7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Kekinian Tanpa Modal

0
23

Sebagai seorang mahasiswa pastinya kamu ingin selalu mengembangkan diri termasuk mungkin juga mengembangkan usaha atau bisnis kamu sendiri meskipun belum lulus atau wisuda. Sudah banyak mereka yang sukses di usia muda karena mengembangkan usaha sendiri yang bahkan dilakukan dengan mengatur waktu bersama jadwal kuliah. Nah untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa, berikut ini ada 5 ide bisnis untuk mahasiswa yang kekinian dan juga tidak mengganggu kuliah kamu.

Selain itu 7 ide bisnis tersebut juga memiliki modal yang minim atau bahkan tidak membutuhkan modal dana sekalipun. Apalagi sebagai seorang mahasiswa, pasti kamu juga hanya sebatas mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Lalu apa sajakah ide bisnis untuk mahasiswa yang kekinian dan juga tanpa modal? Berikut ulasannya.

1. Dropship

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika menjadi dropshiper adalah salah satu bisnis yang membutuhkan modal sangat minim yakni hanya perangkat untuk komunikasi dan juga rekening bank. Menjadi dropshipper adalah salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang sangat cocok untuk dipilih. Pasalnya bisnis ini juga memiliki waktu yang fleksibel sehingga kamu tidak perlu kehilangan waktumu untuk kuliah maupun bersosialisasi dengan teman-temanmu untuk menikmati masa kuliah.

Hanya saja kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal apabila memutuskan untuk memilih bisnis ini. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah mulai dari persaingan bisnis yang ketat sehingga kamu harus menentukan pasar dan produk yang memiliki peluang yang besar untuk bisnismu ini. Selain itu, kamu juga harus semakin mempertajam insting bisnismu agar kamu dapat bersaing dengan pemain lama dari bisnis dropshipper ini.

2. Jasa Penerjemah

Ide bisnis untuk mahasiswa yang kedua adalah dengan membuka peluang usaha atau jasa penerjemah. Ide bisnis ini memang membutuhkan keahlian bahasa seperti bahasa inggris yang baik, namun sebagai seorang mahasiswa pastinya kamu juga sering berkutat dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris tersebut bukan?

Baca Juga :  Bisnis Online Syariah Dengan Menjadi Pengajar Online

Peluang usaha ini bukan hanya dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan dokumen dengan bahasa asing saja, melainkan juga mungkin rekan rekan mahasiswamu juga membutuhkan jasa penerjemah ini untuk memenuhi tugas akhir mereka yakni abstrak dalam bahasa Inggris untuk skripsi. Jadi melihat besarnya peluang yang masih ada, bisnis ini bisa kamu jadikan sampingan karena juga memiliki waktu pengerjaan yang fleksibel.

3. Jasa Pembuatan Website

Untuk kamu yang hobi dengan IT dan sebagainya, salah satu ide bisnis untuk mahasiswa kekinian yang juga memiliki modal sangat minim adalah dengan membuka jasa pembuatan website. Jasa pembukaan website ini dibutuhkan oleh mereka yang memiliki usaha, organisasi atau bahkan juga perkantoran. Mereka membutuhkan situs resmi sehingga dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan.

Selain pengerjaannya yang juga fleksibel dan tidak akan mengganggu kuliahmu, modal dari bisnis ini sendiri juga terbilang bisa diatur. Karena umumnya pihak pembuat website atau situs sudah terlebih dahulu memberikan pembayaran untuk pembelian atau menyewa domain. Jangan khawatir, ide bisnis untuk mahasiswa ini tidak hanya ditujukan untuk kamu yang berkuliah di jurusan IT saja, namun kamu yang kuliah di bidang non IT juga bisa mencoba untuk membuatnya dengan belajar secara otodidak dari internet atau berkumpul bersama pengemang.

4. Jasa Desain

Selanjutnya untuk ide bisnis untuk mahasiswa ada jasa desain. Berbeda dengan website, jasa desain lebih ke umum dimana penjualan atau penawaran dari jasa ini juga bisa dilakukan melalui offline. Yang hanya perlu kamu lakukan adalah engan memasarkan atau mempromosikan contoh atau portofolio hasil karyamu.

