Macam-Macam Bisnis Kuliner Dan Tips Sukses Memulainya

0
186
bisnis kuliner

Banyak orang beralih dan berlomba-lomba untuk membuka bisnis kuliner. Bagaimana tidak, kuliner menjadi salah satu bisnis yang selalu ramai karena makanan memang menjadi kebutuhan pokok sebagai energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Maka tidak heran jika bisnis ini kian merambah dan berkembang dengan sangat pesat. Apalagi dengan bantuan teknologi yang membantu seorang pebisnis untuk terus melakukan inovasi. Berikut ini beberapa macam bisnis kuliner yang menguntungkan dan bisa dicoba serta tips sukses memulai bisnis kuliner. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Macam-Macam Bisnis Kuliner

Beragam bisnis kuliner dapat dijumpai di berbagai tempat. Bahkan bisnis ini semakin digandrungi karena memberikan banyak keuntungan bagi penjualnya. Berikut ini beberapa bisnis kuliner yang menguntungkan dan bisa dicoba.

1. Martabak

Salah satu bisnis kuliner yang menguntungkan dan bisa dicoba adalah bisnis kuliner martabak. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan satu ini cukup menjadi favorit bagi berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa dengan 2 jenis pilihan. Bagi yang menyukai cemilan gurih dan asin untuk menemani waktu luang bisa memilih martabak asin atau telur. Sebaliknya untuk penyuka rasa manis bisa memilih martabak manis dengan variasi topping sesuai kesukaan.

Sebagai salah satu menu favorit tentu banyak sekali menjumpai pedagang yang menjajakan makanan yang satu ini. Ditambah lagi harganya yang cukup ekonomis dan bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat menjadikan bisnis kuliner martabak ini selalu eksis.

2. Gorengan

Bisnis kuliner yang menguntungkan selanjutnya adalah gorengan. Sekarang ini banyak sekali pedagang yang menjual beraneka macam gorengan dengan harga yang sangat murah. Tidak heran jika makanan yang satu ini selalu diburu ketika pagi hari atau menjelang sore hari sebagai pelengkap cemilan di rumah. Bahkan gorengan menjadi menu wajib sebagai takjil untuk berbuka puasa ketika bulan ramadhan tiba.

Baca Juga :  Jenis Bisnis Online Via Hp Serta Kelebihan Dan Kekurangannya

Berbagai macam jenis gorengan bisa ditemukan di hampir semua penjuru kota. Bahkan banyak berjejer pedagang kaki lima yang menjajakan gorengan di sepanjang jalan raya, alun-alun maupun tempat ramai lainnya.

3. Roti Bakar

Selain martabak dan gorengan, ternyata roti bakar juga menjadi salah satu kuliner yang sering sekali diburu apalagi jika sore hari dan sedang turun hujan. Makanan ini sangat cocok disantap bersamaan dengan teh hangat. Pembeli akan menemukan beragam variasi rasa yang ditawarkan oleh penjual dan biasanya harganya pun akan menyesuaikan. Sama dengan martabak, makanan yang satu ini biasanya baru mulai beroperasi ketika sore hari. Hal ini dikarenakan makanan ini memang cocok untuk menemani waktu bersantai selepas melakukan beragam aktivitas di luar.

4. Makanan Khas Dari Kota Tertentu

Menjual makanan khas dari kota tertentu menjadi salah satu bisnis kuliner yang menguntungkan apalagi jika dijual di luar daerah dimana makanan tersebut berasal. Contohnya bisnis kuliner masakan padang, mie aceh atau yang lainnya yang membuka kedai di berbagai kota maupun daerah lain. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pembeli karena mereka tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke daerah dimana makanan tereebut berasal. Mereka cukup datang ke tempat yang menyajikan menu-menu khas dari daerah tertentu.

Selain makanan berat seperti yang sudah disebutkan di atas, beragam cemilan khas kota atau daerah tertentu juga menjadi bisnis kuliner yang menguntungkan. Apalagi jika cemilan tersebut sudah menjadi legend dan disukai banyak orang. Sebagai contoh serabi yaitu makanan khas kota Surakarta yang sudah terkenal hampir di seluruh penjuru Indonesia.

