Hal Yang Perlu Dipersiapkan Dan Kriteria Bisnis Online Pemula

0
177
Bisnis Online Pemula

Di era  yang serba digital ini tidak lepas dari internet dan internet sudah menjadi kebutuhan pokok. Apapun kegiatannya, pasti tak pernah lepas dari internet. Oleh sebab itulah, saat ini sudah banyak yang menjadikannya sebagai media berbisnis. Apapun yang dijual atau dipasarkan melalui internet disebut bisnis online. Lalu bagaimana cara memulai bisnis online pemula? Dan apa saja yang dibutuhkan seorang pemula saat memulainya?

Ada yang menyatakan bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi sebenarnya, semua orang bisa menjadi pengusaha jika mau belajar dan bekerja keras.Pemikiran untuk menjadi pengusaha saat ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Untuk sukses dalam berbisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Nah berikut apa-apa saja yang perlu dipersiapkan pemula dalam memulai bisnis dan bisnis yang cocok bagi pemula.

Hal Yang Perlu Disiapkan Bagi Pebisnis Pemula

Untuk mulai terjun ke dunia bisnis, hal yang paling utama yang harus dipersiapkan adalah mantapkan niat dalam diri. Segala sesuatu yang akan dilakukan itu tergantung pada niatnya. Bisnis bukan main-main, maka niatnya pun jangan main-main atau setengah-setengah.

Niat yang kuat dan sungguh-sungguh sangat berpengaruh bagi keberlanjutan bisnis kedepannya. Selain niat, sebelum memulai bisnis miliki mental pengusaha sejati yang jika terjadi penurunan pembeli tidak langsung turun semangatnya dan tidak mudah menyerah.

Menentukan atau memilih jenis bisnis yang akan dijalankan tidak seperti memilih sebuah baju di toko, hanya karena modelnya lagi tren di masyarakat lalu ikut-ikutan. Setelah mantapkan niat, tentukan jenis usaha apa yang hendak kita tekuni. Caranya tentukan berdasarkan kebutuhan masyarakat setempat sesuai dengan lokasi membuka usaha, lalu perhatikan daya beli masyarakat.

Baca Juga :  Tips Membuka Bisnis Online Baju

Selain faktor dari dalam diri,faktor luar yang juga perlu dipersiapkan adalah modal usaha, tetapkan lokasi bisnis, mencari mitra bisnis, menentukan produk dan strategi pemasarannya. Intinya persiapkan rencana bisnis dengan matang termasuk membuat izin usaha dan merekrut karyawan jika dibutuhkan. Tentukan visi-misi bisnis, target apa yang ingin dicapai? Buatlah dengan penuh perhitungan agar bisnis yang akan dijalankan punya arah dan tujuan yang jelas.

Kriteria Bisnis Yang Cocok Untuk Pemula

Menjadi seorang pemula dalam dunia bisnis mungkin agak kaku, pasalnya terkadang tidak tahu harus memulai dari mana dan pasti ada rasa takut akan rugi. Hal ini dikarenakan seorang pemula pastinya belum memiliki pengalaman, sehingga kekhawatiran akan takut tidak berhasil atau rugi pasti ada. Apalagi untuk pemula yang tidak memiliki keahlian atau keterampilan tertentu. Lalu apa saja sih bisnis online pemula yang bisa dicoba? Simak ulasan berikut ini.

1. Bisnis Yang Tidak Memerlukan Modal Besar

Untuk yang merasa masih muda dan tidak memiliki banyak modal, jangan pernah berkecil hati dan khawatir akan rugi. Saat ini sudah banyak bisnis online pemula yang sangat mudah dijalankan tanpa harus memiliki banyak modal.

Asal punya ide kreatif dan niat,sukses dalam berbisnis bukan lagi isapan jempol. Beberapa contoh bisnis online yang tidak memerlukan banyak modal adalah menjadi penjual dengan sistem dropship atau reseller, blogger dan vlogger.

Jika pemula memiliki keahlian di bidang desain, peluang usaha jasa desain grafis juga cocok untuk dijalankan yang tentunya tidak membutuhkan modal besar. Selain itu jika punya ketertarikan di dunia fotografi dan aktif di sosial media, menjual hasil foto secara online dan menjadi admin sosial media adalah pilihan tepatnya. Selain itu, menjadi penerjemah juga merupakan peluang bisnis jika orang tersebut menguasai bahasa asing.

