Kata Siapa Usaha Perlu Modal Besar? Iniloh Ada Peluang Usaha Modal Kecil

0
125

Bisnis sangat identik dengan modal. Tidak sedikit orang yang ingin memulai bisnis, bingung untuk mencari modal dimana ataupun bagaimana cara mendapatkannya. Padahal, modal sudah tersedia dan sangat jelas. Namun hanya sedikit orang yang menyadarinya.

Berbicara modal, maka hal yang terlintas pertama kali adalah materi atau uang. Memang modal sangat berkaitan dengan uang. Namun, ternyata ada satu hal yang juga dianggap sebagai modal, yaitu kesehatan dan kelengkapan anggota tubuh.

Tubuh yang sehat merupakan modal yang paling berharga. Percuma saja memiliki banyak sekali modal berupa materi, tetapi tubuh tidak dapat digerakkan. Mungkin kamu juga pernah tahu ada seorang pebisnis yang dapat melakukan bisnisnya sambil berbaring, karena keterbatasan dirinya.

Oleh karena itu, bukan alasan lagi jika modal merupakan masalah ketika memulai bisnis. Bisa jadi kendala utamanya bukan modal, tetapi kamu masih ragu untuk memulainya. Selain itu, tidak dapat dipungkiri, jika modal berupa materi memainkan peranan penting.

Saat ini, untuk memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang sulit, bahkan modal berupa materi sekalipun, karena banyaknya peluang usaha modal kecil. Namun, sebelum membicarakan peluang usaha dengan modal sedikit, kamu harus mengetahui terlebih dahulu hal-hal yang harus kamu tekankan pada dirimu sendiri, sebelum memulai usaha. Berikut adalah kedua hal itu:

1. Siap hidup susah

Terjun ke dunia usaha atau bisnis bukanlah perkara yang mudah. Sangat wajar jika kita memulai bisnis dengan angan-angan kesuksesan yang luar biasa. Namun jangan hanya melihat hasil akhirnya, tetapi kamu juga harus mengetahui apa yang harus kamu lalui ketika pertama kali membuka suatu usaha.

Semua pebisnis sukses, pasti mengalami fase hidup susah. Jika kamu sudah mengetahui risiko ini dan siap menanggungnya, maka segera lakukan, karena rasa sakit di awal akan berujung rasa manis di akhirnya.

Baca Juga :  7 Usaha Tanpa Modal Dan Siapa Saja Yang Bisa Melakukannya

2. Selalu berpikir positif

Bahan bakar bagi para pemula atau yang baru mengawali karirnya di dunia usaha, maka ia harus selalu berpikir positif. Banyak sekali hal-hal yang tak terduga dapat terjadi di dunia usaha, bahkan kondisi kondisi yang benar-benar diluar yang dibayangkan bisa saja terjadi. Pasti kondisi ini dapat menyebabkan syok atau terkejut.

Apalagi jika kondisi ini ternyata sangat mempengaruhi usahamu, karena dapat membuatnya menjadi gagal.  Umumnya orang-orang akan langsung memikirkan hal-hal negatif jika pada kondisi yang tidak inginkan. Di sinilah kamu harus mengendalikan diri, agar tetap berpikir positif, karena kondisi ini pasti akan membawa hikmah untukmu.

Semakin banyak rasa sakit yang kamu rasakan, maka semakin terlatih kamu menapaki dunia usaha. Hal ini dikarenakan kamu berhasil melalui masa-masa yang sulit. Bukankah seperti itu kehidupan. Masalah datang, lalu terselesaikan dan kita akan menuju ke tingkat berikutnya. Hal ini sama seperti jenjang pendidikan. Diawali dengan taman kanak-kanak dan diakhiri dengan perkuliahan yang penuh dengan masalah.

Kedua hal itu sudah sangat cukup menjadi pondasi dirimu untuk menapaki dunia usaha. Sekarang mari kita mencari peluang-peluang usaha yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan, yaitu yang bermodal kecil.

Berikut adalah beberapa peluang usaha modal kecil yang cukup mudah dan menjanjikan.

1. Les privat

Jika kamu memiliki kemampuan lebih pada mata pelajaran, seperti matematika atau Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia, serta pelajaran-pelajaran yang muncul di Ujian Nasional lainnya, maka kamu sangat berpotensi besar untuk menjadi guru les privat.

