Kriteria Dan Contoh Bisnis Online Untuk Pemula

0
96
bisnis online untuk pemula

Dunia online semakin merambah ke semua kalangan bahkan rasanya hampir tidak ada yang tidak mengenal dunia online. Oleh karena itu, beragam bisnis mulai merambah dunia online karena bisa menjangkau kemana saja. Peluang ini tentu tidak akan dilewatkan oleh para pebisnis baik yang sudah memiliki bisnis maupun masih pemula. Bisnis online untuk pemula juga semakin banyak di lirik karena peluangnya yang begitu besar.

Bisnis online untuk pemula memiliki beragam jenis yang bisa dipilih. Namun, bagi yang baru memulai harus pandai melihat peluang bisnis online mana yang mudah untuk dijalankan. Memulai bisnis akan selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan tidak terkecuali dalam menjalankan bisnis online. Oleh karena itu, sebelum menjalankan sebaiknya mempelajari kriteria dari bisnis online tersebut.

Kriteria Bisnis Online Yang Cocok Untuk Pemula

Bisnis online memiliki beragam kriteria yang harus diketahui. Kriteria inilah yang nantinya dapat membantu para pemula bisnis online dalam menentukan bisnis apa yang seusai dengan dirinya. Selain itu, kriteria bisnis online juga dapat memberikan gambaran pada pemula bisnis online dalam menentukan langkah awal memulai bisnis. Berikut beberapa kriteria dalam menjalankan bisnis online untuk pemula :

1. Modal yang Sesuai

Tidak semua orang yang akan memulai bisnis memiliki modal yang sama besarnya bahkan ada yang tanpa modal. Oleh karena itu, pilih bisnis online yang modalnya bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Sebaiknya, bagi pemula dalam bisnis online harus cermat dalam memperhitungkan modal awal terhadap peluang bisnis online yang dipilih.

2. Tidak Perlu Memiliki Banyak Persediaan

Bagi pemula dalam menjalankan bisnis online tentunya tidak perlu langsung memiliki banyak persediaan stok barang. Dalam hal ini yang sangat sesuai untuk pemula adalah menjadi reseller atau dropship.  Selain itu, dengan menjadi reseller berbagai produk bisa menjual beragam barang tanpa memiliki banyak persediaan.

Baca Juga :  7 Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Mahasiswa Yang Tidak Mengganggu Kuliah

3. Mudah Dijalankan Kapan Saja

Bisnis online untuk pemula haruslah bisnis yang mudah dijalankan kapan saja. Para pemula bisnis tersebut biasanya harus menyesuaikan diri terlebih dahulu tentang waktu dan kapan ia fokus menjalankan bisnisnya. Terutama bagi yang sudah memiliki pekerjaan utama disamping masih ingin berbisnis online.

4. Memiliki Risiko Yang Kecil

Kriteria bisnis online untuk pemula yang tak kalah penting adalah memiliki risiko yang terbilang kecil. Sebelum memilih jenis bisnis online apa yang akan dijalankan sebaiknya menilai risikonya terlebih dahulu. Sebagai pemula, jangan terlalu berani memilih bisnis online dengan risiko yang besar agar tidak terjadi rugi di awal.

5. Penjualan Dan Promosinya Mudah

Bisnis online untuk pemula sebaiknya dijual dan dipromosikan dahulu dengan cara yang mudah. Misalkan dengan menggunakan akun media sosial yang dimiliki sehingga tidak perlu repot membuat toko online atau website sendiri. Selain itu, juga dapat memanfaatkan berbagai media chatting seperti whatsapp dan sejenisnya.

6. Harga Produk Yang Ditawarkan Cukup Terjangkau

Dalam bisnis online sebaiknya dimulai dengan menjual barang-barang dengan harga yang terjangkau. Hal ini dimaksudkan agar perputarannya cepat sehingga dapat meningkatkan penjualan dan segera balik modal. Selain itu, bisnis online dengan menjual barang yang terjangkau juga bisa digunakan dalam menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.

7. Menjual Barang Yang Banyak Diminati

Bisnis online untuk pemula sebaiknya menjual barang yang sedang banyak peminatnya. Sebaiknya, cari barang yang banyak diminati namun masih jarang penjualnya karena dengan begitu akan minim persaingan dan mudah menarik pembeli. Dalam hal ini, para calon pemula bisnis online harus pintar melihat peluang yang ada.