Baca Juga :  Mulai Bisnis Anda dengan Bisnis Online Terlaris Ini

2. Bisnis Yang Mudah Dijalankan

Jika tidak mau repot atau tidak memiliki keahlian khusus untuk memulai bisnis, juga ada solusinya. Asalkan  memiliki modal yang cukup besar, bisnis Franchise atau waralaba sangat cocok untuk seorang pemula. Dengan menggunakan Franchise, pelaku bisnis akan diberikan fasilitas lengkap serta SOP bisnis tersebut sehingga akan sangat memudahkan.

Pilihlah franchise yang cocok dengan hobi atau minat, misalnya jika minat di bidang kuliner pilihlah franchise yang menawarkan bisnis kuliner yang sedang hits saat ini. Seorang pemula pasti akan mengelak ketika ditawarkan bisnis yang sulit, repot dan butuh waktu lama untuk mengembangkan diri.

Nah, dengan membuka loket PPOB (Payment Point Online Bank) juga cocok sebagai bisnis online pemula. Dengan ini, orang bisa melakukan berbagai macam pembayaran, seperti membeli pulsa listrik baik prabayar/pasca bayar, pulsa telepon, membayar pajak, hingga membayar kredit kendaraan bermotor.

3. Bisnis Yang Sesuai Dengan Minat Dan Keahlian

Cara mengetahui bisnis online pemula apa yang cocok untuk seseorang, yang pertama adalah dengan mengenali dirinya sendiri terlebih dahulu. Coba diingat-ingat apa yang diminati selama ini dan apa keahlian yang dimiliki. Misalnya saja seseorang yang kurang mengerti masalah fashion tapi tetap memaksakan diri untuk membuka toko baju online karena merasa pasti laku dan untungnya besar.

Awalnya mungkin berjalan biasa saja, namun, jika orang tersebut tidak bisa mengikuti trend, usahanya bisa-bisa tidak bertahan lama karena kurang mengerti dalam fashion Berbeda halnya ketika seseorang yang hobi membuat aneka macam kue sehingga berniat membuka toko kue.

Maka usaha ini akan sesuai dengan hobinya, tentunya orang ini akan merasa nyaman saat menjalankan bisnisnya karena memang selaras dengan hobi yang dimiliki. Ketahuilah bekerja sesuai dengan hobi itu menyenangkan. Selain hati bahagia melakukan yang disukai artinya dibayar pula, jadi keuntungannya akan berlipat ganda tentunya.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Bisnis Paytren

4. Bisnis Jasa Dan Produk Kreatif

Jika tidak memiliki modal cukup dan keahlian khusus pastikan bahwa pemula adalah seorang yang berpikir kreatif. Hal ini karena orang yang berpikir kreatif, apapun bisa diubahnya menjadi lebih bernilai dan berharga. Dengan mengandalkan kreativitas, benda yang berguna dan terbuang dimana mana pun bisa dijadikan rupiah. Misalnya, membuat produk daur ulang.

Menggunakan barang tidak terpakai dan menjadikannya barang berharga selain menguntungkan juga merupakan tindakan mulia. Pasalnya dengan hal tersebut tentu akan mereduksi benda tak terpakai (sampah) yang berpotensi mencemari lingkungan.

Dengan menjadikannya produk daur ulang yang bernilai tinggi, maka akan dengan mudah dalam strategi pemasarannya dengan mengusung konsep ramah lingkungan. Hal ini tentu akan sangat mudah mendapatkan sorotan dari target pasar.

Segala persiapan sebelum memulai bisnis yang harus diperhatikan. Persiapkan semuanya dengan baik agar bisnis dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana. Bahkan sekalipun ketika nantinya ada hambatan, pasti sudah lebih siap untuk mengatasinya. Jangan sampai hanya mengatasi masalah sepi penjualan/pengunjung saja sudah ingin gulung tikar.

Nah, itulah beberapa persiapan yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh seorang pemula yang baru mengenal bisnis. Di atas juga telah disajikan bisnis online pemula apa saja yang cocok untuk seorang pemula. Dengan demikian setelah mempersiapkan diri dan segala sesuatunya, hendaknya sudah ada rekomendasi atau gambaran untuk memilih jenis bisnis seperti apa yang akan ditekuni.