Cara Membuka Dan Ide Bisnis Kecil Kecilan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

0
126
bisnis kecil kecilan

Memiliki sebuah bisnis adalah permulaan yang sangat baik untuk merdeka dalam hal finansial. Tidak peduli meskipun hanya bisnis kecil kecilan, akan lebih baik memulai bisnis kecil-kecilan dibandingkan tidak memulai sama sekali. Banyak yang memulai dunia bisnis secara kecil-kecilan dikarenakan modal yang dibutuhkan pun tidak besar, sehingga siapa pun bisa melakukannya.

Meskipun hanya kecil-kecilan, bisnis tetaplah bisnis yang harus dimulai dengan benar agar bisa mencapai target yang diinginkan. Lakukan perhitungan dengan benar saat akan memulai bisnis kecil kecilan agar bisa menjadi bisnis yang besar di kemudian hari. Bagaimana sebenarnya cara memulai bisnis secara kecil-kecilan? Ini ulasannya.

Cara Memulai Bisnis Kecil Kecilan

Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan perhitungan yang matang. Tapi bagaimana pun segera memulai bisnis adalah hal terbaik dibandingkan hanya menghitung peluang tanpa disertai action. Di bawah ini adalah cara memulai bisnis secara kecil-kecilan:

  • Riset ide bisnis. Umumnya pelaku bisnis kecil-kecilan memiliki ide namun tidak melakukan riset pasar, sehingga bisnis tidak bertahan lama. Untuk menghindari hal tersebut maka sebaiknya melakukan riset terkait ide bisnis kecil kecilan yang akan dilakukan. Dengan begitu akan mengetahui cocokkah ide bisnis dan realita yang ada di masyarakat.
  • Buat rencana bisnis yang konkrit. Setelah melakukan riset pasar terkait bisnis apa yang akan dilakukan selanjutnya adalah membuat rencana konkrit bisnis tersebut. Dengan rencana konkrit maka akan lebih mudah menjalankan bisnis yang akan dimulai.
  • Menyusun rencana keuangan. Setelah rencana bisnis selesai dibuat maka berikutnya adalah menyusun rencana keuangan. Rencana keuangan erat hubungannya dengan perhitungan modal yang diperlukan untuk memulai bisnis dan menjalankannya.
  • Tentukan lokasi bisnis. Lokasi bisnis sangat penting dan mempengaruhi kesuksesan bisnis di masa yang akan datang. Pemilihan lokasi yang strategis tentu akan sangat menguntungkan bisnis kecil kecilan yang akan dimulai.
  • Promosikan bisnis. Setelah semua komponen yang dibutuhkan dalam bisnis siap, maka selanjutnya adalah mempromosikan bisnis agar bisnis dikenal. Jika bisnis yang baru dimulai dikenal maka akan lebih mudah mendapatkan konsumen.
Baca Juga :  6 Bisnis Online Terbaik Untuk Pelajar

Nah itulah cara atau langkah-langkah yang harus dilalui untuk membuka bisnis kecil kecilan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan mengikuti cara memulai bisnis secara kecil-kecilan di atas maka akan lebih mudah untuk segera mendapatkan kesuksesan. Lalu apa saja jenis bisnis kecil-kecilan yang bisa dilakukan? Berikut ini uraiannya.

Ide Bisnis Kecil Kecilan Dengan Modal Minim

Banyak jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh semua orang namun tentu saja harus memilih sesuai kemampuan. Bagi yang ingin memulai berbisnis keci kecilan namun buntu tidak memiliki ide, berikut ini ada beberapa ide bisnis kecil kecilan yang membutuhkan modal minim:

1. Konter Pulsa

Bisnis kecil-kecilan yang pertama adalah konter pulsa yang tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Mungkin dengan modal tidak lebih dari satu juta rupiah sudah bisa memulai bisnis yang satu ini. Bisnis konter pulsa bisa dilakukan di depan rumah tanpa menyewa kios untuk berjualan, asalkan rumah yang digunakan strategis.

Rumah yang strategi dan dilalui banyak orang berpeluang besar sukses menjalankan bisnis ini. Namun jika rumah berada di dalam gang sepi yang jarang dilalui orang banyak maka bisnis ini kurang cocok dilakukan di rumah.