5. Bakso Dan Mie Ayam

Bakso dan mie ayam menjadi bisnis kuliner yang seakan tidak ada matinya. Bagaimana tidak, 2 menu ini seringkali menjadi menu andalan untuk mengatasi lapar. Hampir di semua kota, sudah banyak sekali dijumpai pedagang bakso dan mie ayam dengan nama dan kekhasannya sendiri-sendiri. Untuk bakso biasanya terdapat beberapa variasi menu seperti penambahan jeroan, daging atau jenis bakso yang dihidangkan. Sedangkan untuk mie ayam menunya tidak sevariatif bakso, biasanya hanya akan ada tambahan menu yaitu mie ayam bakso.

Baca Juga :  Kriteria Dan Jenis Bisnis Online Ibu Rumah Tangga Yang Cocok Dijalani

Seperti yang telah kita ketahui meskipun bukan makanan khas suatu daerah atau kota tertentu, namun 2 makanan ini menjadi ikonik negara Indonesia. Sehingga makanan ini akan sangat mudah ditemui dimanapun.

6. Nasi Goreng

Selain bakso dan mie ayam, bisnis kuliner yang masih terus berkembang hingga saat ini adalah nasi goreng. Di beberapa kedai, pembeli akan menemukan menu yang bermacam-macam seperti nasi goreng babat, nasi goreng ati, dll. Nasi goreng sendiri setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing yang pasti akan berbeda dengan nasi goreng yang lainnya.

Sebagai contoh adalah nasi goreng padang. Jika dibandingkan dengan nasi goreng jawa yang menggunakan kecap untuk pemanis, nasi goreng padang justru menggunakan rempah-rempah yang lebih lengkap dan rasa yang cenderung lebih pedas.

7. Minuman Khas Dari Kota Tertentu

Bisnis kuliner selanjutnya adalah minuman khas dari kota atau daerah tertentu. Serupa dengan poin nomor 4, yaitu bisnis kuliner makanan khas dari kota tertentu. Seseorang yang berasal dari suatu daerah dengan minumannya yang khas bisa dijadikan bisnis karena akan membawa keuntungan. Hal ini tentu dikarenakan minuman khas kota tertentu pasti memiliki keunikan tersendiri dan hanya bisa diracik oleh orang pribumi. Oleh karena itulah dengan bisnis kuliner ini, sama dengan ikut mendorong untuk semakin memperkenalkan minuman khas dari daerahnya kepada semua orang.

Sebagai contoh minuman khas dari Banjarnegara yaitu dawet atau es gempol yang berasal dari Semarang. Keduanya sudah dikenal oleh banyak orang dari berbagai kota karena keunikan dan rasanya yang nikmat.

Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Sebelum memulai bisnis kuliner seseorang harus mengetahui tips sukses memulainya untuk kemudian diterapkan pada bisnis yang akan dijalankan. Salah satu tips suksesnya adalah tentukan bisnis kuliner apa yang akan dijalankan yang sekiranya akan memberikan peluang dan keuntungan yang konsisten. Kemudian seseorang juga harus memiliki cukup modal untuk memulai suatu bisnis kuliner. Nah untuk itu sebaiknya pilihlah bisnis kuliner yang memang sesuai dengan budget modal yang dimiliki.

Baca Juga :  Informasi Lengkap Mengenai Bisnis Online Dropship

Ketika seseorang sudah mempersiapkan 2 hal tersebut, selanjutnya yang paling penting adalah jangan pernah takut untuk mencoba. Suatu usaha tidak akan pernah berhasil jika tidak pernah dimulai. Untuk itulah mulailah di waktu yang tepat dan ketika sudah yakin. Tips sukses yang terakhir adalah selalu konsisten pada apa yang sudah direncanakan dan selalu melakukan inovasi-inovasi agar tetap mampu bersaing di pasaran.

Nah itulah informasi mengenai beberapa macam bisnis kuliner dan tips sukses untuk memulainya. Dalam berbisnis, managemen waktu dan keuangan menjadi 2 hal yang sangat penting untuk diperhatikan demi keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Untuk itulah sebelum memulai, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang keuangan dan bagaimana mengatur waktu yang baik dalam berbisnis demi kelancaran dan kesuksesan dari bisnis yang dijalankan.