Peluang Usaha Minuman, Bisnis Strategis dengan Keuntungan yang Manis 

0
179

Saat ini peluang usaha minuman adalah peluang yang paling menjanjikan jika anda ingi menjadi seorang pengusaha. Bahkan bisa dibilang peluang usaha minuman adalah usaha yang sangat menggiurkan, karena mempunyai keuntungan yang berlipat. Bisa dibayangkan, modal yang dikeluarkan untuk memulai membuka peluang usaha minuman juga terbilang cukup murah.

Berikut beberapa peluang usaha yang bisa anda coba:

1. Usaha Kopi kekinian

Tak bisa dipungkiri, budaya ngopi adalah budaya dari orang Indonesia bahkan budaya seluruh orang di dunia yang dilakukan sehari-hari. Dengan mengopi seseorang bisa melepas rasa penat dan menghilangkan kebosanan, bahkan ngopi bisa memunculkan inspirasi seseorang. Jika anda membuka usaha kopi kekinian, mungkin anda bisa memulai dengan membuka outlet yang cukup representatif, mencari lokasi yang tepat dan menyediakan sajian kopi yang khas.

Biasanya, untuk kopi kekinian pengusaha cenderung memilih kopi lokal, karena kopi lokal memiliki kekhasan tersendiri. Selain itu, untuk usaha kopi kekinian, anda cukup membuka outlet kecil, dan menyediakan cup plastik yang bisa mudah dibawa kemana mana. Kopi kekinian biasanya identik dengan kopi susu, yang dominan sekali dengan rasa susunya.

Namun tenang saja, biasanya penjual kopi kekinian lebih cepat balik modal, karena harga yang dipatok untuk satu cup kopi bisa mencapai harga Rp 30.000. Mungkin itu menjadi peluang anda, agar mencari range harga yang lebih murah, dengan kualitas yang hampir sama, bisa dipastikan dagangan anda akan lebih dicari oleh pelanggan.

2. Usaha Minuman Yang Sedang Viral

Peluang usaha minuman yang lain anda bisa mencoba dengan membuka usaha minuman yang saat itu sedang viral. Seperti contohnya minuman mangga, es kepal milo, es campur pelangi dan lain sebagainya. Biasanya, pelaku usaha minuman yang sedang viral akan lebih mundah menarik pelanggan, karena pelanggan cenderung menyukai hal-hal yang viral dan unik serta menarik. Namun, kelemahan dari menjual minuman yang sedang viral adalah mudah dilupakan oleh pelanggan. Karena biasanya minuman viral hanya laku pada saat minuman itu sedang viral saja.

Baca Juga :  Bisnis Untuk Mahasiswa Terbaru 2019

Ketika sudah tidak viral atau bukan musimnya, minuman itu dilupakan begitu saja, dan pelanggan akan mecoba mencari minuman yang lebih menggugah selera mereka. Melihat hal tersebut, anda bisa mengakalinya dengan melihat potensi musiman dari minuman viral anda. Jika sudah mulai dilupakan anda bisa langsung mencari alternatif lain yang memungkinkan.

3. Usaha Air Depo Isi Ulang

Peluang usaha minuman ini terbilang cukup menjanjikan dan lebih aman untuk dilakukan. Hal tersebut karena pelaku usaha hanya mencari tempat usaha, mesin depo minuman, dan pernak-pernik pendukungnya. Untuk lebih menarik para pelanggan, anda bisa mencoba untuk memberikan promo kepada para pelanggan anda, seperti memberikan gratis isi ulang, atau bahkan hadiah yang cukup menarik lainnya.

Coba kita hitung, untuk range harga mesin depo air isi ulang, biasanya dalam range harga sekitar Rp 10 juta hingga Rp 30 juta tergantung fasilitas yang ditawarkan. Selain itu, anda juga harus menyiapkan lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh banyak orang.

Biasanya target market dari usaha depo isi ulang adalah masyarakat yang sudah tidak menggunakan air rebusan sebagai sumber air minum yang utama.selain itu air isi ulang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan air bermerek seperti air kemasan. Namun jika memang anda memiliki modal yang cukup banyak, saat ini ada banyak sekali franchise depo air isi ulang yang bisa anda coba.

