Sudah Bisnis, Tetapi Gagal Terus? Sudah Coba Bisnis Online Rumahan Ini!?

0
143

Memulai suatu bisnis adalah perkara yang tidak mudah. Banyak sekali rintangan yang harus dilalui. Salah satunya adalah mencari ide bisnis. Ide sangat diperlukan dan sangat penting, karena hal ini merupakan pemicu untuk mengawali suatu bisnis atau usaha.

Jika kita berbicara mengenai ide bisnis, maka tidak semua orang bisa mendapatkannya. Diperlukan usaha yang nyata dan kerja keras untuk mendapatkannya. Selain itu, bisnis sendiri diciptakan atau dibuat dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang dialami oleh masyarakat secara umum.

Dengan demikian, ide bisnis dapat muncul dari keresahan-keresahan yang dialami oleh masyarakat. Kita tahu bahwa banyak sekali keresahan atau masalah di dalam masyarakat. Oleh karena itu, sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan ide, tetapi tentunya sangat tidak mungkin kita mengambil itu semua.

Cara mendapatkan ide bisnis dari masyarakat

Masyarakat terdiri dari beberapa kelompok, yaitu, tua, dewasa, muda, remaja, dan anak-anak. Setiap kelompok memiliki permasalahan sendiri-sendiri. Oleh karena itu, untuk memudahkan kamu dalam menggali masalah secara spesifik yang dialami oleh masyarakat, maka kamu harus menentukan kelompok mana yang kamu tuju atau dapat dibilang ini adalah target konsumenmu..

Contoh sederhananya adalah ketika kamu putuskan untuk memilih kelompok muda-mudi. Kelompok muda-mudi ini lebih dikerucutkan ke arah mahasiswa. Setelah itu, kamu memutuskan untuk memulai bisnis dalam bidang jasa. Setelah itu, kamu memikirkan beberapa masalah pada kalangan mahasiswa yang kemungkinan dialami dan kamu menemukan salah satunya, yaitu terkait dengan jurnal internasional.

Ketika kamu sudah menemukan topik bisnis dan target konsumenmu, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus melakukan wawancara. Dari sinilah, kemudian muncul keluhan-keluhan yang dialami oleh mahasiswa terkait jurnal internasional dan memastikan apakah benar itu adalah masalah yang benar-benar harus diselesaikan.

Sedikit informasi saja, harga jurnal internasional sangat mahal dan sangat tidak mungkin dijangkau oleh kantong mahasiswa. Namun terdapat beberapa universitas yang sudah berlangganan jurnal internasional, sehingga memudahkan mahasiswanya untuk mendapatkan jurnal tersebut.

Walaupun permasalahan ini sudah selesai, tetapi ini hanya terselesaikan di beberapa Universitas saja.  Selain itu, ketika jurnal internasional sudah dapat didapatkan, bukan berarti tidak ada masalah lagi yang muncul, karena jurnal internasional menggunakan bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris, maka ditemukan dari hasil wawancara bahwa sebagian besar keseulitan untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Minim

Dari uraian diatas, sudah dapat ditemukan beberapa peluang usaha yang bisa kamu coba hanya dari topik jurnal internasional dan targetnya adalah dari kalangan mahasiswa.

Ketahui juga mengenai bisnis online rumahan

Ketika kamu sudah mencari topik bisnis dan sudah memutuskan siapa konsumennya, tetapi ternyata ketika wawancara mendapatkan hasil yang tidak memuaskan,  maka jangan khawatir.

Kami telah berhasil mengumpulkan beberapa bisnis yang memiliki peluang dan target pasar yang spesifik. Namun sebelum membahas hal itu, mari kita membahas sedikit mengenai bisnis online rumahan, karena topik ini juga akan berkaitan dengan beberapa peluang bisnis yang akan kami sebutkan nanti.

Berbicara mengenai bisnis rumahan, maka ini adalah hal yang mungkin didambakan oleh kebanyakan orang. Siapa yang tidak mau bekerja dan mengembangkan bisnis dalam rumahnya. Kita tahu bahwa ada istilah, yaitu Rumahku Surgaku, dengan demikian bekerja atau usaha di rumah merupakan hal yang menenangkan.

Umumnya bisnis rumahan adalah membuka warung makan, membuka toko kelontong, membuka jasa cuci motor, membuka warung internet atau warnet, membuka konter pulsa ,dan beberapa bisnis rumahan konvensional lainnya.

Walaupun bisnis rumahan yang telah disebutkan sebelumnya sangat biasa, tetapi bisa jadi peluang bisnis itu akan sangat bagus prospeknya di kemudian hari karena beberapa hal, misalnya di daerah itu tidak ada pesaing atau tidak ada orang yang memiliki usaha yang sama dan yang paling penting adalah memiliki kemampuan manajemen usaha yang bagus.