Harga jasa desain yang kamu tawarkan pun tidak perlu terlalu mahal agar semakin banyak pihak yang nantinya akan mempercayakan proyek pada anda. Selain sekali lagi kamu tidak membutuhkan modal, karena selain hanya membutuhkan komputer untuk desain serta nomor dan juga rekening, kamu juga memerlukan ide untuk menyelesaikan proyek yang ditawarkan.

Baca Juga :  6 Bisnis Online Paling Laris di Indonesia

5. Jasa Les Privat

Tidak terbatas pada mahasiswa perempuan saja, salah satu ide bisnis untuk mahasiswa yang kekinian juga tanpa modal ini bisa dilakukan juga oleh mahasiswa laki-laki. Ya, jasa les privat bisa menjadi salah satu opsi untuk kamu yang menginginkan bisnis dengan modal minim yakni hanya kendaraan dan juga bensin saja serta ilmu yang telah kamu miliki.

Bisnis jasa les privat ini bisa kamu bentuk bersama dengan rekan-rekan sesama mahasiswa lainnya atau mungkin bisa kamu tawarkan sendiri melalui promosi. Yang terpenting adalah apa yang kamu tawarkan dapat terbaca oleh konsumen. Penghasilannya pun lumayan meski tidak terlalu besar, mengingat pendapatannya juga pasti untuk setiap jangka waktu tertentu dan waktu yang dibutuhkan di setiap harinya juga takkan banyak hanya satu atau dua jam saja per hari.

6. Jasa Content Writer

Yang satu ini juga bisa menjadi bisnis untuk mahasiswa dengan modal minim. Sebagai seorang mahasiswa, kamu pastinya sudah tidak asing dengan tugas seperti esai atau makalah. Kamu juga pastinya harus mengetik sendiri tugasmu itu. Lalu bagaimana jika kamu mengetik esai dalam suatu tema untuk mengisi sebuah situs internet?

Ya, salah satu bisnis untuk mahasiswa ini sangat fleksibel. Kamu bisa menjadi penulis lepas maupun penulis tetap. Yang terpenting adalah karya tulisanmu berkualitas dan dapat diterima serta menarik untuk pembaca. Dijamin bayaran yang akan kamu terima tidak akan sedikit serta tenaga dan upaya yang kamu keluarkan juga takkan seberat ide bisnis lainnya.

7. Membuat Blogging

Selanjutnya yang juga bisa menjadi bisnis untuk mahasiswa adalah dengan membuat blog atau yang sering disebut sebagai blogging. Bisnis ini cukup menjanjikan selama kamu tekun merawat blog mu sehingga dapat memonetisasi blog mu. Apabila berhasil maka setiap bulannya kamu akan memenuhi pundi pundimu dengan pendapatan yang tidak sedikit jumlahnya.

Baca Juga :  6 Alasan Bisnis Pulsa Masih Menjanjikan

Selain itu, melalui blogging kamu juga dapat mengembangkan sesuatu tentang yang kamu sukai atau gemari sehingga bisa menjadi sebuah blog yang menarik pengunjung sehingga penghasilanmu setiap bulannya melalui blog juga dapat membuatmu tersenyum.

8. Bonus, Membuat Vlogging

Selanjutnya sebagai pengembangan dari blogging, kamu juga bisa membuat kamera smartphone mu yang canggih untuk ide bisnis untuk mahasiswa yakni sebagai perangkat vlogging. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan berbagai ide menarik melalui videomu.

Nah itulah berbagai pilihan bisnis untuk mahasiswa yang kekinian dan juga minim modal atau bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Akan tetapi, sebagai seorang mahasiswa, pastinya kamu lebih kreatif dalam menentukan bisnis yang sesuai dengan pasar kekinian sehingga kamu juga memberikan peluang untuk terjun di dunia entrepreneurship.

Semoga artikel ini membantu kamu dalam menentukan bisnismu di masa depan dan juga semoga bisnismu selalu sukses.