Tetap Bisa Produktif Meskipun Di Rumah, Inilah Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga

0
1986
bisnis untuk ibu rumah tangga

Seorang wanita yang memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga adalah keputusan yang sangat mulia. Dimana dapat mendedikasikan seluruh waktu untuk keluarga. Namun akan lebih mulia bila seorang ibu rumah tangga dapat membantu perekonomian keluarga melalui bisnis online. Bisnis untuk ibu rumah tangga sangatlah beragam dan dapat dilakukan tanpa perlu keluar dari rumah.

Meskipun menjadi ibu rumah tangga tidak menghalangi untukĀ  bisa produktif mencari tambahan pemasukan. Berikut ini beberapa bisnis untuk ibu rumah tangga berbasis online yang dapat dilakukan :

Bisnis Penawaran Jasa

Pembagian secara besar dari sistem penjualan bisnis untuk ibu rumah tangga ada dua, yaitu menawarkan barang dan juga menawarkan jasa. Untuk penawaran jasa sendiri banyak macam jenis bisnis yang dapat ditekuni. Dengan mengetahui skill masing-masing maka akan dengan mudah mendapatkan bisnis yang sesuai dengan passion. Berikut adalah contoh bisnis penawaran jasa yang dapat dilakukan :

1. Laundry Online

Bisnis laundry mengalami banyak kemajuan dan semakin mendapatkan peluang yang besar di pasaran. Kebutuhan untuk mencuci menjadi semakin terbengkalai dengan kesibukan yang begitu padat. Oleh karena itu kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga produktif untuk menghasilkan banyak rupiah.

Memulai bisnis untuk ibu rumah tangga ini tidak sulit seperti memulai bisnis yang berbasis online lainnya. Perbedaan laundry online dan offline hanya terletak pada sistem transaksi yang dilakukan. Dengan modal operasional yang sudah dimiliki seperti mesin cuci, tempat jemuran, dan peralatan menyetrika bisnis ini menjadi sangat mudah untuk dimulai. Ketersediaan semua peralatan untuk menjalankan bisnis akan sangat memangkas biaya modal yang dibutuhkan.

Untuk pengoperasian sendiri diperlukan kurir barang mengambil dan mengantarkan kepada para pelanggan. Ini menjadi letak mendasar perbedaan antara bisnis laundry online dan offline. Dimana konsumen tidak perlu membawa pakaian kotor dan mengambil kembali setelah selesai di cuci dan di setrika. Namun untuk pengambilan dan pengantaran sudah diambil alih oleh pihak laundry menggunakan kurir.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Anda dengan Bisnis Online Terlaris Ini

Dengan hanya memanfaatkan media sosial yang dimiliki serta gadget, maka pemasaran bisnis ini dapat semakin berkembang. Sebagai bisnis online yang menjanjikan, promosi melalui media internet menjadi sarana yng sangat cukup untuk menjaring banyak pelanggan. Sosial media, blog pribadi, website dan memanfaatkan google ads adalah cara iklan paling efisien.

2. Persewaan Kamar

Kemudian untuk jenis bisnis di bidang penawaran jasa yang berikutnya adalah dengan menyewakan kamar. Bila terdapat kamar tidak terpakai atau ruangan kosong yang terbengkalai dalam rumah dapat disulap menjadi penginapan mungil namun nyaman.

Di jaman sekarang, dengan semakin semaraknya travel blogger yang melakukan berbagai perjalanan ke semua penjuru daerah menjadikan peluang bisnis ini sangat terbuka. Kebanyakan dari travel blogger hanya membutuhkan waktu menginap yang sebentar serta fasilitas kamar yang tidak mewah. Untuk menunjang pekerjaan mereka yang nomaden, dan harus meminimalkan pengeluaran.

3. Penitipan Hewan

Hewan peliharaan menjadi pusat perhatian dan curahan kasih sayang yang sangat besar. Bagi pemilik peliharaan melakukan apa saja akan dilakukan untuk dapat memastikan hewan yang disayangi akan aman dan terlindungi.

Ini menjadi peluang yang sangat bisa mendatangkan banyak uang untuk ibu rumah tangga. Membuka jasa penitipan hewan peliharaan musiman saat tiba waktu libur panjang salah satunya. BisnisĀ  untuk ibu rumah tangga ini sangat cocok untuk para ibu-ibu yang pecinta hewan. Sehingga merawat hewan peliharaan tidak dijadikan beban namun menjadi penyalur kegemaran.

Hari-hari menyenangkan bersama hewan yang lucu dan mendapat penghasilan tambahan. Tentu semua itu akan menambah indahnya moment liburan yang dijalani.

