Ide Bisnis Dengan Modal Kecil

0
18
Blank notepad over laptop and coffee cup on office wooden table

Salah satu poin yang penting dalam memilih suatu bisnis adalah memilih bisnis dengan modal kecil. Alasannya adalah karena tidak semua orang memiliki modal yang cukup atau bahkan sebenarnya orang tersebut sudah memiliki pekerjaan utama dan ingin untuk mencari usaha sampingan yang tidak terlalu berat. Oleh karena itulah peluang usaha atau bisnis yang dicari tersebut tidak terlalu membutuhkan modal yang besar.

Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih bisnis dengan modal kecil. Karena meskipun modalnya kecil, anda juga bisa mengalami kerugian seperti kerugian waktu atau bahkan kerugian finansial secara terus menerus meskipun kecil. Apa sajakah yang perlu anda perhatikan, berikut ulasannya.

1. Pasar

Meskipun bermodal kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun, anda juga perlu memperhatikan pasar dari bisnis anda nantinya ini sebelum memilih bisnis yang sesuai dengan yang anda inginkan. Memperhatikan pasar dari bisnis anda juga berarti anda memilih target konsumen yang nantinya akan anda sasar untuk berbagai jenis promosi produk.

2. Media Promosi

Selain pasar yang perlu anda perhatikan dalam bisnis dengan modal kecil anda, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah media promosi yang akan anda gunakan. Memang tidak ada salahnya jika anda menggunakan media promosi yang gratis untuk promosi produk atau jasa anda, namun karena anda tidak terlalu mengeluarkan banyak dana untuk modal, maka tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sedikit lebih untuk promosi.

3. Produk

Selain memperhatikan pasar yang akan disasar oleh produk anda nantinya, bisnis dengan modal kecil pun perlu memilih produk yang memiliki daya jual atau dibutuhkan oleh konsumen. Akan sia-sia apabila anda menjual produk yang meski bermodal kecil namun tidak ada atau bahkan hanya memiliki penjualan yang kecil. Anda akan tetap akan merasakan rugi termasuk rugi waktu.

Baca Juga :  7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Kekinian Tanpa Modal

4. Manajemen

Selain poin pertama hingga ketiga, yang juga penting untuk bisnis anda baik yang merupakan bisnis dengan modal kecil ataupun besar sekalipun tetap membutuhkan manajemen yang baik pula. Akan sia-sia apabila anda tidak dapat mengatur manajemen keuangan bisnis anda. Anda tidak akan memahami apakah anda mengalami keuntungan atau bahkan kerugian.

Itulah beberapa hal yang mestinya anda perhatikan saat akan membuka bisnis terutama bisnis dengan modal kecil yang sudah pasti sangat populer. Lalu apa sajakah ide bisnis yang bisa anda coba. Berikut beberapa referensi yang bisa anda manfaatkan untuk usaha anda kedepannya nanti.

Ide Bisnis Modal Kecil

1. Dropshipper

Bisnis dengan modal kecil yang bisa menjadi referensi untuk anda adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Bisnis dropshipper ini sudah menjadi bisnis yang sangat populer. Namun, karena populer itulah berarti anda akan banyak memiliki pesaing sehingga anda perlu menerapkan strategi khusus dalam bisnis ini. Beberapa strategi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memilih Produk Yang Tepat

Memilih produk yang tepat untuk bisnis anda adalah dengan memilih produk atau jasa yang memang masih berpeluang untuk dijadikan bisnis dan juga masih memiliki pangsa pasar yang besar.

2. Memilih Supplier Yang Tepat

Setelah anda menentukan produk yang tepat untuk anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan supplier dari produk anda tersebut. Memilih supplier yang tepat juga berarti anda mendapatkan harga yang baik untuk anda jual kembali nanti. Hal inilah mengapa supplier ini penting untuk bisnis anda kelak.

