5 Langkah Memulai Bisnis Online Shop Beserta Tipsnya

0
888
Digital Online Shop Commerce Market Office Concept

Semakin meningkatnya harga atau biaya kebutuhan hidup, membuat kita harus memutar otak agar dapat memenuhi kebutuhan kita. Maka tidak hern jika kini pendapatan utama terkadang tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup kita dan mulai mencari bisnis sampingan yang tepat. Salah satunya adalah dengan memulia bisnis online shop yang sangat kekinian dengan era internet saat ini. Bagi anda yang berminat untuk mencoba bisnis di dunia maya terutama untuk berjualan, berikut 5 tips yang semoga dapat bermanfaat untuk anda.

1. Lakukan Riset Awal

Pastinya ketika anda berniat untuk memulai bisnis online shop muncul pertanyaan apa yang akan anda pilih. Langkah awal untuk memilih produk jualan di dunia maya ini sangat krusial untuk langkah berikutnya. Oleh karena itulah sebagai langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan produk atau jasa apa yang ingin Anda jual.

Anda harus memikirkan dengan matang dan juga mungkin harus sedikit melihat apakah yang menjadi passion Anda yang mana berpotensi untuk diperjualbelikan. Umumnya juga berkaitan dengan hobi maupun kesukaan. Sebagai penuntun, berikut tips yang bisa anda lakukan:

  1. Melihat sekitar Anda, dengan melihat dan mencari di sekitar anda anda bisa melihat apakah produk atau jasa yang dibutuhkan dan diminati banyak orang atau bahkan apa yang sudah banyak diperjual belikan sehingga tidak memiliki peluang.
  2. Menjadi problem solver, berusahalah mencari masalah di sekitar anda dan kemudian pikirkan suatu produk atau jasa yang bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.
  3. Perhatikan kemampuan dan pengetahuan serta passion, dengan memperhatikan hal tersebut, anda menjadi mengenal dengan apa yang akan anda jual baik jasa maupun produk. Dengan demikian karena anda mengenalinya maka anda bisa menjual lebih baik daripada yang lain.
  4. Sesuatu yang bernilai, terakhir, carilah atau pikirkan bagaimana produk atau jasa yang anda sudah pilih atau diketahui dapat ditukar menjadi sebuah nilai yang berarti atau dalam hal ini keuntungan.
Baca Juga :  Tips Memilih Peluang Usaha Mikro Sesuai Potensi Modal

2. Mulai Membuka Toko Online

Untuk langkah selanjutnya setelah anda menentukan produk atau jasa yang akan anda jual, anda perlu menentukan sarana atau media dalam proses jual belinya. Tentukan, apakah Anda ingin membuka sebuah gerai offline, membuka website atau bahkan keduanya sekaligus?

Namun dalam hal ini kita akan membahasa bisnis online shop yang mana anda selanjutnya akan mempertimbangkan membuat sebuah website, bergabung dengan marketplace, promosi melalui media chat sosial, atau postingan akun media sosial sebagai sarananya. Sebagai tips agar media yang anda pilih nantinya tepat dan menyasar pada target yang sesuai yakni konsumen atau pembeli produk atau jasa yang Anda jual, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

  1. Apabila anda berkeinginan untuk menarget anak muda, pilihlah media sosial yang populer di kalangan anak muda seperti Instagram dan Twitter.
  2. Apabila anda berkeinginan untuk menarget keluarga dan kelompok yang lebih luas, Anda bisa memilih untuk menggunakan BukaLapak atau bahkan
  3. Apabila modal yang dimiliki sedikit karena Anda baru saja memulai, sangat disarankan untuk menggunakan sarana yang gratisan Marketplace: Bukalapak, Tokopedia, Shoppee, dan lain sebagainya
  4. Apabila anda memiliki modal besar atau jika nantinya bisnis anda berkembang, maka Anda dapat membuat website sendiri. Alasannya adalah karena membuat sebuah website membutuhkan modal biaya yang lebih besar namun keuntungan yang didapatkan pun bisa lebih dimaksimalkan.