Modal utamanya adalah pengetahuanmu dan pemahamanmu terhadap pelajaran-pelajaran tertentu. Jika memang kamu sangat ahli dalam matematikam maka bukalah  jasa les privat khusus untuk belajar matematika.

Baca Juga :  Peluang Usaha Rumahan Yg Menjanjikan Ini Wajib Kamu Coba, Untungnya Besar!

Tidak dipungkiri, jika matematika merupakan mata pelajaran yang seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi para pelajar. Mulai dari pelajar SD, SMP hingga SMA. Peluang usaha modal kecil ini bisa dibilang dapat dilakukan tanpa modal.

Namun yang menjadi kendala adalah bagaimana cara kamu mempromosikan dirimu sebagai guru les privat. Hal yang wajib kamu lakukan adalah dengan mendatangi langsung calon pelangganmu, yaitu para pelajar ataupun kamu bisa melakukan wawancara kepada orang tuanya dan menanyakan apakah anaknya membutuhkan bantuan belajar pada mata pelajaran matematika ataupun lainnya.

2. Dropship

Jika kamu menyukai dunia marketing, tetapi kamu tidak cukup modal untuk membuka sebuah usaha, maka peluang usaha modal kecil ini dapat kamu lakukan, yaitu menjadi agen dropship atau lebih dikenal sebagai dropshipper.

Usaha yang satu ini juga bisa dibilang dapat dilakukan tanpa modal, karena kamu hanya harus menjual barang milik orang lain dan kamu akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan barang tersebut.

Dahulu, usaha ini tentu sangat sulit untuk dilakukan. Namun saat ini dengan adanya internet serta atau situs jual beli online, maka ini sudah cukup memudahkanmu untuk memulai usaha ini.

Jika tidak memiliki koneksi internet, maka jangan khawatir, karena saat ini setiap warung kopi pasti menyediakan internet gratis. Kamu cukup memesan segelas kopi dan nongkrong untuk melakukan kegiatan usahamu hingga selesai.

Tetapi, seharusnya dengan melakukan usaha ini kamu tidak perlu risau dengan internat, karena dapat dibilang internet saat ini merupakan kebutuhan yang wajib ada atau dapat dibilang sebagai kebutuhan primer. Apalagi saat ini juga banyak sekali pakai internet atau data yang murah, jadi tidak ada alasan jika kamu tidak bisa menjalankan usaha ini.

Baca Juga :  Mau Usaha tapi Modal Sedikit? Mungkin Peluang Usaha Kecil Ini Cocok untukmu

3. Jasa desain

Jepang merupakan negara yang sangat memperhatikan bagaimana produk-produknya dikemas dengan sangat menarik, sehingga para pembeli yang sebenarnya tidak membutuhkan barang itu memutuskan untuk membelinya, karena melihat kemasan yang begitu menarik. Satu-satunya hal yang dapat melakukan hal itu adalah desain.

Jika kamu memiliki kemampuan dalam desain, maka itu sudah cukup sebagai modal utamamu untuk membuka usaha jasa desain. Bisa dibilang, usaha ini dapat dilakukan tanpa modal.

4. Laundry kiloan

Peluang usaha modal kecil yang satu ini sangat cocok kamu lakukan jika kamu berada di lokasi yang tepat. Usaha ini juga dapat kamu lakukan di rumahmu. Peluangnya akan sangat menjanjikan, jika sekitar area rumahmu banyak tempat kos atau di area kampus.

Jika lokasi rumahmu berada di salah satu area tersebut, maka jangan khawatir dengan tidak adanya pelanggan, karena pasti ada pelanggan yang akan datang di laundry milikmu. Namun, kamu pasti berpikir  dengan bagaimana cara mendapatkan mesin cuci.

Mesin cuci bisa kamu dapatkan dalam rentan harga mulai dari satu juta hingga lebih dari tiga juta. Bahkan, kamu juga bisa membeli mesin cuci bekas yang harganya tentu dibawah satu juta. Jangan berpikir untuk membeli mesin cuci bukaan depan, karena itu sangat mahal.

Jika dibandingkan dengan beberapa peluang usaha modal kecil yang telah disebutkan sebelumnya, memang usaha ini membutuhkan modal yang sedikit lebih banyak. Mungkin kamu harus menyediakan uang minimal 3 juta untuk membeli dua mesin cuci serta perlengkapan lainnya seperti setrika dan jemuran.