2. Bisnis Jasa

Bisnis dengan modal kecil yang tentu saja dapat bertahan hingga saat ini adalah tidak lain tidak bukan bisnis jasa. Alasannya tentu saja karena jasa seringkali tidak membutuhkan modal berupa bahan dasar namun membutuhkan skill anda agar dapat menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual. Beberapa jasa yang bisa dijadikan bisnis adalah sebagai berikut.

Baca Juga :  5 Langkah Membuka Bisnis Online Untuk Pemula
1. Jasa Desain

Jasa desain bisa menjadi salah satu bisnis dengan modal kecil yang bisa diandalkan karena bisnis ini masih ramai dan juga banyak dicari. Jasa desain yang bisa dijabarkan adalah seperti desain undangan, desain pamflet, banner dan berbagai macam desain lainnya.

2. Jasa Pembuatan Website

Selain jasa desain, bisnis jasa yang juga bisa diandalkan untuk bisnis dengan modal kecil adalah bisnis jasa pembuatan website. Jasa ini memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa anda kuasai dengan belajar sendiri atau otodidak. Internet memudahkan anda untuk mempelajari banyak hal yang bisa memberikan penghasilan untuk anda.

3. Jasa Les Privat Perorangan atau Kelompok

Bisnis dengan modal kecil yang bisa anda coba adalah dengan membuka jasa les privat baik perorangan maupun kelompok. Sektor jasa memang memiliki segudang pilihan bisnis yang membutuhkan sedikit dana sebagai modal saja. Contohnya adalah bisnis les ini. Anda bisa membuat bisnis ini dengan anda sendiri sebagai guru lesnya atau membukanya dengan menawarkan lowongan untuk tenaga lainnya.

Modalnya cukup sederhana, yakni kemampuan guru yang mumpuni untuk mengajari anak-anak dan mungkin uang transport untuk mencapai lokasi les. Dengan managemen yang baik, usaha ini bisa berkembang dan bisa membantu orang tua yang belum bisa menemani anaknya belajar di rumah.

4. Jasa Penerjemah

Bentuk usaha atau bisnis dengan modal kecil lainnya adalah dengan membuka jasa penerjemah. Di era seperti sekarang ini, penggunaan bahasa asing tidak hanya ada untuk perusahaan saja melainkan juga merambah hingga ke dunia pendidikan seperti pendidikan tinggi untuk pembuatan abstrak sebelum pengumpulan skripsi.

Oleh karena itu, usaha ini cocok untuk dibuka bagi anda yang memiliki kediaman di sekitar lokasi kampus atau perguruan tinggi. Selain memiliki modal yang minim, yakni kemampuan bahasa asing anda, anda juga bisa melakukan pekerjaan ini dengan fleksibel sehingga dengan kata lain bisa menjadi salah satu pilihan untuk usaha sampingan atau bisnis sampingan.

Baca Juga :  Jenis Bisnis Online Via Hp Serta Kelebihan Dan Kekurangannya
5. Jasa Menulis Artikel

Di sektor jasa masih ada jasa menulis artikel yang sering disebut sebagai content writer. Jasa penulisan artikel ini dibutuhkan untuk mengisi blog, website atau tujuan lainnya yang kebanyakan dibutuhkan sebagai konten digital. Modalnya sangat minim, yakni anda hanya perlu mengetik setelah mencari sumber yang terpercaya sebagai sumber tulisan. Lainnya, anda hanya perlu membaca atau melakukan survey terhadap tema ketikan anda.

Bisnis jasa ini juga cocok diandalkan sebagai pekerjaan sampingan atau sebagai usaha sampingan karena waktunya juga yang fleksibel dan dapat diandalkan untuk dilakukan di sela-sela waktu istirahat pekerjaan anda.

Itulah beberapa bisnis dengan modal kecil yang bisa anda pilih sebagai referensi peluang usaha anda kedepannya. Peluang usaha tersebut bisa anda jadikan sebagai usaha sampingan atau bahkan mungkin anda yang ingin mencoba peluang usaha baru sebagai mata pencaharian. Semoga artikel ini membantu anda menentukan peluang usaha atau memberikan ide baru untuk anda.