Contoh Bisnis Online untuk Pemula

Bisnis online merupakan bisnis yang sangat diminati karena mudah untuk dijalankan. Berbagai macam bisnis online juga terbukti berhasil dan terbukti memberikan keuntungan yang menjanjikan. Hal ini tidak lepas dari fokus dan ketekunan saat memulai bisnis tersebut.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Bisnis Paytren

Salah satunya dengan mempelajari kriteria dari bisnis online terutama bagi pemula. Selain itu, sebelum memulai bisnis online bisa melihat contoh bisnis online untuk pemula yang bisa dijadikan referensi berikut ini :

1. Bisnis Baju Murah

Mungkin bisnis ini sudah terbilang umum, namun peluangnya tidak pernah padam dan sangat cocok untuk pemula. Baju yang dijual dengan harga murah selalu ramai peminatnya dan tak jarang dijual dengan berbagai paket. Mulai dari baju anak hingga dewasa. Bisnis ini cocok bagi pemula dengan modal yang tidak terlalu besar dan bahkan tanpa modal misalnya dengan menjadi reseller.

2. Bisnis Paket Sembako Murah

Bisnis online untuk pemula yang satu ini mulai banyak diminati. Siapa sangka sembako juga bisa menjadi bisnis online. Sembako yang dijual secara online misalnya minyak goreng, gula, dan sebagainya. Bahkan tak jarang juga dijual secara paket yang harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan toko. Pasar dari paket sembako ini tentu saja para kalangan ibu-ibu yang selalu membutuhkannya sehingga bisnis ini peluangnya masih terbilang besar.

3. Bisnis Peralatan Serba Serbi

Saat ini semakin marak hadirnya berbagai peralatan serba serbi mulai dari kebutuhan pribadi hingga kebutuhan rumah tangga. Berbagai agen penjual barang tersebut juga menyediakan layanan reseller atau dropship sehingga sangat cocok untuk yang ingin memulai bisnis online. Barang yang dijual tersebut merupakan peralatan inovasi yang memudahkan dalam kehidupan sehari-hari dan semakin banyak diminati.

4. Bisnis Peralatan Bayi

Peralatan bayi selalu tidak pernah sepi peminat bahkan semakin beragam. Bagi para pemula bisnis online juga bisa menjalankan bisnis ini mulai dari menjual gendongan bayi, baju bayi, dan sebagainya. Produk bayi yang lucu-lucu selalu menarik para ibu untuk berbelanja. Oleh karena itu, menjadi reseller atau dropship produk bayi juga bisa menjadi pilihan untuk pemula.

Baca Juga :  7 Usaha Tanpa Modal Dan Siapa Saja Yang Bisa Melakukannya

5. Bisnis Snack atau Makanan Ringan

Snack yang dijual secara online tentunya memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, walaupun snack ini dijual secara online tetap saja tidak sepi peminat. Selain itu, snack merupakan produk dengan daya tahan yang cukup lama sehingga bisa dikirim kemana saja tanpa adanya batasan waktu.

6. Menjual Produk Skin Care

Produk skin care juga menjadi salah satu produk yang menjadi primadona terutama di kalangan wanita. Berbagai produk skin care juga banyak dipasarkan secara online seperti masker dan berbagai produk kecantikan lainnya. Oleh karena itu, semakin banyak yang menjalankan bisnis tersebut. Bagi pemula, bisnis tersebut juga sangat cocok karena bisa dijalankan dengan menjadi reseller.

7. Bisnis Souvenir Online

Bisnis yang juga bisa dijadikan bisnis online untuk pemula adalah bisnis souvenir. Mungkin terlihat bermodal besar, namun saat ini souvenir juga bisa dibuat dengan berbagai bahan dengan harga yang terjangkau.

Bermodalkan kreatifitas yang dimiliki, tak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini. Tidak harus membuat souvenir dalam jumlah besar, tetapi bisa dimulai dengan satuan misal souvenir untuk merayakan kelulusan.

Ingin memulai bisnis online? Menjalankan bisnis online harus dijalankan dengan tekun dan fokus. Terutama bagi para pemula yang harus merintis dari awal sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang berbagai kriteria bisnis online untuk pemula. Kemudian pilih jenis bisnis online yang sesuai dengan modal dan peluangnya masih besar.