Hanya butuh gadget dan internet jadilah kaya dengan mudah

Berkat kemajuan teknologi yang sangat pesat, bisnis rumahan juga merambah ke internet atau dapat dilakukan secara online. Jika di bandingkan dengan bisnis konvensional, maka bisnis online rumahan menggunakan modal yang minimalis, yaitu, komputer atau laptop,  smartphone, internet, dan listrik.

Baca Juga :  Tips Dan Jenis Bisnis Untuk Pemula Yang Mudah Dilakukan

Banyak sekali bisnis online rumahan yang bisa kamu coba tetapi tetap kamu harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulainya untuk mengecek apakah bisnis yang nantinya kamu lakukan itu memiliki prospek yang bagus.

Jangan pernah berpikir melakukan bisnis online, yaitu dengan cara menjual suatu barang yang sedang trend saat ini. Walaupun peluangnya sangat bagus, tetapi barang itu tidak akan bertahan lama, karena mengikuti trend yang terus berubah setiap harinya. Dengan demikian, jika kamu memutuskan untuk bisnis online rumahan, maka pastikan terlebih dahulu jika bisnis tersebut dapat berjalan secara berkelanjutan.

Walaupun bisnis online rumahan terkenal sepele dan jika dibayangkan sangat mudah dilakukan, tetapi pada kenyataannya, bisnis ini juga sama tingkat kesulitannya dengan bisnis konvensional, karena banyak hal yang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk terjun di bisnis ini.

SEO wajib diketahui jika ingin memulasi bisnis online rumahan

Hal-hal yang perlu dipelajari adalah terkait Search Engine Optimization atau lebih kita kenal dengan SEO dan Periklanan. SEO sangat penting untuk dipelajari, karena hal ini dapat membuat barang yang kamu jual selalu berada di halaman nomor 1, terutama di mesin pencari, seperti Google, tapi lain cerita jika diakses langsung ke marketplace.

Misalnya saja, kamu penjual bola untuk sepak bola di salah satu marketplace di Indonesia. Ketika calon konsumen itu mengetik jual bola original di mesin pencari, maka bisa jadi tautan yang berisikan barang yang kamu jual muncul di halaman pertama, tetapi ketika kata kunci itu digunakan di dalam marketplace, maka sangat kecil kemungkinan barang dagangmu ditemukan di halaman pertama.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menjadi member khusus atau VIP member dari marketplace  itu. Namun juga ada faktor lain, yaitu kamu harus memiliki reputasi yang baik, kemudian memiliki banyak testimoni yang positif, banyak dibeli orang, dan jika bisa berharga paling murah.

Baca Juga :  Kamu Ibu Rumah Tangga? Ingin Bisnis? Iniloh Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan

Mengapa harga paling murah sangat ditekankan, karena ketika orang tadi membeli bola maka barang-barang dagangan yang muncul sesuai dengan kata kunci tersebut dan harganya masih acak-acakan. Kemudian konsumen akan mengurutkan harganya dari terendah hingga ke tertinggi atau sesuai dengan reputasi penjual.

Itulah pembahasan singkat terkait bisnis online rumahan. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, bahwa setelah membahas in,i maka kita akan membahas beberapa peluang bisnis rumahan online yang dapat dilakukan. Berikut adalah beberapa peluang usaha online yang berhasil kami rangkum.

Kamu bisa coba bisnis online rumahan di bawah ini

1. Blogger

Usaha online yang satu ini sudah banyak sekali menghantarkan orang-orang yang sukses yang bekerja di dalam rumahnya. Kebanyakan blogger sering dianggap sebagai pengangguran, tetapi ketika keluar rumah sudah menggunakan mobil yang bagus dan memiliki rumah yang bagus. Padahal selama pagi hingga sore hari ataupun bahkan hingga malam hari tidak pernah keluar rumah.

2. Content writer

Semua informasi tersebar di internet. Cukup mengetikkan kata kunci yang diinginkan, maka berjuta informasi akan keluar, tetapi informasi itu juga berasal dari pemikiran orang lain ataupun fakta-fakta yang ditulis oleh orang lain dan ini yang dinamakan dengan konten.

Konten merupakan senjata utama dari para blogger. Dengan demikian, jika kita membuka jasa penulisan konten atau artikel, maka peluangnya akan sangat bagus. Cobalah melakukan riset atau melihat data statistik jumlah website di dunia, maka tiap detiknya jumlahnya terus meningkat. Dengan demikian, usaha online rumahan di bidang jasa ini sangat kecil kemungkinan untuk padam, kecuali internet musnah.

3. Reseller

Jika kamu kurang familiar dengan kedua peluang usaha online rumahan yang telah disebutkan sebelumnya, maka jangan khawatir karena masih ada satu peluang yang juga sangat menjanjikan, yaitu menjadi seorang reseller. Reseller pada dasarnya adalah seperti pedagang yang membeli barang dagangan langsung kepada distributor, sehingga harganya menjadi sangat murah.