2. Tempat Pembayaran Listrik, Air, BPJS

Saat ini semua bisa dilakukan secara online termasuk membayar listrik, air dan BPJS, namun sayangnya tidak semua mengerti caranya. Nah, ini bisa menjadi peluang usaha dengan membuka tempat pembayaran listrik, air dan BPJS di rumah.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha jasa pembayaran listrik, air dan BPJS tidak besar tergantung berapa jumlah tagihan yang dibayar. Uang yang digunakan untuk modal pun bisa segera balik karena pelanggan akan langsung membayar tagihan yang dibayarkan plus uang jasanya.

Baca Juga :  4 Pilihan Bisnis Online Shop Tanpa Modal

3. Bisnis Pangkas Rambut

Bisnis pangkas rambut kecil-kecilan bisa dilakukan di rumah bagi yang memiliki keahlian memotong rambut. Sebagai permulaan bisa menyediakan jasa potong rambut saja tanpa layanan stylish lainnya, untuk menghemat modal. Jika bisnis potong rambut sudah berjalan dan memiliki banyak pelanggan maka layanan bisa ditambah.

Modal jika melayani pangkas rambut saja mungkin tidak lebih dari 2 juta, karena hanya menyiapkan peralatan potong rambut, kursi, cermin. Dengan menyediakan itu saja sudah bisa membuka jasa potong rambut di rumah dan menerima pelanggan.

4. Warung Yang Menyediakan Sarapan

Sebuah bisnis kecil kecilan juga bisa digunakan dalam bidang makanan, yaitu dengan membuat warung yang menyediakan sarapan. Peluang bisnis warung sarapan ini cukup besar apalagi jika memiliki rumah di wilayah kampus atau perkantoran. Para siswa, mahasiswa dan pegawai kantor yang tidak sempat sarapan di rumah akan menjadi konsumen warung yang akan dibuka.

Hanya bermodalkan kemampuan untuk memasak, bahan makanan dan servis yang memuaskan pasti akan mendapatkan banyak pelanggan. Dengan demikian modal yang digunakan untuk membuka bisnis kecil-kecilan akan segera balik modal.

5. Pom Mini

Bensin adalah bahan bakar mesin yang paling banyak dibutuhkan, sehingga membuat pom bensin pertamina selalu penuh apalagi di jam-jam tertentu. Keadaan tersebut bisa menjadi satu peluang untuk membuka pom bensin mini di rumah untuk memecah antrian yang sering terjadi. Dengan adanya pom mini di area perumahan maka orang tidak perlu antri di pom bensin lama-lama cukup dengan membeli bensin di pom mini.

Membuka bisnis pom mini membutuhkan modal untuk pengadaan mesin pom mini, bensin untuk operator bisa dilakukan sendiri. Dengan menyiapkan modal itu saja sudah bisa memulai bisnis pom bensin mini di depan rumah, namun pastikan rumah berada di area yang strategis.

Baca Juga :  Alasan Memilih Bisnis Dengan Modal Kecil Serta Macam-Macamnya

6. Penitipan Motor Atau Mobil

Bisnis kecil-kecilan yang tidak membutuhkan banyak modal dan bisa dilakukan dirumah. Cukup menyiapkan halaman di depan rumah maka bisnis ini sudah bisa dijalankan. Namun memang tidak semua bisa melakukan bisnis ini karena syarat mutlaknya adalah harus memiliki halaman luas untuk penitipan motor atau mobil. Jika memiliki halaman luas di depan rumah, maka segera buka saja jasa penitipan motor atau mobil di rumah.

7. Pesanan Kue Untuk Snack

Ide selanjutnya untuk bisnis secara kecil-kecilan adalah bisnis pesanan kue untuk snack rapat atau keperluan lainnya. Jika memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam kue bisa memulai bisnis ini di rumah. Peluang bisnis ini cuku besar dan prospek untuk menjadi besar juga sangat terbuka hanya dibutuhkan promosi dan kemampuan membuat variasi snack.

Itulah beberapa ide bisnis kecil kecilan yang bisa dijalankan untuk sebuah kebebasan finansial tanpa perlu modal besar. Jangan sepelekan bisnis kecil-kecilan jika riset dan rencana tepat maka bukan tidak mungkin bisnis akan menjadi besar pada waktunya nanti. Saat itu pemilik bisnis tinggal memetik hasil buah kerja kerasnya merintis bisnis kecil kecilan yang telah dimulai.