4. Menjual Jasa Katering Makanan

Menjadi ibu rumah tangga tentu tidak terlepas dari aktivitas memasak. Ternyata selain memenuhi kebutuhan sehari-hari seluruh anggota keluarga, memasak juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini terbilang cukup menjanjikan dan sekarang sedang menjadi tren. Jasa katering sangat dibutuhkan untuk acara-acara besar.

Baca Juga :  Macam-Macam Usaha Kecil Rumahan Yang Menggiurkan Dan Keuntungan Menjalankannya

Pendapatan dari bisnis ini pun tidak sedikit, bisnis yang menjadi sampingan ini bisa mengalahkan penghasilan utama keluarga. tidak perlu keluar rumah dan terikat dengan jadwal bekerja. Skill memasak dan keahlian promosi akan menjadikan bisnis ini berkembang semakin cepat.

Keuntungan memiliki bisnis untuk ibu rumah tangga ini ada banyak hal. Yang tentunya menambah pemasukan, namun ada banyak keuntungan lain yang didapatkan seperti ;

  • Semakin mengetahui tentang berbagai jenis masakan
  • Dapat Bekerja di rumah tanpa harus melalaikan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga
  • Memanfaatkan keahlian memasak untuk lingkungan yang lebih luas
  • Membantu memenuhi kebutuhan hidangan dalam jumlah besar, untuk banyak acara yang melibatkan banyak orang

Bisnis Penjualan

Disamping menawarkan bidang jasa, bisnis untuk ibu rumah tangga yang tak kalah menjanjikan adalah dalam bidang penjualan. Bisnis penjualan yang dapat dilakukan seperti ;

1. Menjual Barang Tidak Terpakai

Barang yang tidak terpakai, jangan dianggap sebagai barang tidak berguna dan harus dibuang. Bila keadaan barang masih bagus dan dapat digunakan, menjual kembali dapat dijadikan pilihan. Barang-barang seperti keperluan bayi dan mainan anak akan sangat sayang untuk di buang begitu saja.

Nilai jual dari barang-barang tersebut pun masih tinggi. Memanfaatkan internet untuk memasarkan barang-barang second yang masih layak pakai akan menjadi jalan dalam menambah penghasilan.

2. Memasarkan Produk Keterampilan Buatan Sendiri

Semua jenis kreatifitas dapat dijadikan bisnis untuk ibu rumah tangga. Keahlian apapun adalah pintu utama untuk mendapatkan penghasilan dengan besar yang tak terbatas. Berikut adalah beberapa jenis produk kreatifitas buatan sendiri yang dapat dijual ;

  • Olahan makanan
  • Keterampilan tangan untuk barang hiasan : Lukisan sulam, rajutan dan kain tenun
  • Baju yang di jahit sendiri
  • Keterampilan untuk barang pakai : menjahit bantal, menyulam keset dari kain perca
Baca Juga :  Ingin Kerja Di Rumah? Kamu Bisa Coba Peluang Usaha Online Ini

Dan masih banyak pengaplikasian untuk keterampilan yang dapat dibuat. Pemasaran pun dilakukan dengan posting di media sosial, website, blog pribadi atau dengan ikut di marketplace. Beberapa market place terkenal seperti shoope, lazada, blibli, dan toko bagus.

3. Mengikuti Program Jualan Online Dropshop

Adakah bisnis untuk ibu rumah tangga yang tanpa modal? Tentu ada, jualan tanpa modal yang dapat dilakukan ibu rumah tangga adalah dengan program dropshop. Dalam program ini, hanya bertugas untuk menjualkan barang miliki orang lain. Berikut adalah point penting mengenai dropshop ;

  • Memasarkan produk milik orang lain, sehingga tidak perlu mempunyai barang sendiri untuk di pasarkan.
  • Media promosi seperti gambar dan video sudah disediakan.
  • Penghasilan diperoleh dari banyaknya barang yang berhasil dijual. Komisi besar tentunya bisa didapatkan jika berhasil menjual dalam jumlah yang banyak.
  • Pengiriman ke alamat pembeli dapat dilakukan dengan mengatasnamakan toko online yang telah di bangun.

Sistem dropshop memberikan banyak keuntungan untuk pelakunya. Dengan mencari supllier pemasok barang yang cocok, maka bisnis ini sudah bisa dimulai kapan saja. Keahlian dalam mempromosikan menjadi senjata andalan untuk menjadi besar dalam bisnis dropshop.

Dalam menjalani bisnis untuk ibu rumah tangga berbasis online ini hanya membutuhkan ketelatenan. Dikarenakan semua fasilitas yang diharuskan sudah pasti telah tersedia. Seperti smartphone, koneksi internet, sosial media yang hampir semua ibu rumah tangga telah miliki. Maka, meskipun menjadi ibu rumah tangga, tetaplah produktif dan menghasilkan.