Harga untuk depo air minuman yang franchise lebih mahal berkali lipat. Satu diantaranya range haga yang ditawarkan berkisar dari Rp 100 juta hingga Rp 300 juta. Tapi untuk air minum isi ulang yang franchise biasanya anda hanya tinggal menikmati hasilnya, tergantung bagaiman strategi penawaran dan promo dari anda.

Baca Juga :  Mau Usaha tapi Modal Sedikit? Mungkin Peluang Usaha Kecil Ini Cocok untukmu

4. Usaha Minuman Tradisional

Minuman tradisional biasanya identik dengan hal yang kuno, namun beda halnya jika anda mampu menyulap minuman tersebut menjadi hal yang kekinian. Biasanya, minuman tradisional yang dikemas dengan kemasan yang bagus, orang-orang akan cenderung tertarik dengan packaging yang anda tawarkan. Anda bisa menjual minuman tradisional seperti sinom, beras kencur, angsle, ronde dan lain sejenisnya.

5. Peluang Usaha Membuka Warung Kopi

Jika budget anda terbatas, anda bisa mencoba membuka usah a warung kopi, karena warung kopi cukup dicari oleh pelanggan karena khas dengan harga yang murah. Untuk warung kopi sendiri, pemilihan tempat adalah yang utama, selain itu pelayanan yang akrab dengan pelanggan bisa menjadi nilai plus anda untuk bisa menarik pelanggan. Hal yang bisa diperhatikan lagi selain lokasi adalah fasilitas yang ditawarkan. Saat ini jamak ditemui warung kopi yang terdapat fasilitas wifi dan colokan untuk charger.

Kedua fasilitas tersebut sangat memungkinkan untuk anda bisa menarik pelanggan ke tempat warkop anda. Biasanya warkop juga menyediakan kudapan dan jajanan seperti gorengan dan nasi bungkus. Untuk kedua makanan tersebut, di awal mula anda usaha, anda bisa bekerjasama dengan orang yang bisa membuatkan gorengan atau nasi bungkus.

Harga yang murah juga menjadi jaminan untuk anda agar warkop anda bisa terus laris. Yang perlu diperhatikan, warung kopi yang mengutamakan harga murah serta fasilitas seadanya, diusahakan jangan ada jukir yang menarik retribusi parkir, justru hal itu yang bisa menghambat pelanggan untuk terus ke warkop anda.

Pelanggan biasanya cenderung akan mempertimbangkan warung kopi yang terdapat juru parkir atau tidak, selain itu mereka juga mempertimbangakan harga parkir yang akan mereka keluarkan untuk tukang parkir tersebut.

Baca Juga :  Ingin Kerja Di Rumah? Kamu Bisa Coba Peluang Usaha Online Ini

6. Peluang Usaha Cafe Tematik

Cafe tematik merupakan peluang usaha minuman yang bisa anda coba. Namun untuk membuka usaha cafe tematik membutuhkan banyak persiapan dan tentunya modal yang cukup menguras kantong. Hal yang perlu anda siapkan antara lain desain cafe yang akan anda terapkan, penempatan lokasi cafe, dan juga ide-ide yang akan anda terapkan untuk menunjang fasilitas dari cafe tersebut.

Selain itu, menu-menu minuman dan makanan juga harus anda perhitungkan agar sesuai dengan tema yang anda usung. Salah satu contoh cafe yang mengusung cafe tematik adalah cafe yang bernuansa anime Jepang. Dari situ bisa dipastikan target market dari cafe tersebut adalah mereka yang menyukai film kartun dari negeri sakura tersebut.

Dari segi konsep, desain cafe mereka tentu saja akan dipenuhi oleh berbagai hiasan khas manga jepang, serta bisa juga lagu pengiring yang disajikan juga ala anime jepang. Terlepas dari ide-ide tadi, untuk membuat sebuah cafe tematik dibutuhkan modal yang cukup untuk menunjang konsep yang anda usung itu. Namun itu kembali lagi pada tema yang anda usung, mau yang simple atau yang penuh dengan segala hal yang berhubungan tema anda.

Kembali lagi, usaha cafe tematik menjadi pertimbangan untuk anda yang sudah memiliki pengalaman usaha, karena butuh perhitungan yang sangat matang, serta modal yang tidak murah.