntungan yang cukup besar. Dalam melakukan usaha rumahan tidak memerlukan modal yang besar di awal, karena pada dasarnya sudah mempunyai rumah sebagai tempat memulai usaha. Berikut beberapa macam usaha kecil rumahan yang menggiurkan:

1. Usaha Laundry

Usaha laundry merupakan usaha kecil rumahan yang tidak pernah mati. Mengapa? Karena hampir semua orang membutuhkan jasa laundry dalam mencuci pakaian serta peralatan-peralatan tertentu. Seseorang bisa memulai usaha ini dari rumah sendiri. Usaha laundry ini juga bisa dilakukan tanpa modal. Untuk memulainya bisa menggunakan benda-benda yang ada di rumah.

Yang dibutuhkan dalam usaha ini adalah mesin cuci, deterjen serta pewangi pakaian. Untuk menambah keuntungan,  bisa juga menggabungkan jasa laundry dengan jasa setrika baju. Dengan menggabungkan 2 jasa ini, bisnis  akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Lakukan usaha ini secara konsisten serta tawarkan ke orang terdekat, serta promosikan di sosial media.

Baca Juga :  Contoh Dan Tips Menjalankan Bisnis Online Sampingan

2. Usaha Catering

Bagi ibu-ibu yang suka memasak dan mempunyai masakan yang enak dapat menggeluti usaha rumahan seperti catering. Catering adalah usaha rumahan yang selalu diminati. Mengapa? Karena selama masih ada event, hajatan dsb kan membuat orang mencari jasa catering. Untuk menggeluti bisnis ini, buatlah masakan yang berbeda , khas serta enak.

Dengan mempunyai perbedaan perbedaan masakan dan rasa yang enak akan membuat orang-orang tertarik untuk memesan catering makanan ini. Lakukan usaha kecil rumahan ini secara konsisten, baik dari segi kualitas dan kuantitas. Lakukan promosi dengan menawarkan jasa catering kepada orang terdekat dsb. Selain itu jangan lupa melakukan promosi di sosial media.

3. Usaha Toko Kelontongan

Bagi seseorang yang suka berjualan dan mempunyai ramah tamah yang baik, bisa membuka usaha kecil rumahan seperti toko kelontongan. Toko kelontongan meupakan bisnis rumahan yang tidak pernah mati dan mempunyai keuntungan yang menggiurkan.  Mengapa? Karena toko kelontongan selalu menjadi pilihan para tetangga serta usaha ini selalu mendapatkan penghasilan setiap hari.

Gunakan sebagian dari rumah untuk dijadikan toko atau warung kelontongan. Lengkapi barang-barang yang akan dijual. Seperti bahan pangan beras, gula, kopi, teh, makanan ringan dsb. Dalam menggeluti usaha ini, jangan mematok harga yang terlalu mahal dengan harga pasaran. Mengapa? Hal ini bertujuan agar toko kelontongan  ini menjadi pilihan para tetangga.

4. Usaha Salon

Siapa yang bilang bahwa usaha salon tidak bisa dilakukan di rumah? Usaha salon merupakan usaha kecil yang dapat dilakukan di rumah. Selain meminimalisir modal awal, usaha ini juga akan membawa keuntungan. Bagi seseorang yang mempunyai kemampuan dalam tata rias rambut dapat menggeluti usaha ini. Gunakan kemampuan memotong rambut yang bagus serta up to date.

Baca Juga :  Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk Peluang Usaha Franchise

Mengapa? Hal ini akan membuat salon ini menjadi pilihan para tetangga dan sekitarnya. Untuk menambah keuntungan bisnis,  bisa juga membuka jasa salon beserta jasa tata rias/ makeup. Dengan adanya 2 jasa ini akan membuat bisnis mendapatkan keuntungan yang bagus. Jangan lupa untuk melakukan promosi di sosial media dan kepada tetangga.

5. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan merupakan usaha kecil rumahan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang diperlukan hanyalah membuat kerajinan tangan yang bagus, unik dan berbeda dari yang lain. Usaha kerajinan tangan sangat beragam. Dimulai dari bahan daur ulang maupun bahan tertentu. Kita bisa membuat bunga beserta dari sedotan, dari rotan dsb.

Setelah kerajinan tangan yang dibuat telah selesai, langkah selanjutnya adalah menjualnya. Tawarkan kerajinan tangan ini kepada teman, tetangga serta kerabat terdekat. Selain itu, lakukan berbagai promosi di sosial media dengan memfoto hasil kerajinan tangan tersebut. Jual kerajinan tangan tersebut dengan harga yang sesuai agar bisa menggugah minat beli para pembeli.

Keuntungan Menjalankan Usaha Kecil Rumahan

Setelah mengetahui berbagai macam usaha kecil rumahan yang bisa geluti serta menggiurkan. Langkah selanjutnya harus mengetahui keuntungan yang diperoleh dalam melakukan bisnis rumahan ini. Bisnis rumahan ini mempunyai beberapa keuntungan, yang pastinya akan membuat diri semakin mantap dan konsisten dalam menggelutinya. Berikut keuntungan menjalankan usaha kecil rumahan :

1. Tidak Memerlukan Toko

Namanya juga usaha kecil rumahan, dipastikan bahwa usaha ini tidak memerlukan toko untuk melakukan usaha. Dari dalam rumah bisa membangun usaha kecil rumahan. Usaha ini dapat membantu menambah penghasilan keluarga. Selain itu usaha rumahan juga dijadikan pekerjaan sampingan dan bisa dilakukan dengan santai tanpa tekanan dan perintah dari atasan.

Baca Juga :  Pentingnya Mengatur Strategi Dan Cara Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien

2. Tidak Memerlukan Modal Besar

Usaha rumahan yang digeluti ternyata tidak memerlukan modal yang besar. Dalam artian memerlukan modal namun tidak dalam jumlah besar. Mengapa? Karena dasarnya tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk menyewa  toko setiap bulan atau tahun. Dengan adanya hal ini,maka akan membuat budget usaha tersimpan dan bisa dialihkan untuk modal usaha lainnya.

3. Menambah Penghasilan

Para pekerja kantoran yang mempunyai usaha kecil rumahan pastinya bisa menambah penghasilan. Dengan adanya penghasilan tambahan akan membuat seseorang bisa menabung untuk masa depan dan keperluan sekarang. Selain usaha ini mudah dilakukan, usaha ini juga mempunyai keuntungan yang bisa dikatakan cukup baik. Oleh karena itu, lakukan usaha ini secara konsisten.

4. Mempunyai Peminat Yang Banyak

Apabila seseorang melakukan usaha kecil rumahan ini dengan konsisten, jangan takut untuk bangkrut. Mengapa? Usaha kecil rumahan ini selalu mempunyai peminat yang banyak. Banyak tetangga dan orang terdekat yang membutuhkan usaha rumahan seperti ini. Oleh karena itu untuk menjaga peminat tersebut maka konsistenlah dalam mematok harga dan jangan terlalu mahal.

5. Bisa Bebas & Santai

Dalam melakukan usaha kecil rumahan tidak perlu takut terhadap tekanan. Mengapa? Karena usaha ini milik diri sendiri, maka bisa dengan bebas dan santai dalam melakukannya. Selain itu akan ada waktu untuk keluarga. Oleh karena itu, usaha rumahan  selalu menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga yang mau berbisnis.

Nah, itulah informasi mengenai usaha kecil rumahan yang menggiurkan. Ada banyak usaha kecil yang dapat dilakukan rumah. Selain mudah untuk dilakukan, usaha ini juga memberikan beberapa keuntungan bagi pemiliknya. Intinya dalam melakukan usaha kecil rumahan ini yaitu tetap konsisten dan bersabar sehingga dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.