3. Pahami Pemasaran Digital

Seperti yang anda lakukan saat ini, langkah selanjutnya setelah bisnis online shop anda tersedia adalah tentu saja berjualan. Dengan memahami pemasaran digital maka upaya sebelumnya takkan sia sia. Pemasaran digital ini tidak selalu berbayar, anda bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.

Baca Juga :  Selalu Rugi Ketika Bisnis? Sudah Tahu Peluang Usaha yang Menguntungkan Ini?

Alasan mengapa media sosial ini penting adalah karena internet sangatlah membantu, murah dan juga aksesnya luas.Untuk itulah, pemasaran atau promosi melalui media sosial menjadi salah satu sarana pemasaran yang efektif untuk anda.

Tak hanya itu saja, gunakan juga marketplace yang banyak dikunjungi dengan tujuan untuk memperluas jaringan Anda. Dengan memamerkan produk dan jasa di marketplace seperti yang sudah disebutkan sebelumnya maka produk Anda akan diketahui konsumen lebih cepat dan juga semakin lebih luas lagi.

Sebagai langkah pamungkas dalam pemasaran dan juga promosi digital anda, anda bisa menggunakan teknik pemasaran yang lebih maju dan juga menyeluruh seperti memanfaatkan SEO dalam situs pencarian Google. Alasannya? Karena tidak sedikit orang yang memulai untuk mencari barang yang akan dibeli dengan mengunjungi Google terlebih dahulu. Dengan mempelajari SEO, maka secara tidak langsung Anda mempermudah konsumen untuk menemukan produk Anda di dunia maya.

4. Pahami Manajemen Keuangan

Tidak bisa dipungkiri apabila masalah keuangan adalah salah satu penyebab paling sering dari kegagalan usaha online shop. Tidak sedikit yang mengalami kegagalan hanya karena gagal me-manage keuangannya. Oleh karena itulah apabila Anda ingin bisnis online shop anda menjadi sukses, anda juga harus memulai usaha online shop dengan manajemen keuangannya yang baik dan juga profesional.

Berikut tipsnya:

  1. Pisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak tercampur.
  2. Tentukan modal awal bisnis. Contohnya adalah seperti biaya izin usaha, peralatan, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya agar langkah berikutnya lebih mudah.
  3. Hitung biaya operasional seperti contohnya adalah biaya perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai, dan sebagainya.
  4. Buat sistem keuangan sendiri. Cara mudahnya anda bisa menyewa jasa akuntan sehingga sistem yang dibuat semakin baik.
Baca Juga :  Pilihan Bisnis Online Mudah dari Rumah

Kunci dari manajemen keuangan diatas adalah kedisiplinan yang harus anda ikuti. Apabila memang anda disiplin dalam menerapkan manajamen diatas, maka jaminan untuk anda mendapatkan kesuksesan atau keuntungan dari bisnis online shop anda akan semakin besar. Oleh karena itulah, jangan pernah berhenti untuk mengevaluasi di setiap keuntungan maupun kerugian yang anda alami sehingga anda dapat membangun sistem manajemen keuangan yang semakin baik lagi.

5. Kembangkan Bisnis Online Shop ke Produk Lain

Tidak semua bisnis yang awalnya anda lakukan tersebut akna bertahan selamanya karena mungkin akan ada perubahan tren pada pasar. Oleh karena itulah, tidak ada salanya jika Anda sudah berhasil dengan suatu produk atau jasa, anda mencoba untuk membuka peluang bisnis online shop baru. Tentunya anda juga harus memulai dengan langkah 1–4 untuk produk berikutnya.

Memang usaha atau upaya dalam mengembangkan bisnis online shop saat ini tidak selalu menjadi perkara yang mudah. Oleh karena itulah semoga dengan lima langkah diatas beserta beberapa tips yang mengikuti dapat membantu anda dalam memulia dan juga bahkan menjalankan bisnis online shop anda.